Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
ICOTYMM2017-1

Toyota All New Voxy, Mobil Terbaik 2017 Versi mobilmotor

Yang menarik, para finalis mobilmotor ICOTY tahun ini didominasi oleh mobi-mobil penumpang kelas menengah, seperti Suzuki Ignis yang baru saja mengaspal serta Wuling All New Confero S – pendatang yang benar-benar baru dari Cina – yang sangat mengundang penasaran para juri.

BestCar Indonesia – Gelaran pemilihan mobil terbaik tahunan di Indonesia alias Indonesian Car of The Year yang diselenggarakan majalah mobilmotor (mobilmotor Indonesian Car of The Year/mobilmotor ICOTY) tahun ini memutuskan Toyota All New Voxy sebagai peraih gelar Best of The Best mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017.

Toyota All New Voxy didaulat sebagai ‘Indonesian Car of the Year’ tahun 2017 versi mobilmotor, setelah mengalahkan 28 finalis lainnya dari 9 kategori yang diuji oleh 5 orang juri independen untuk menilai kualitas kendaraan secara langsung serta 4 juri yang bertugas mengukur performa mobil-mobil finalis. Sebelum terpilih sebagai ‘Indonesian Car of the Year 2017’, Toyota All New Voxy menempati posisi tertinggi  dalam kategori Full Size MPV mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017, dengan total nilai 4.316,11. Sementara beberapa finalis lainnya juga berhasil meraih nilai tertinggi dalam setiap kategori dan dinobatkan sebagai ‘Indonesian Car of the Year 2017’ pada masing-masing kategori versi mobilmotor. Inilah hasil lengkapnya:

  •  Kategori City Car/LCGC

Peraih nilai tertinggi di kategori City Car/LCGC adalah Suzuki All New Ignis, dengan total nilai 4.125,20.

Berbagai keunggulan ditampilkan di produk-produk baru Suzuki, seperti tampilan interior dan eksterior yang sangat berani, didukung performa yang mumpuni, juri yang bergelut di bidang desain menilai gaya dari suzuki generasi terbaru ini lebih mudah ‘dioprek’ oleh para modifikator.

  •  Kategori Small MPV

Peraih nilai tertinggi Kategori Small MPV mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah Wuling All New Confero S, dengan total nilai 3.963,75.

Pendatang baru di percaturan otomotif Indonesia berhasil menyedot perhatian masyarakat, termasuk saat pengujian di mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017.  Kualitas pembuatan, bahan yang dipergunakan hingga handling saat dipacu mendapat nilai baik dari para juri. Memang masih ada pertanyaan mengganjal bagaimana dengan purnajualnya – meski dijanjikan dengan jaminan 5 tahun bagi penggunanya.

  •  Kategori Medium MPV

Peraih nilai tertinggi Kategori Medium MPV mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah Toyota Kijang Innova Venturer, dengan total nilai 4.007,75.

MPV dengan ukuran sedang pas untuk 7 penumpang telah menjadi icon mobil keluarga Indonesia. Toyota Kijang adalah salah satu yang terpopuler di Indonesia, dan Toyota dinilai telah memberikan kepuasan yang lebih baik bagi pengguna Kijang. Berbagai keunggulan ditampilkan oleh mobil baru ini, di antaranya di sisi kenyamanan dan kinerja yang sangat memuaskan.

  •  Kategori Full Size MPV

Peraih nilai tertinggi Kategori Full Size MPV mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah Toyota All New Voxy, dengan total nilai 4.316,11.

Full Size MPV menjanjikan kapasitas penumpang besar serta kenyamanan setara sedan. Mobil jenis ini mulai ramai dipasarkan dan mulai mendapat respon positif.

  •  Kategori Medium Sedan

Peraih nilai tertinggi Kategori Medium Sedan mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah Toyota All New Vios, dengan total nilai  3.919,22.

Sedan masih tetap menjadi pilihan termasuk sedan berukuran sedang. Sedan yang satu ini sangat menjanjikan untuk penggunaan harian di tengah kemacetan kota, ukurannya tidak terlalu besar, serta memiliki kinerja teknis menjanjikan,  menjadikannya unggul di kelasnya.

  •  Kategori Sedan

Peraih nilai tertinggi Kategori Sedan mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah BMW All New i320, dengan total nilai  3.999,77.

Persaingan di kelas sedan tak pernah surut, dan kategori sedan adalah yang paling maju dalam berbagai hal. Sedan sering menjadi pelopor penerapan teknologi dan desain. Kali ini persaingan sedan kelas menengah atas dimenangkan oleh BMW All New i320 dengan gaya interior terbarunya.

  • Kategori SUV Diesel

Peraih nilai tertinggi di kategori SUV Diesel mobilmotor Indonesianh Car of The Year 2017 adalah Chevrolet All New Trailblazer, dengan total nilai 4.189,06.

Adu teknologi terlihat di mobil-mobil yang menyandang predikat SUV Diesel. Mesin diesel yang dulu berisik, lamban dan kotor kini sudah naik peringkat dan banyak diminati. Diesel modern kini lebih bersih, bersuara halus dan sangat bertenaga serta jauh lebih hemat. 

  •  Kategori SUV Compact

Peraih nilai tertinggi di kategori SUV Compact  mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah Honda All New CR-V Turbo 1.5, dengan total nilai 4.315,47.

SUV Compact didesain senyaman sedan tapi memiliki kemampuan layaknya SUV. Bodi kompaknya didesain lebih ‘macho’ tapi tetap cocok untuk harian tanpa harus ragu untuk diajak berpetualang. Seperti pada kategori sedan, di kategori SUV Kompak pun adu teknologi terlihat sangat dominan. Selain mesin, adu kecanggihan suspensi menjadi tumpuan utama untuk meraih nilai. SUV dengan bodi dan ‘celah tanah’ (ground clearance) tinggi harus tetap mantap saat bermanuver, sehingga suspensi dan mesin terbaik adalah andalannya.

  •  Kategori Sedan Hatchback

Peaih nilai tertinggi di kategori Sedan Hatchback mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah Honda All New Jazz, dengan total nilai 3.831,74.

Praktis adalah kata kunci dari sebuah sedan hatchback. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar tapi sarat dengan teknologi terkini ditopang desain menarik, kategori Sedan Hatchback tak pernah sepi. Selalu eksis merupakan kata yang tepat untuk produk Honda yang satu ini, karena sekarang telah dilengkapi dengan berbagai pembaharuan di dalamnya.

ICOTYMM2017-2

Selain Juara per kategori mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017, memberikan penghargaan sebagai:

  • Best of The Best mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah: Toyota  All New Voxy
  •  Best Value for Money mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah: Suzuki All New Baleno
  • Best Design mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah: All New Mazda 6
  •  Best Performance mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah: Honda All New CR-V Turbo 1.5

Gelaran mobilmotor Indonesian Car of The Year adalah kegiatan berkala tahunan dengan tujuan memberikan informasi tepat untuk pilihan cermat calon pembeli mobil agar lebih jernih dalam memilih.Tahun ini, gelaran yang ke-16 mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 dilakukan di kawasan Sentul sejak awal hingga pertengahan November 2017. Kunci utama dalam pengujian adalah melakukan penilaian terhadap kualitas mobil, yang meliputi sisi Teknis; After Sales & Service; dan Keandalan saat dikendarai

Selama pengujian, semua mobil diperlakukan sama, termasuk dalam penggunaan bahan bakarnya, sesuai spesifikasi masing-masing. Bahan bakar yang dipergunakan adalah produk Pertamina meliputi Pertamax, Pertamax Turbo dan PertaminaDEX.

Yang menarik disimak, para finalis mobilmotor ICOTY tahun ini didominasi oleh mobi-mobil penumpang kelas menengah, seperti Suzuki Ignis yang baru saja mengaspal serta Wuling — benar-benar baru dari negeri Tirai Bambu – yang sangat mengundang penasaran para juri. Teknologi yang disandang para finalis pun sudah jauh lebih maju. Beberapa mobil bensin telah dilengkapi dengan turbo, intercooler dan injeksi langsung. Teknologi turbo di mesin 1.500cc menghasilkan performa luar biasa, karena tenaga besar serta akselerasinya yang sangat baik tidak membuat boros BBM.  Dan tentunya mesin ini memerlukan pesyaratan khusus untuk bahan bakarnya, cocok mempergunakan Pertamax Turbo ron 98.

Finalis bermesin diesel turbo dan sistem injeksi Common Rail yang sangat efisien, tidak beda dengan mesin bensin, dengan tarikan dan efisiensinya yang sangat baik. Suatu hal baru, mesin diesel bisa dipergunakan sebagai kendaraan harian selain efisien juga bersuara lebih halus serta rendah kadar partikel karbon pada gas buangnya. Diesel saat ini sudah muali populer dipergunakan di kendaraan penumpang kecil.

“Ini merupakan tantangan bagi para juri dalam menilai, dimana perubahan demi perubahan harus bisa dirasakan dan dibedakan. Dengan menghadirkan mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017, kami menyuguhkan secara tuntas apa yang sebaiknya dipilih oleh konsumen mobil di Indonesia,” jelas Rudi Kurniadi, Pimpinan Redaksi majalah mobilmotor.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *