Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
SUZUKIPREP4

Suzuki Siapkan Vitara Brezza, Jimny dan Baleno Tahun ini?

Suzuki kembali bergairah menggarap segmen SUV

Teks: Yusran Hakim   |   Foto: Dari berbagai sumber

BestCar Indonesia – Kurang kondusifnya kondisi industri otomotif dan persaingan yang ketat di pasar otomotif sepanjang tahun 2015 tak membuat Suzuki Indomobil Sales (SIS) pesimis menghadapi tantangan di tahun 2016 ini. Malah sebaliknya, optimisme SIS justru ditunjukkan lewat komitmen Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia itu dengan menyiapkan tiga hingga empat model baru yang siap diluncurkan sepanjang 2016.

SUZUKIPREP1

Suzuki Vitara Brezza yang debut dan sedang dipamerkan di Auto Expo 2016 di New Delhi, India.

Setidaknya, begitulah yang ditegaskan 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy J. Tuilan, dalam acara media gathering Suzuki di Den of Kalaha, Sommerset, SCBD,  Jakarta, Jumat, 15 Februari 2016. “Sepanjang tahun ini kami telah menetapkan akan memasukkan empat model baru, masing-masing di segmen Low MPV, Mini SUV (kompak SUV), Medium SUV, dan segmen Hatchback. Yang pertama, seperti Anda tahu, kami telah meluncurkan Suzuki Ertiga Drezza untuk segmen Low MPV pada Januari lalu,” ungkapnya.

Model-model baru yang akan masuk tersebut, lanjut Davy Tuilan, diharapkan akan membantu mendongkrak penjualan Suzuki di tengah kondisi pasar otomotif yang tengah lesu. Jadwal masuknya model-model baru Suzuki itu, akan dibagi dalam empat kuartal sepanjang tahun 2016. Pada kuartal pertama, SIS telah meluncurkan Suzuki Ertiga Dreza (Suzuki Ertiga versi facelift) sebagai model baru di segmen Low MPV. Lalu pada kuartal kedua rencananya akan masuk satu model untuk segmen Mini SUV alias SUV kompak. Berikutnya satu model Medium SUV bakal hadir pada kuartal ketiga. Dan terakhir, pada kuartal keempat, satu model di segmen sedan-hatchback siap diluncurkan.

SUZUKIPREP2

Suzuki Ertiga Drezza, telah meluncur resmi Januari 2016.

Pertanyaannya kemudian, apa sajakah model-model baru yang bakal masuk tersebut, selain Suzuki Ertiga Drezza di pasar Low MPV? Sejauh ini pihak SIS memang belum berani membuka secara rinci. 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy J. Tuilan juga masih mengelak ketika ditanya rincian model-model baru yang akan masuk tersebut. Namun, lanjutnya, bisa dipastikan ketiga model baru tersebut sudah resmi dipasarkan di beberapa negara. “Saya belum bisa jawab … lagi pula kami masih harus mengatur harganya dulu agar bisa lebih kompetitif ketika dijual di sini,” paparnya.

SUZUKIPREP3

Suzuki New Jimny, berbasis Suzuki Jimny generasi ketiga versi facelift tahun 2013.

Toh ‘bocoran’ tentang model-model baru tersebut sebetulnya telah cukup santer beredar sejak beberapa waktu lalu, sebagian bahkan datang dari kalangan dalam SIS sendiri. Untuk segmen Mini SUV misalnya, model yang dimaksud adalah Suzuki Jimny generasi ketiga alias New Suzuki Jimny facelift. Kemungkinan besar sosoknya akan tampil di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yang akan dihelat April mendatang, dan diluncurkan pada kuartal kedua antara April-Juni 2016.

Di kuartal ketiga, model medium SUV yang kemungkinan besar bakal diusung oleh SIS merujuk pada Suzuki Vitara Brezza. Meski diposisikan untuk segmen Medium SUV di Indonesia, Vitara Brezza sebetulnya tergolong SUV kompak yang diriset dan didesain oleh Maruti Suzuki untuk pasar India. SIS sepertinya memang sengaja memposisikan Brezza di bawah Grand Vitara, karena sejauh ini belum terdengar rencana untuk memasukkan Suzuki New (Grand) Vitara sebagai pengganti Grand Vitara yang masih beredar di pasar domestik saat ini. Jika rumor ini benar, bisa diperkirakan Vitara Brezza akan tampil perdana dan kemungkinan sekaligus diluncurkan di ajang pameran otomotif GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) 2016 pada Agustus mendatang.

SUZUKIPREP4

Suzuki Vitara Brezza yang debut dan sedang dipamerkan di Auto Expo 2016 di New Delhi, India.

Nah, yang menarik, tahun ini Suzuki Indonesia (SIS) tampaknya tertarik untuk kembali menggarap segmen SUV yang sebelumnya cenderung kurang diperhatikan sejak meluncurkan Grand Vitara 2.4L facelift yang diimpor utuh dari Jepang pada Desember 2012 silam. “Kami memang berusaha akan main di segmen SUV pada tahun ini. Trennya memang sedang bertumbuh cukup baik, terutama di segmen kompak SUV dan crossover SUV, apalagi Suzuki punya line-up model SUV yang bagus-bagus,” aku Davy Tuilan kepada BestCar Indonesia di sela acara media gathering Suzuki, Jumat (5/2-2016).

Sekadar catatan, segmen SUV di pasar Indonesia memang memperlihatkan tren pertumbuhan yang baik sejak 2010, dengan 46.609 unit, 47.007 unit (2011), 63.628 unit (2012), 66.179 unit (2013), meski sempat sedikit turun pada 2014 dengan penjualan hanya 53.829 unit namun naik lagi pada 2015 dengan penjualan 54.256 unit atau naik 5,45% dari tahun 2014. Itu belum termasuk segmen low SUV yang pada 2015 mencatat angka penjualan 73.539 unit atau naik sekitar 7,39% dari tahun 2014.

SUZUKIPREP5

Model terakhir yang bakal diusung SIS untuk mengisi segmen sedan-hatchback pada kuartal keempat (September-Desember) tahun ini kemungkinan besar adalah Suzuki all new Baleno hatchback atau Suzuki new Swift (facelift). Namun all new Baleno hatchback tampaknya akan menjadi SIS, mengingat versi konsepnya — Suzuki iK-2 concept — sempat diperkenalkan ke publik Tanah Air lewat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Apalagi all new Baleno Hatchback kini telah mulai diproduksi dan dijual di India.

SUZUKIPREP6

Suzuki all new Baleno hatchback

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga

TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *