Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
HPM-1

Takehiro Watanabe, Presdir Baru Honda Indonesia

Takehiro Watanabe merupakan orang lama di Honda, bergabung sejak 1991 dan telah menduduki sejumlah posisi penting. Sebelumnya, Watanabe ditugaskan di Honda de Mexico pada 2002 dan di America Honda Motor pada 2010.

BestCar Indonesia – PT Honda Prospect Motor (HPM), Agen Pemegang Merek mobil Honda di Indonesia, melakukan penggantian posisi tertinggi di perusahaan tersebut. Tumoki Uchida yang telah menjabat sebagai Presiden Direktur PT. HPM sejak Maret 2011 lalu digantikan oleh Takehiro Watanabe. Seremonial serah terima jabatan itu dilakukan bersamaan dengan peluncuran dua model terbaru mereka, Honda New City dan Honda New Odyssey, di Jakarta, Kamis (16/03-2017).

Takehiro Watanabe merupakan orang lama di Honda. Pria kelahiran Tokyo 23 September 1965 yang bergabung di Honda sejak 1991 ini telah menduduki sejumlah posisi penting. Sebelumnya, pada 2002, Watanabe ditugaskan di Honda de Mexico, lalu delapan tahun kemudian mendapat tugas lagi di America Honda Motor. Jabatan yang pernah diembannya, mulai dari logistik, produksi, penjualan, operasi luar negeri, dan pengembangan produk.

“Saya sangat bangga diberikan kepercayaan, untuk memimpin Honda Prospect Motor Indonesia. Ini merupakan salah satu negara penting kami, sebagai pasar terbesar Asia Tenggara, dan juga yang paling potensial di dunia dalam hal industri otomotif. Salah satu misi penting saya meningkatkan citra Honda di Indonesia,” ujar Watanabe dalam pidato pertamanya sebagai Presdir PT. HPM.

Tomoki Uchida (kiri) dan Takehiro Watanabe

Tomoki Uchida (kiri) dan Takehiro Watanabe

Sementara Tumoki Uchida rencananya akan kembali ke Jepang dan menduduki jabatan baru di kantor pusat Honda Motor Co. “Saya tinggal di Indonesia dan bekerja untuk Honda Prospect Motor selama lima tahun 11 bulan, hampir enam tahun ini kami melalui begitu banyak tantangan dan kemajuan,” kata Uchida dalam pidato perpisahannya. “Pengganti saya adalah Takehiro Watanabe, memiliki pengalaman mengelola beberapa negara dan daerah. Saya yakin di bawah arahannya, HPM akan terus tumbuh lebih besar,” tambahnya.

Uchida, memimpin Honda di Indonesia sejak Maret 2011 silam, setelah menimba pengalaman di Honda Brazil dan Eropa. Selama di bawah kendali Uchida, kinerja Honda di pasar domestik berkembang pesat, mulai dari volume penjualan, fasilitas produksi, hingga perluasan diler di seluruh Indonesia. Saat ini, Honda juga berhasil duduk di posisi kedua mobil terlaris, menempel ketat Toyota. “Telah banyak capaian yang berhasil kami raih dalam waktu lima tahun seiring dengan pasar otomotif Indonesia yang telah berkembang dengan pesat,” kata Uchida.

Saat Uchida pertama kali menjabat, Honda hanya memiliki volume penjualan 45.416 unit pada tahun 2011. Lantas volume penjualan Honda bertambah lebih dari tiga kali lipat menjadi 199.364 unit pada 2016, yang juga merupakan rekor baru bagi Honda di Indonesia.

Selain penjualan yang melonjak, Uchida juga berhasil memimpin Honda meningkatkan pangsa pasar mereka dari 5 persen di awal ia menjabat menjadi 19 persen di pengujung 2016 — lagi-lagi tercatat sebagai pencapaian monumental, karena menjadi pangsa pasar tertinggi Honda dalam pasar otomotif sebuah negara di seluruh dunia. Bukan hanya soal penjualan, Uchida juga mencatatkan prestasi dengan meningkatkan kapasitas produksi Honda di Indonesia menjadi 200.000 unit per tahun serta pencapaian 1 juta unit produksi mobil pada Februari 2017.

Keberhasilan itu tidak lepas dari strategi Uchida membawa Honda memasuki segmen-segmen baru serperti kehadiran Honda Brio pada 2012 di segmen hatchback, kemudian Brio Satya di segmen LCGC (2013), Mobilio di segmen Low MPV (2014), HR-V di segmen SUV dan Low SUV (2015) dan BR-V di segmen Low SUV (2016).

Teks & Foto: Esa Wijayantoro

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *