Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Toyota Fun/Code 2019: Membludak, 70 Tim Terbaik Bersaing Ketat di Babak Final

Akhirnya Tim “Ga Chibi” yang menghadirkan aplikasi RENTO berhasil mendapatkan nilai tertinggi, sehingga berhak meraih predikat juara pertama Toyota Fun/Code. Juara kedua diraih Tim “NL_Lone” dengan aplikasi digital DEFINO (Deaf Assistant of Toyota). Sedangkan juara ketiga diraih Tim “Focus AR” dengan ide aplikasi IMMERSIVE EDU.

BestCar Indonesia  Ajang kompetisi teknologi informasi atau information technology (IT) Toyota Fun/Code yang diselenggarakan PT Toyota-Astra Motor, berhasil menarik ratusan peminat. Jumlah peserta yang pada awalnya ditargetkan hanya 200 peserta, dalam pelaksanaannya membludak hampir 4 kali lipat yaitu menjadi 775 peserta yang terbagi dalam 593 tim. Dan setelah melalui penilaian tim juri, 70 tim terbaik berhasil lolos ke babak final Hack Day.

Ke-70 tim ini diberi kesempatan untuk melakukan proses coding pada tahap HackDay yang berlangsung nonstop selama 24 jam pada 2-3 November 2019. Pada final Toyota Fun/Code yang berlangsung selama 24 jam nonstop pada 2-3 November 2019, ke-70 tim terbaik diberi kesempatan untuk melakukan proses coding untuk menunjukkan kemampuannya sebagai IT Developers andal dalam menghasilkan aplikasi sesuai ide tema yang mereka pilih.

Berdasarkan hasil penilaian akhir dari dewan juri, akhirnya Tim “Ga Chibi” yang menghadirkan aplikasi RENTO berhasil mendapatkan nilai tertinggi, sehingga berhak meraih predikat juara pertama Toyota Fun/Code. Juara kedua diraih Tim “NL_Lone” yang menghadirkan aplikasi digital DEFINO (Deaf Assistant of Toyota). Sedangkan juara ketiga diraih Tim “Focus AR” dengan ide aplikasi IMMERSIVE EDU.

“Antusiasme para peserta mengikuti ajang kompetisi Toyota Fun/Code sangat tinggi. Ini sekaligus memberi gambaran besarnya potensi sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi masa depan. Kami berharap, kompetisi ini menjadi salah satu ajang yang akan melahirkan profesional andal di bidang IT, yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan pembangunan Indonesia ke depan,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Melalui seleksi dewan juri, dari 593 tim yang mengajukan ide proposal, sebagian besar memilih subtema ownership experience dengan komposisi 32% dari total ide, diikuti education dengan 22%, value chain & trade-in  dengan 19%, eco driving dengan 18%, dan disability dengan 9%. Melalui penilaian tim juri, 70 tim terbaik  berhasil lolos ke babak final.

Ke-70 tim ini diberi kesempatan untuk melakukan proses coding pada tahap HackDay yang berlangsung nonstop selama 24 jam pada 2-3 November 2019. Proses coding itu sendiri untuk menguji kemampuan fisik dan mental serta kecerdasan para peserta dalam menghasilkan aplikasi yang telah direncanakan.

Melalui proses coding atau pengembangan aplikasi (application development),  dewan juri menyaring 70 tim menjadi 8 tim yang mendapat kesempatan untuk melakukan presentasi dan demo aplikasi. Penilaian dilakukan berdasarkan Kesiapan Aplikasi dengan bobot 20%, Fitur dan Kegunaan Aplikasi dengan bobot 20%, Masalah yang Bisa Diselesaikan dengan bobot 20%, Potensi Pengembangan dengan bobot 15%, Kemudahan Tampilan dan Kegunaan dengan bobot 15%, dan Kesesuaian dengan Tema  dengan bobot 10%.

Dewan Juri terdiri dari Budi Kusmiantoro yang merupakan CTO OVO, Alfred Boediman (Managing Director Samsung Research Indonesia), Vikra Ijas (Chief Product Officer dan Co-Founder Kitabisa.com), Herman Widjaja  (Senior VP Tokopedia), Hendro Riyadi (VP Bukalapak), serta beberapa juri dari manajemen PT Toyota-Astra Motor.

Untuk menjamin sistem penilaian, para juri akan menggunakan aplikasi Scora. Aplikasi ini merupakan bagian dari platform inovasi guna memudahkan penghitungan, pencatatan, dan penyimpanan nilai peserta dalam sebuah kompetisi. Selain kesiapan aplikasi, penetapan tim pemenang juga didasarkan atas kriteria kemampuan mengatasi masalah yang dihadapi aplikasi, potensi pengembangan aplikasi, dan kemudahan dalam penggunaan yang didukung oleh tampilan aplikasi, serta kesesuaian aplikasi dengan tema.

Juara Pertama Toyota Fun/Code 2019 — Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy (kiri) didampingi Deputy General Manager TAM Andri Widiyanto (kanan) berbincang dengan Tim Ga Chibi, peserta juara pertama ajang kompetisi teknologi informasi Toyota Fun/Code dengan aplikasi RENTO, pada acara babak final Toyota Fun/Code 2019, di Jakarta, Minggu (03/11/2019). Melalui RENTO, Ga Chibi menawarkan kemudahan penggunaan aplkasi digital kepada pelanggan Toyota untuk menyewakan mobil mereka dengan menggunakan virtual key system berbasis Internet of Thing (IoT) dan Artficial Intelegent.

Kami berharap aplikasi digital yang menjadi pemenang ini mampu terus berkembang secara berkelanjutan sebagai sebuah bisnis rintisan, dan mendukung Toyota dalam upaya makin meningkatkan pengalaman berkendara terbaik bagi masyarakat di Indonesia, serta dapat menjadi solusi dalam masalah otomotif, seperti keselamatan berkendara, mengurangi frekuensi kecelakaan, dan juga layanan kendaraan,” tambah Anton.

Rangkaian Toyota Fun/Code telah berlangsung sejak Agustus 2019, dimulai dengan roadshow untuk mensosialisasikan program kompetisi ini dan sekaligus memberikan workshop kepada peminat.  Roadshow  diselenggarakan di tiga kota besar, yaitu Jakarta pada 29 Agustus, Bandung pada 12 September, dan Jogjakarta pada 19 September. Tahap pendaftaran dimulai pada 8 Agustus 2019 secara online melalui website  https://toyotafuncode.id.

Toyota Fun/Code merupakan salah satu wujud komitmen Toyota dalam mendukung program pengembangan sumber daya manusia di Indonesia yang tengah digalakkan Pemerintah untuk menghadapi tantangan industry 4.0. Kegiatan ini juga bagian dari semangat “Let’s Go Beyond”, mendorong dan mengajak masyarakat mewujudkan harapan yang lebih tinggi di era industry 4.0, yang ditandai perkembangan teknologi digital yang begitu pesat dengan berbagai tantangan gelombang disruptif yang mengikutinya.

Untuk memberikan layanan yang lebih kepada konsumen di era industry 4.0, selain mengembangkan fitur kendaraan berbasis IT, TAM juga terus meningkatkan layanan berbasis digital. Terakhir, TAM meluncurkan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA), aplikasi chat berbasis Line, Whatsapp dan Facebook Messenger, yang memudahkan pelanggan dalam  mendapatkan informasi.

Toyota Indonesia juga telah menyelenggarakan berbagai program untuk memasyarakatkan internet sehat dan produktif, seperti Toyota Digital Festival yang digelar pada GIIAS 2019 lalu. Dalam acara tersebut, Toyota mendatangkan content creator internasional Zach King dari Los Angeles, Amerika Serikat, dan sejumlah content creator nasional untuk berbagi pengalaman dengan peserta.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *