Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Toyota All New Avanza Debut Dunia, Selamat Tinggal Penggerak Roda-Belakang

Generasi ketiga Toyota Avanza kini mengalami perubahan 180 derajat dalam pengembangan desainnya, termasuk transformasi Platform Full Engine – Front Wheel Drive (FF) alias sistem penggerak roda-depan yang benar-benar baru, kabin yang ekstra luas, dan fitur keselamatan aktif terbaru yang mengandalkan sensor dan radar, yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

BestCar Indonesia Setelah sempat ‘menghebohkan’ jagad otomotif nasional lewat ‘bocoran’ kemunculan sosoknya di berbagai media sosial beberapa waktu lalu, Toyota All New Avanza akhirnya secara resmi meluncur dalam debut dunia pertamanya (World Premiere) di pasar Indonesia, Rabu (10/11/2021).  Generasi ketiga Avanza kini mengalami perubahan 180 derajat dalam pengembangan desainnya, termasuk transformasi Platform Full Engine – Front Wheel Drive (FF) alias sistem penggerak roda-depan yang benar-benar baru, kabin yang ekstra luas, dan fitur keselamatan aktif terbaru yang mengandalkan sensor dan radar, yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

Meski dalam peluncurannya PT Toyota-Astra Motor (TAM) tak merilis harga resminya, namun website resmi TAM menyebutkan All New Avanza yang ditawarkan dalam empat (4) tipe — 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense) — dibanderol mulai Rp 206.200.000 hingga Rp 264.400.000 (OTR DKI Jakarta).

Yang pasti, Toyota Indonesia menegaskan bahwa MPV keluarga 7-seater yang kini mengusung tagline baru Build for Greater Inspiration ini tidak hanya dirancang untuk menjadi mobil yang dapat memberikan mobilitas yang nyaman dan aman bagi seluruh anggota keluarga, tetapi juga mobil yang dapat menginspirasi dan menjadi warisan bagi generasi berikutnya dalam sebuah keluarga.

“Sebagai model global yang dikembangkan di Indonesia, Avanza telah menjadi brand penting bagi Toyota Global dan Toyota Indonesia. Avanza mencerminkan komitmen dan upaya kuat Toyota dalam menghadirkan ‘ever-better car’ yang tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan mobilitas di Indonesia, tetapi juga dijual di banyak negara secara global. Kami bersyukur Avanza telah diterima secara luas tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga oleh banyak orang di seluruh dunia, sehingga menjadi salah satu brand Toyota yang paling populer di Indonesia dan Asia Pasifik. Kami harap All New Avanza dapat semakin mendukung mobilitas masyarakat khususnya di Indonesia dan melanjutkan warisannya untuk menjadi bagian dari kebesaran Indonesia,” kata Regional Operating Officer (ROO), Asia Region, Toyota Motor Corporation, Susumu Matsuda.

Toyota All New Avanza (kiri) dan Toyota All New Veloz (kanan)

Sejak diperkenalkan pada tahun 2003, Avanza telah dikembangkan menjadi MPV 7-seater yang sesuai dengan kebutuhan mobilitas pelanggan di Indonesia. Mudah untuk bermanuver di perkotaan yang padat dan stabil saat dikendarai melalui daerah pedesaan dengan banyak jalan yang tidak rata serta interior yang luas, menjadikan Avanza sebagai partner yang dapat diandalkan bagi keluarga yang baru pertama kali memiliki mobil, hingga digunakan sebagai sarana penunjang usaha. Avanza telah terjual lebih dari 43.000 unit di tahun perdananya dan menjadi salah satu MPV terfavorit di Indonesia.

            Saat ini, setelah 18 tahun menjadi bagian dari 1,8 juta keluarga Indonesia dan diekspor lebih dari 460.000 unit, Avanza generasi ketiga lahir sebagai MPV 7-seater yang mewakili era baru mobilitas. All New Avanza dilengkapi dengan berbagai teknologi baru yang lebih canggih dengan tetap mempertahankan DNA-nya yang andal, tahan lama, dan value for money. All New Avanza dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat modern terhadap ever-better car yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh anggota keluarga saat bermobilitas.

“Kami bersyukur, di usianya yang ke-18, Avanza semakin dipercaya masyarakat menjadi salah satu MPV terlaris di Indonesia dengan lebih dari 1,8 juta pelanggan. Bahkan, Avanza juga menjadi satu-satunya brand mobil ciptaan masyarakat Indonesia yang meraih 13 rekor MURI, dimana salah satu rekor yang diraih adalah Pencapaian Penjualan Tercepat 1 Juta Unit untuk Semua Kategori Jenis Mobil dalam kurun waktu 9 tahun. Hari ini kami memperkenalkan All New Avanza untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat modern terhadap ever-better car yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh anggota keluarga saat bermobilitas. Kami harap kehadiran All New Avanza dapat menjadi wujud nyata komitmen kami untuk menghadirkan Mobility Happiness for All, bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

 

Transformasi Total All New Avanza

Sebagai model yang serba baru, Toyota mengambil tantangan untuk mencoba sesuatu yang baru dalam pengembangan All New Avanza. Salah satunya adalah transformasi Platform Full Engine – Front Wheel Drive (FF) alias sistem penggerak roda-depan yang benar-benar baru.

Platform FF dikombinasikan dengan New Comfortable Suspension dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang serta karakteristik kecepatan spring rate dan damper, memungkinkan para insinyur Toyota memiliki ruang untuk menciptakan mobil baru yang ditujukan untuk kenyamanan. Alhasil, All New Avanza diklaim, mampu memberikan stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara yang prima yang diperkuat dengan dimensi bodi yang lebih lebar dan jarak sumbu roda yang lebih panjang. Pengaturan suspensi baru ini juga menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan senyap, namun tetap menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan di berbagai kondisi jalan.

All New Avanza dibangun dengan tema “mudah dikendarai dimana saja, kapan saja, dan untuk siapa saja”. Dipersenjatai kemampuan manuver yang sangat baik, salah satunya berkat radius putar kemudi 4,9 meter dan ground clearance yang memadai, memungkinkan MPV kompak terbaru Toyota ini memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan bebas stres di berbagai kondisi jalan, bahkan di jalan sempit sekalipun.

All New Avanza hadir dengan arah desain yang benar-benar baru, yang menonjolkan nuansa canggih dan dinamis sebagai representasi dari era baru mobilitas, namun tetap menunjukkan visual yang kuat dari sebuah MPV keluarga. Kesan kokoh tercipta dari desain bumper depan yang bold dengan desain headlamp LED yang tajam dan panel chrome yang semuanya didesain untuk mempertegas kesan elegan dan aktif dari All New Avanza.

Siluet bodi All New Avanza dari samping lebih panjang dan rendah. Dibentuk dengan garis desain yang halus, tebal, dan kokoh membuat tampilannya semakin elegan. Penerapan New Dashing Two Tone 16 Inch Alloy Wheel (pada tipe 1,5 G) dengan tema 3 dimensi kontemporer, juga mampu menonjolkan kesan premium All New Avanza. Beranjak pada sisi belakang eksterior All New Avanza, New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp membuat Avanza generasi ketiga ini tampil lebih modern dan lebar.

Dalam upaya memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, Toyota menghadirkan kabin yang luas dan nyaman dalam pengembangan All New Avanza. Dimensi All New Avanza kini memiliki panjang total 4.395mm, lebar 1.730mm, dan tinggi hingga 1.700mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.750mm. Dimensi baru yang lebih lebar dan lebih panjang ini membuat All New Avanza mampu menghadirkan 7 Seaters yang lebih nyaman dan ekstra luas.

Jarak antara penumpang baris pertama dan kedua di All New Avanza kini menjadi 980mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga mencapai 700mm. Gerak maju mundur 240mm pada kursi baris kedua, dipadu dengan lebar mobil yang ditambah 70mm, membantu memastikan 7 penumpang dapat duduk dan berinteraksi dengan nyaman di dalam kabin tanpa merasa terkendala. Selain itu, All New Avanza juga dirancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan, bahkan dapat disesuaikan menjadi New Pleasant Long Sofa Mode untuk memberikan ruang yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Interior nyaman dan premium All New Avanza dihadirkan melalui New Striking Full Dashboard Design (1,5 G) yang disertai panel instrumen yang dapat memberikan berbagai informasi melalui New TFT MID 4,2 Inch. Selain itu, terdapat pula New Illuminating Start/Stop Button yang memberikan kenyamanan bagi pengemudi saat mengoperasikan mesin kendaraan, bahkan dalam kondisi gelap sekalipun.

Untuk sektor hiburan dalam kabin, All New Avanza kini menghadirkan New 9 Inch Dynamic Audio Head Unit (pada tipe 1,5 G) dengan kemampuan menjadi fasilitas hiburan terbaik yang juga dapat dihubungkan dengan radio, USB, dan Bluetooth. Selain itu, All New Avanza juga hadir dengan fitur New Tilt Telescopic Steering with Audio & MID Switch (pada tipe 1,5 G) untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana di sisi setir. Secara kesluruhan, kabin All New Avanza diklaim mampu memanjakan pengemudi dan penumpang dengan sentuhan fitur modern dan berkelas.

Di era modern ini, Toyota telah mengutamakan fitur keselamatan terdepan seperti Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist menjadi standar baru di semua model Toyota, terutama pada All New Avanza yang diperkuat dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). All New Avanza (pada tipe 1,5 G CVT TSS) dilengkapi dengan 6 Airbags (Pengemudi/Penumpang/Samping/Tirai). Selanjutnya terdapat fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot All New Avanza.

All New Avanza (pada tipe 1,5 G CVT TSS) dilengkapi dengan teknologi fitur keselamatan aktif terbaru yang mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada All New Avanza terdiri dari empat (4) fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan, dengan cara memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan. Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Fitur selanjutnya adalah Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantre di tengah kemacetan.

All New Avanza hadir dengan dua mesin bensin seri NR yang telah ditingkatkan untuk menghadapi platform FF baru, yaitu mesin 1NR-VE 1.329cc 4-silinder dengan tenaga maksimal 98PS dan torsi 12,4Kgm serta mesin 2NR-VE 1.496cc 4-silinder yang menghasilkan tenaga 106PS dan torsi puncak 14Kgm. Penerapan teknologi Dual VVT-i telah terbukti andal dan tahan lama dalam menghasilkan tenaga yang memadai dengan efisiensi bahan bakar yang optimal di berbagai kondisi jalan.

Kini mesin ini juga disempurnakan dengan New CVT Transmission. Transmisi baru ini dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus serta pengalaman jelajah yang senyap.

”Saya sendiri terlibat dalam proses pengembangan Avanza sejak generasi pertama. Bersama tim, kami melakukan serangkaian survei dan tes di berbagai lokasi di Indonesia. Dari situ, kami memahami bahwa masyarakat Indonesia membutuhkan mobil yang andal, tahan lama, dan value for money. Kami menyadari bahwa DNA ini harus dilestarikan. Oleh karena itu, meskipun All New Avanza dilengkapi dengan berbagai teknologi baru dan lebih canggih, All New Avanza tetap mempertahankan DNA-nya untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggan. Kami harap All New Avanza dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat modern terhadap mobil yang lega dan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh anggota keluarga,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *