Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Tak Cuma Tampil, Wuling E100 Tempuh 40km dalam Electric Vehicle Convoy IEMS 2019

Catatan jarak tempuh yang diraih oleh mobil listrik pertama Wuling ini sejauh 40 kilometer, dengan mengambil titik start dari Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di kawasan Jl. MH. Thamrin, Jakarta, hingga berakhir di BPPT Serpong, Tangerang, Banten.

BestCar Indonesia – Tak cuma tampil di ajang pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 yang digelar 4 – 5 September 2019, Wuling Motors (Wuling) juga membuktikan kendaraan listriknya, Wuling E100, terjun langsung dalam kegiatan Electric Vehicle Convoy yang diselenggarakan pada Sabtu (07/09/2019), sebagai bagian dari rangkaian pameran IEMS 2019.

Catatan jarak tempuh yang diraih oleh mobil listrik pertama Wuling ini sejauh 40 kilometer, dengan mengambil titik start dari Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di kawasan Jl. MH. Thamrin, Jakarta,  hingga berakhir di BPPT Serpong, Tangerang, Banten. Dalam rute ini, E100  melintas dengan kondisi lalu lintas dalam kota yang cukup lancar di Sabtu pagi. Kemudian, perjalanan berlanjut memasuki tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) mengarah ke Serpong. Wuling E100 pun berhasil merampungkan kegiatan convoy ini dengan melewati garis finish di BPPT Serpong.

“Ini merupakan kali pertama Wuling E100 melakukan perjalanan dengan  kondisi lalu lintas yang beragam. Partisipasi kami dalam kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Wuling bagi Pemerintah dalam memasuki era kendaraan berlistrik di Indonesia sejalan dengan semangat Drive For A Better Life. Kami berharap dengan adanya acara ini dapat menumbuhkan minat masyarakat terhadap mobil listrik sebagai kendaraan masa depan yang ramah lingkungan,” ujar Dian Asmahani, Senior Brand Manager Wuling Motors.

Sebelumnya Wuling Motors (Wuling) berpartisipasi dalam ajang pameran kendaraan listrik Tanah Air, Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019  yang bertemakan ‘Electric Vehicle for Smart Transportation’ sebagai bentuk kesiapan Wuling di era kendaraan listrik. Wuling membawa 2 lini produk yakni Wuling E200 di booth dan Wuling E100 di area test drive kepada pengunjung event mobil listrik yang berlangsung dari tanggal 4-5 September 2019 di Balai Kartini. Tercatat sebanyak 135 pengunjung telah melakukan test drive Wuling E100 di ajang pameran kendaraan berlistrik tersebut.

“Kehadiran Wuling E200 dan E100 pada ajang IEMS 2019 merupakan bentuk kesiapan kami dalam memasuki era elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Di negara asalnya, kedua model ini sudah dipasarkan dan kini kami membawanya ke pameran IEMS 2019. Selain itu, para pengunjung berkesempatan merasakan pengalaman berkendara bersama mobil listrik Wuling,” papar Dian Asmahani, Senior Brand Manager Wuling Motors.

Wuling E100 sendiri merupakan kendaraan listrik pertama dari Wuling yang mengaplikasikan motor listrik dengan baterai lithium, mampu memproduksi  daya maksimal sebesar 29kW serta torsi puncak sebesar 110Nm. Saat kondisi baterai penuh, Wuling E100 sanggup menempuh  jarak jelajah hingga 250  kilometer, dengan kecepatan maksimum hingga 100km/jam. Sebagai penerus daya motor listrik ke roda, E100 mengandalkan transmisi otomatis dengan tiga mode berkendara, yaitu Eco, Normal, dan Sport.

Baik E100 maupun E200 berkonfigurasi 2 penumpang, dengan dimensi berukuran compact plus desain eksterior minimalis-modern bernuansa two-tone. Fitur eksterior E100 mencakup retractable outer mirror with LEDfoglamp, projector headlamp, serta charging port. Beralih ke sisi  belakang  E100, Wuling memasangkan shark fin antennarear camera, serta parking sensor.

Beralih ke dalam kabin, E100 dibekali dashboard yang modern dilengkapi dengan ventilasi AC yang futuristik dan LCD Cluster. Terdapat pula 10 kompartemen penyimpanan di berbagai sisi kabin Wuling E100. Untuk menghadirkan hiburan bagi pengguna, mobil listrik Wuling ini dilengkapi dengan fitur hiburan melalui koneksi Bluetooth, USB, hingga radio yang dapat diatur dengan mudah melalui audio steering control yang ada di lingkar kemudi.

Sederet fitur modern turut diaplikasikan pada Wuling E100, mulai dari  keyless entry, start stop button, Electric Parking Brake (EPB), Electric Stability Control (ESC), sistem pengereman ABS dan EBD, SRS Airbag, hingga ISOFIX.

Sedangkan Wuling E200 merupakan kendaraan bermotor listrik kedua dari Baojun. Seperti E100, Electric Vehicle ini didukung motor listrik dengan baterai lithium yang menghasilkan daya maksimal sebesar 29kW dengan torsi sebesar 110Nm. Saat kondisi baterai penuh, Wuling E200 sanggup menempuh jarak jelajah hingga 250km.

Seperti E100, Wuling juga mengandalkan transmisi otomatis dengan tiga mode berkendara yaitu EcoNormal, dan Sport pada mobil listrik produksi kedua ini.

Wuling E200 juga berkonfigurasi 2 penumpang, berdimensi compact dengan desain eksterior yang dirancang melalui sentuhan elemen geometri yang  menonjolkan karakter modern dan futuristik. Pada bagian kabin, mobil listrik ini mengusung dashboard berdesain modern dan dilengkapi dengan 11 kompartemen penyimpanan, mulai dari bagian pintu, konsol tengah, hingga tempat penyimpanan tersembunyi di bawah bangku penumpang.

Fitur modern  pada Wuling E200 juga beragam, mulai dari keyless entry, start stop button, electric parking brake(EPB), konektivitas Bluetooth dan WiFi, hingga Intelligent Auto-driving. Untuk menghadirkan hiburan bagi pengguna, Wuling E200 juga dilengkapi dengan fitur hiburan melalui koneksi Bluetooth, USB, hingga radio. Dan seperti E100, mobil listrik batere kedua Wuling ini juga dibekali tiga mode berkendara, yaitu EcoNormal, dan Sport.

Begitu pula dengan fitur keselamatan (safety),  E200 dibekali mulai dari Electronic Stability Control (ESC), Rear Parking SensorParking Camera, ISOFIX, SRS AirbagTire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga sistem deselerasi ABS dan EBD.

 

Teks: Tito B. Setiawan

Foto: Tito B. Setiawan dan Wuling Motors

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *