Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
TOYOTA SIENTA

TAM Pastikan Sienta Debut Di IIMS 2016

BestCar Indonesia – PT Toyota-Astra Motor (TAM) memastikan akan menghadirkan untuk pertama kalinya produk baru mereka, Toyota Sienta, di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yang berlangsung 7-17 April 2016 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta.

“Di ajang IIMS nanti Toyota akan menampilkan 15 produk,  antara lain Toyota Avanza, Kijang Innova, Fortuner, Rush TRD Ultimo, Alphard Hybrid, Toyota 86, dan HiAce. Tapi yang paling istimewa, kami akan menampilkan untuk pertama kalinya satu produk baru bernama Toyota Sienta,” ungkap Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM di acara Toyota Media Gathering Pre-IIMS 2016, di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Menurut Henry Tanoto, pihaknya memang memilih IIMS 2016 sebagai tempat peluncuran Sienta, karena merupakan ajang otomotif skala besar. “Ajang ini merupakan kesempatan terbaik untuk meluncurkan produk terbaru kami di bulan April 2016.”

TOYOTA SIENTA

Toyota Sienta merupakan sebuah MAV (multi activity vehicle) yang didesain untuk memanjakan segala aktivitas penggunanya. Tidak hanya fungsional tapi juga memiliki desain yang modern dan dinamis.“Produk baru ini tampil stylish, modern, dan ‘fun to drive’. Ini merupakan komitmen Toyota untuk menyediakan mobil yang sesuai kebutuhan masyarakat,” tambah Henry.

Di acara yang sama, secara terpisah Anton Jimmy Suwandi, GM Product Planning & Marketing PT TAM, menegaskan bahwa Sienta adalah kendaraan yang diperuntukan bagi konsumen perkotaan (urban). TAM, lanjut Anton, mengganggap konsumen di kelas ini membutuhkan mobil yang memiliki utilitas beragam dengan style yang modern dan dibekali teknologi terbaru. “Karena itu kami optimis kehadiran Sienta akan mampu memenuhi kebutuhan di segmennya sekalgus melengkapi line-up produk Toyota yang sudah ada selama ini,” paparnya.

NEWS - TOYOTA SIENTA 2

Gosip akan kehadiran MPV 7-seater penantang Honda Freed ini sebetulnya telah menjadi berita hangat sejak awal tahun 2015 lalu. Informasinya, MPV yang diposisikan sebagai ‘adik kandung’ Toyota Kijang Innova ini akan diproduksi di pabrik Toyota yang bertempat di Karawang (kini disebut Karawang Plant 3). Awalnya New Toyota Sienta diproduksi hanya untuk pasar Jepang, namun belakangan Toyota memutuskan Sienta juga dipasarkan di beberapa Negara, termasuk Indonesia.

Rumor bakal munculnya Toyota Sienta pada pertengahan tahun ini kian terang benderang. Pasalnya, mesin tipe R-NR yang mulai diproduksi di pabrik baru PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) – Karawang Plant 3 – bakal digunakan untuk model terbaru Toyota yang bermesin depan dan berpenggerak roda-depan (FWD). Nah, spesifikasi model terbaru Toyota yang diakui bakal meluncur pada pertengahan tahun 2016 itu memberi sinyalemen kuat kepada Toyota Sienta.

“Iya betul, mesin tipe R-NR yang diproduksi oleh TMMIN memiliki spesifikasi untuk mobil berpenggerak roda-depan (FWD) dan akan digunakan untuk model terbaru Toyota,” tegas Yui Hastoro, Direktur Technical Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) beberapa waktu lalu.

TOYOTA SIENTA

Model baru yang dimaksud Yui Hastoro akhirnya terbukti sebagai Toyota Sienta, setelah TAM mengonfirmasi bahwa kendaraan yang disebut Toyota sebagai Multi Activity Vehicle (MAV) itu akan dirakit di pabrik milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). “Indonesia merupakan negara pertama di luar Jepang yang akan memproduksi Sienta,” ungkap Anton Jimmy Suwandi di acara Toyota Media Gathering Pre-IIMS 2016, di Jakarta, Selasa (29/3-2016).

Sejak diproduksi untuk pertama kalinya pada tahun 2003 silam, Toyota Sienta masih laris di Jepang hingga saat ini. Mungkin banyak yang mengira bahwa Honda Freed merupakan pelopor MPV 7-seater dengan sliding door alias pintu geser. Tapi faktanya, Honda Freed justru diluncurkan untuk melawan dominasi Toyota Sienta sebagai MPV kompak dengan pintu geser – sejauh ini MPV andalan Honda tersebut belum mampu menyaingi Sienta dari sisi penjualan di Jepang.

Jika melihat sosok Toyota all-new Sienta terbaru yang beredar di Jepang, MPV yang pertama kali diproduksi pada tahun 2003 ini tetap menggunakan pintu geser (sliding door) superlebar, sama seperti model sebelumnya. Ia juga tampil dengan desain eksterior bagian depan yang lebih segar, seperti grille dan lampu utama yang kini dibuat lebih runcing, dan didukung dengan teknologi LED.

NEWS - TOYOTA SIENTA 4

Secara dimensi, panjang totalnya mencapai 4.235mm, dengan lebar 1.695mm, dan tinggi 1.470mm. Di bagian dalam kabinnya tersemat teknologi terkini meliputi layar sentuh, serta kontrol iklim otomatis yang menjadi fitur standar Sienta.

Toyota Sienta terbaru yang beredar di Jepang mengusung mesin 2NR-FE empat silinder berkapasitas 1.5-liter yang dikombinasikan dengan teknologi dual VVT-I (Variable Valve Timing), menghasilkan output daya 109hp pada 6.000rpm dan torsi maksimum 136Nm pada 4.400 rpm. Seluruh daya mesin disalurkan ke roda-depan melalui transmisi CVT. Konsumsi bahan bakar Toyota Sienta diklaim dapat mencapai 20,6km/liter.

NEWS - TOYOTA SIENTA 3

Baru-baru ini beberapa diler Toyota di Jakarta telah membuka pemesanan Toyota Sienta dengan booking fee sebesar Rp 5 juta. Memang belum ada pernyataan resmi dari TAM soal harga pesaing Honda Freed ini, namun diperkirakan akan ditawarkan dengan banderol Rp 210 juta hingga Rp 280 juta (on the road, Jakarta).

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *