Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR NEWS - BMW X1

The All-New BMW X1 Rakitan Indonesia

BestCar Indonesia – BMW Group Indonesia kembali membuktikan komitmennya dengan meluncurkan line-up terbaru dari seri X yaitu, all-new BMW X1. BMW X1 merupakan sebuah kendaraan Sport Activity Vehicle (SAV) kompak yang berkelas dan dirakit khusus di dalam negeri untuk melayani pangsa pasar konsumen di Indonesia. BMW Indonesia pun merasa puas dengan kemitraan yang selama ini terjalin bersama PT Gaya Motor sebagai mitra bisnisnya dan telah berjalan sejak tahun 2011 hingga sekarang agar dapat terus menambah aktivitas produksinya di pabrik Production Network 2, yang berlokasi di Sunter ini.

BESTCAR NEWS - BMW X1

Acara peluncuran ini juga turut dihadiri oleh Karen Lim, selaku President Director BMW Group Indonesia, I Gusti Putu Suryawirawan dari Dirjen Kementrian Perindustrian, Anton Kumonty selaku President Director PT. Tjahja Sakti Motor, President Director PT Gaya Motor, Ary Mariano, Albert Reichl dari Management Production BMW Production Network 2, Jodie O’tania, Head Comm BMW Group Indonesia juga Utami Notohutomo, selaku Product Planning Manager BMW Group Indonesia.

All-new BMW X1 dikembangkan melalui tampilan serta interior dan eksterior layaknya keluarga BMW X lainnya. Meskipun begitu, BMW X1 juga terus berevolusi dalam sisi tampilan dan efisiensi untuk memenuhi kebutuhan akan kenyamanan, keselamatan, juga sisi infotainment. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.439 mm, lebar 1.821 mm, dan tinggi 1.598 mm, proporsi dari model terbaru ini tetap sesuai dengan konsep Sports Activity Vehicle yang kompak dengan dimensi tinggi yang bertambah hingga 53 mm jika dibandingkan dengan pendahulunya demi menghadirkan ruang kabin yang lapang. Tampilannya pun semakin dinamis berkat velg alloy 18-inci yang terpasang di ke-empat kakinya.

BESTCAR NEWS - BMW X1

Impresi atletis sangat terlihat dari kedua sisi samping, nampak jelas garis atap wedge yang dinamis dan khas yang dipadu oleh tarikan garis berkarakter, serta bentuk jendela yang meruncing hingga ke bagian belakang. Bagian apron belakang pun memiliki jarak ground clearance yang secara signifikan lebih tinggi. Dua baris lampu full-LED berbentuk L di bagian belakang menghasilkan bias cahaya yang terang. Bentuknya yang pipih dan panjang lebih terkesan menekankan lebar bagian bodi belakang yang terlihat sporty dengan adanya roof spoiler yang bertengger di kaca belakang.

BESTCAR NEWS - BMW X1

BMW X1 terbaru ini hadir dalam dua tipe varian yaitu, BMW X1 sDrive18i dan BMW X1 sDrive18i xLine. Bagian eksterior dari varian xLine telah dilengkapi oleh kidney grille dengan kisi-kisi yang terbuat dari material aluminium. Perbedaan juga terlihat dari adanya aksen silver di bagian saluran udara, side skirts dan bagian pelindung underbody. Di bagian kabin, bagian trim interior terbalut paduan material kain dan kulit dalam warna Granite Brown/Black dengan aksen hitam dan panel dashboard high-gloss berwarna hitam beraksen Pearl Gloss Chrome.

BESTCAR NEWS - BMW X1

The all-new BMW X1 sDrive18i menggunakan mesin dan juga teknologi sasis terbaru. Kedua model ini memiliki sistem gas buang dengan desain twin-tailpipe yang sporty. Keduanya menggunakan mesin BMW TwinPower Turbo tiga-silinder Double VANOS berkapasitas 1.5-liter yang menghasilkan hantaran tenaga hingga 136 hp pada 4.400 rpm dengan torsi maksimum hingga 220 Nm pada putaran 1.250 rpm. Dengan transmisi Steptronic 6-kecepatan, mobil ini dapat berakselerasi dari titik 0-100 km/jam dalam waktu 9,7 detik dan memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata 18.9 km/l serta emisi CO2 124 g/km. Fitur standar dari all-new BMW X1 juga meliputi layanan Servotronic speed-sensitive steering untuk melakukan manuver parkir dan perpindahan jalur yang aman dan nyaman dengan kemudi yang lincah saat melaju di kecepatan tinggi.

BESTCAR NEWS - BMW X1

Masuk ke ruang kabin, desain panel instrumen dan konsol tengah yang datar lebih mengarah kepada sektor visibilitas pengendara agar semakin mudah untuk menjangkau sekaligus mengendalikan kendaraan. Bagian panel center stack yang terletak pada bagian tengah konsol tengah dilengkapi dengan material berkualitas tinggi dan tiang dengan desain terbaru untuk memisahkan penumpang depan. Posisi duduk pun menjadi lebih tinggi 36 mm di bagian depan dan 64 mm di bagian belakang jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kapasitas bagasi 505 liter menunjukkan peningkatan hingga 85 liter dari generasi pertama X1, itu pun dapat bertambah hingga 1.550 liter hanya dengan melipat bangku baris kedua yang memiliki konfigurasi 40 : 20 : 40. Sistem operasi iDrive dengan Control Display dihadirkan melalui monitor 6,5 inci untuk menampilkan sistem navigasi juga fitur-fitur inovatif di dalamnya dan hentakan suara jernih dari HiFi loudspeaker dengan amplifier berkekuatan 205W.

BESTCAR NEWS - BMW X1

Karen Lim pun mengatakan bahwa “All-new BMW X1 adalah suksesor di kelas premium SAV kompak. Kendaraan ini merupakan generasi kedua dari model kendaraan yang telah sukses terjual lebih dari 730.000 unit di seluruh dunia. Singkat kata, the all-new BMW X1 adalah kendaraan yang dikembangkan secara utuh sebagai anggota keluarga BMW X dan menjadikan kendaraan ini satu-satunya SAV di segmen kendaraan kompak premium. Adapun yang membuatnya semakin istimewa adalah perakitan kendaraan ini dilakukan secara lokal di Indonesia. Ini membuktikan komitmen BMW pada pasar Indonesia dan di waktu yang bersamaan memperlihatkan standar tinggi pada proses, kontrol kualitas, dan sistem keselamatan pekerja yang diterapkan pada BMW Production Network 2,” tambahnya lagi.

The all-new BMW X1 mulai tersedia di dealer-dealer resmi BMW mulai saat ini . Untuk varian X1 sDrive18i ditawarkan dengan harga Rp. 619.000.000/off-the-road dan untuk BMW X1 sDrive18i xLine ditawarkan dengan harga Rp. 659 juta/off-the-road. Setiap unit kendaraan ini telah dilengkapi oleh BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. Ban kendaraan juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban per tahun sampai 100% yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek ataupun saat kendaraan terus berjalan saat ban kempes.

Teks & Photo: Rizky Dermawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *