Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
SuzukiSX4S-CrossMC-1

Suzuki SX4 S-Cross MC Meluncur Jumat ini

Tak seperti SX4 S-Cross yang beredar di pasar nasional saat ini (atau Maruti-Suzuki S-Cross di pasar India), versi facelift-nya membawa beberapa detail dari model spek Eropa dan mendapat setidaknya 12 penyegaran estetika pada fiturnya.

BestCar Indonesia – Jika tak ada perubahan, Jumat pekan ini (10/11-2017) PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan meluncurkan Suzuki SX4 S-Cross MC alias SX4 S-Cross versi facelift terbaru di Jakarta. Bakal mengusung pembaruan pada 12 fiturnya, penyegaran pada SX4 S-Cross MC terlihat cukup mencolok, terutama di bagian eksteriornya.

Seperti yang Anda tahu, New SX4 S-Cross yang diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu merupakan penerus dari SX4 X-OVER (CrossOver) – yang tercatat sebagai crossover pertama di Indonesia. New SX4 S-CROSS membawa fitur baru dan perubahan signifikan dari segi eksterior, interior, dan teknologi. Desain New SX4 S-Cross dinailai mencerminkan determinasi Suzuki untuk menciptakan crossover jenis baru, yang menawarkan performa aerodinamika yang superior untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar.

Keputusan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk meluncurkan SX4 S-Cross MC/facelift tahun ini berdasarkan hasil riset kepada para konsumen, yang menyebutkan bahwa Suzuki SX4 S-Cross menjadi SUV pilihan utama keluarga karena dua faktor preferensi; keselamatan berkendara dan tampilan yang menarik. Dengan kata lain, Suzuki ingin memantapkan posisi S-Cross sebagai kendaraan crossover pilihan utama yang stylish, premium dan tangguh.

SuzukiSX4S-CrossMC-2

Suzuki SX4 S-Cross MC alias face lift – kode ‘MC’ di belakang nama X-Cross merupakan singkatan dari ‘minor change’ – sebetulnya telah lebih dulu hadir di negara perakitnya, India, pada 28 September lalu dengan nama Maruti Suzuki S-Cross facelift. Itu artinya, Suzuki SX4 S-Cross MC yang bakal meluncur untuk pasar Indonesia juga berbasis Maruti Suzuki S-Cross facelift, meski kemungkinan dengan beberapa penambahan atau pengurangan fitur di sana-sini.

Tak seperti SX4 S-Cross yang beredar di pasar nasional saat ini (atau Maruti-Suzuki S-Cross di pasar India), versi facelift-nya membawa beberapa detail dari model spek Eropa dan mendapat banyak perubahan estetika. Secara umum, S-Cross facelift kini mengusung bahasa desain baru yang lebih berani, mencuatkan tampilan sebuah crossover yang lebih ‘macho’ dan tangguh.

Grille model dua slat yang ada pada S-Cross lama kini diganti dengan versi induksi model palang krom yang bertumpuk secara vertical. Dua lampu depan yang mengapit grille telah direvisi, ditambah lampu daytime running LED baru yang dilengkapi proyektor — yang disebut terakhir ini, hanya ada pada varian tertinggi pada Maruti-Suzuki S-Cross facelift untuk pasar India. Sementara bumper all-new di bagian depan terlihat berotot dengan garis tajam, dilengkapi dengan diffuser imitasi dengan finishing silver serta cladding (kelongsong) plastik hitam.

Facia depan Suzuki S-Cross facelift tampil lebih sporty dan macho dengan grille dan bumper baru serta lampu depan yang direvisi

Facia depan Suzuki S-Cross facelift tampil lebih sporty dan macho dengan grille dan bumper baru serta lampu depan yang direvisi

Seperti pada S-Cross yang beredar saat ini, bagian samping versi facelift diberi sentuhan cladding hitam yang mengalir melintasi belt-line (sabuk) bagian bawah hingga ke bumper belakang. Perubahan pada samping ini memang tidak mencolok, namun S-Cross facelift versi India telah dibekali velg alloy baru juga dual-tone berdiameter 16inci dengan ban 215/60 R16 yang lebih lebar. Belum jelas apakah S-Cross MC untuk pasar Indonesia juga akan memperoleh fitur yang sama atau tidak. Sementara di bagian belakang terlihat perubahan minimalis, termasuk lampu belakang LED yang telah direvisi dan lampu rem yang diatur ulang.

Bagian samping hanya mengalami sedikit perubahan, namun kini dengan velg alloy 16inci dual-tone berdesain baru

Bagian samping hanya mengalami sedikit perubahan, namun kini dengan velg alloy 16inci dual-tone berdesain baru

 

Bagian belakang juga minim perubahan, termasuk lampu belakang LED dan lampu rem yang direvisi

Bagian belakang juga minim perubahan, termasuk lampu belakang LED dan lampu rem yang direvisi

Di bagian interior, S-Cross facelift mendapat perubahan mendasar pada kabin dengan finishing kelas atas. Di antaranya, finishing krom satin baru dan material soft touch di dashboard, meski layout dashboard masih sama seperti versi sebelumnya. Sementara konsol tengah memperoleh sentuhan akhir black piano. Desain kursi dengan balutan kulit juga baru, seperti juga arm rest (sandaran tangan) yang kini dilapisi bahan kulit. Belum ada konfirmasi apakah S-Cross MC yang akan dijual di pasar Indonesia juga akan mengusung material kulit pada jok dan armrest, mengingat SX4 S-Cross yang beredar sekarang masih menggunakan bahan fabric. Sedangkan sistem infotainment S-Cross facelift kini mendapat revisi dengan layar sentuh ukuran 7 inci yang sudah dilengkapi Apple CarPlay dan Android Auto.

Meski tampil lebih berkelas, layout dashboard S-Cross masih sama seperti model terdahulu

Meski tampil lebih berkelas, layout dashboard S-Cross masih sama seperti model terdahulu

Bagaimana dengan mesinnya? Maruti-Suzuki S-Cross facelift kini hanya menyediakan satu pilihan mesin diesel baru, DDiS 200 1.3 liter yang telah dilengkapi teknologi smart hybrid — mencakup start idle-stop, torque assist, sistem regenerasi energi rem dan indikator perpindahan gigi — seperti milik Ertiga Diesel. Mesin diesel baru berkapasitas lebih kecil ini menggantikan mesin diesel 1,6 liter dari Fiat dalam line-up S-Cross versi India sebelumnya.

Untuk Suzuki S-Cross MC di Indonesia, sejauh ini PT. SIS belum mau memberi bocorannya hingga peluncurannya pada hari Jumat ini (10/11). Namun kami memperkirakan Suzuki Indonesia akan tetap mempertahankan mesin bensin lama tipe M15A 1,5liter (109PS dan 134Nm) seperti yang digunakan SX4 S-Cross saat ini. Jika itu benar, maka transmisinya juga kemungkinan besar masih mengandalkan model lama dengan dua pilihan, manual 5-speed dan otomatis 6-speed.

Di pasar India, semua varian Maruti Suzuki S-Cross facelift baru akan hadir dengan sederet fitur keselamatan (safety) standar, seperti dual airbag dan ABS, serta mounting ISOFIX untuk kursi khusus balita.

Kabarnya Suzuki S-Cross MC alias S-Cross versi facelift untuk pasar Indonesia ini banderolnya hanya naik di bawah Rp 10 juta dari banderol SX4 S-Cross sekarang yang berkisar antara Rp 256,9 juta (M/T) dan Rp 259,9 juta (A/T). Yang pasti, pemesanan dan proses inden Suzuki S-Cross MC baru bisa dilakukan setelah crossover Suzuki terbaru ini diluncurkan hari Jumat nanti (10/11). PT. SIS sendiri rencananya akan menggelar launching nasional Suzuki S-Cross MC di 10 kota besar se-Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar, pada hari Sabtu mendatang (11/11-2017).

Jadi, tunggu saja kedatangannya.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *