Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
FT-4XTToyota-1

Toyota FT-4X Concept Bakal Diproduksi Massal?

Bakal menjadi rival Jeep Renegade di segmen B crossover (sub-kompak crossover).

BestCar Indonesia – Setelah memperkenalkan mobil konsep terbarunya, Toyota FT-4X, di ajang pameran New York Auto Show 2017 minggu lalu, Toyota mengindikasikan kemungkinan untuk membawa sub-compact crossover di segmen B itu ke jalur produksi.  Berbicara kepada Automotive News belum lama ini, seorang petinggi Toyota untuk pasar Amerika Utara telah menyarankan agar produsen asal Jepang itu mempertimbangkan rencana produksi untuk Toyota FT-4X Concept.

FT-4XTToyota-2

Toyota FT-4X memamerkan crossover sub-kompaknya yang potensial di ajang New York Auto 2017

Toyota FT-4X memamerkan crossover sub-kompaknya yang potensial di ajang New York Auto 2017

“Apakah saya ingin melihat sesuatu seperti ini dibangun? Tentu,” kata Jack Hollis, Vice President dan General Manager Group Brand (Toyota) Amerika Utara. Menurutnya, FT-4X Concept tidak sebegitu radikal layaknya mobil konsep yang tidak bisa mencapai tahap produksi. “Ajang New York  International Auto Show adalah ‘titik awal’ untuk diskusi tentang kendaraan yang sangat mungkin diproduksi ini,” tambahnya.

Berbeda dengan Toyota C-HR yang memiliki desain modern dan atletis, mobil konsep FT-4X justru tampil dengan desain ‘boxy’ (mengkotak) tradisional yang ditujukan untuk menarik pembeli yang bertolak-belakang dengan C-HR. Bisa dibilang ini adalah kasus yang agak mirip dengan Jeep Kompas generasi sebelumnya dan Jeep Patriot.

FT-4XTToyota-5

FT-4XTToyota-6

Mobil konsep Toyota FT-4X juga berdiri di atas platform TNGA-C yang sama seperti Toyota C-HR dan Toyota Prius.

Mobil konsep Toyota FT-4X juga berdiri di atas platform TNGA-C yang sama seperti Toyota C-HR dan Toyota Prius.

Rumors keberadaan Toyota FT-4X Concept sebetulnya telah mencuat sejak bulan Oktober tahun lalu, ketika pengajuan ‘merek dagang’ crossover sub-kompak konsep tersebut tercium oleh media. Nama ‘Toyota FT-4X’ sendiri merupakan singkatan dari “Future Toyota-Four-Wheel Drive Crossover”, dan saat itu kabarnya FT-4X direncanakan untuk menggantikan Toyota FJ-Cruiser.

FT-4XTToyota-9

FT-4XTToyota-8

FT-4XTToyota-10

FT-4XTToyota-11

Toyota FT-4X Concept dibangun di atas platform TNGA-C, yang juga mendasari Toyota C-HR dan Toyota Prius. Secara dimensi, panjang totalnya mencapai 4.249mm (167,3inci), lebar 1.821mm (71,7inci) dan tinggi 1.623mm (63,9inci), dengan jarak sumbu roda (wheelbase) mencapai 2.639mm (103,9inci). Namun sejauh ini Toyota belum merilis rincian mesin apa yang ada di balik bonnet FT-4X Concept, tapi jika benar-benar masuk ke jalur produksi, kemungkinan bisa berbagi mesin C-HR.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *