Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Suzuki Pimpin Peningkatan Pasar Januari-Agustus 2020

Mendominasi dengan kontribusi 53% terhadap penjualan ritel nasional Suzuki (23.856 unit), New Carry Pick Up juga menguasai pangsa pasar periode Januari-Agustus 2020 sebesar 61% atau naik 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tak cuma itu, pada Agustus 2020 New Carry Pick Up juga tercatat sebagai mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan ritel sebanyak 3.111 unit dan pangsa pasar low pick up sebesar 66%.

BestCar Indonesia – Meski pasar otomotif sedang lesu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil memimpin peningkatan pangsa pasar mobil periode Januari–Agustus 2020 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019. Suzuki Indonesia berhasil mencatatkan peningkatan pangsa tertinggi di pasar mobil nasional sebesar 2,6%, dari 9,82% year-on-year (YoY) Januari-Agustus 2019 menjadi 12,42% pada Januari-Agustus 2020 untuk penjualan ritel.

Pertumbuhan pangsa pasar Suzuki ini didominasi New Carry Pick-Up yang berkontribusi 53% terhadap penjualan ritel nasional Suzuki atau sejumlah 23.856 unit. Tidak hanya menjadi kontributor terbesar, pangsa pasar New Carry Pick Up periode Januari-Agustus 2020 juga terbukti naik 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi 61%.

Tak cuma itu, pada Agustus 2020 New Carry Pick Up juga tercatat sebagai mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan ritel sebanyak 3.111 unit dan pangsa pasar low pick up sebesar 66%. Hal ini membuktikan bahwa New Carry Pick Up diakui sebagai kendaraan komersial yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan terus mendorong kegiatan ekonomi agar tetap berkembang meskipun di tahun ini terdampak pandemi.

Menurut Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, persaingan di pasar otomotif semakin ketat karena pasar mulai tumbuh kembali setelah sempat melemah akibat hantaman pandemi Covid-19. “Di tahun ini, pasar otomotif Indonesia cukup ketat dan menantang, namun kami berusaha untuk terus memberikan produk dan pelayanan terbaik meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19. Peningkatan pangsa pasar Suzuki di tahun 2020 yang dipimpin New Carry Pick-Up ini membuktikan bahwa Suzuki menawarkan produk yang unggul dan sesuai kebutuhan masyarakat sehingga tetap menjadi pilihan pelanggan dalam kondisi apapun,” terangnya.

Selain New Carry Pick Up sebagai produk buatan dalam negeri, dua model produksi dalam negeri lainnya juga menjadi penyumbang terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar ritel Suzuki dalam kurun Januari hingga Agustus 2020. Pertama adalah All New Ertiga dengan kontribusi 6.870 unit atau sekitar 15%, dan kedua adalah Suzuki XL7 yang menyumbang 5.095 unit atau 11%. Sementara model-model unggulan Suzuki lainnya seperti Karimun Wagon R, New Ignis, New Baleno, dan Jimny juga berkontribusi positif terhadap total penjualan ritel selama tahun 2020.

Sedangkan khusus untuk bulan Agustus lalu, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO) mencatat adanya pertumbuhan penjualan otomotif dengan angka penjualan sebesar 37.655 unit untuk penjualan ritel. Suzuki sendiri berhasil mencatatkan kontribusi yang positif dengan pangsa pasar mencapai 14% atau 5.259 unit.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Suzuki. Peningkatan pangsa pasar ini mendorong kami untuk terus berkontribusi terhadap pasar otomotif dan juga perekonomian nasional dengan menghadirkan produk berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia baik untuk mendukung usaha ataupun kebutuhan keluarga,”  tutup Donny.

 

Teks: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *