Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
VITARA2

Suzuki New Vitara 2016 Debut Di Singapura

Bakal masuk juga kah ke pasar Indonesia?

BestCar Indonesia – Suzuki Singapura memastikan bahwa Suzuki New Vitara – yang telah beredar di pasar Jepang, Amerika, dan Eropa — akan membuat debut lokal di Singapura Motorshow 2016 yang digelar 14-16 Januari 2016. Tentu, Suzuki Singapura akan menerima pre-order untuk New Vitara selama gelaran motor show tersebut.

VITARA1

Seperti yang Anda tahu, Suzuki New Vitara Suzuki merupakan pengganti atau penerus Suzuki Grand Vitara yang kini tidak lagi diteruskan oleh Suzuki. Suzuki sengaja menghilangkan embel-embel “Grand” untuk Vitara terbarunya, untuk menandakan SUV kompak andalannya kini lebih ditujukan pada segmen baru, crossover kompak yang sedang menjadi tren hampir di seluruh dunia. Itu artinya New Vitara kini bersaing langsung dengan Honda HR-V, Nissan Juke, Renault Captur atau Ford Ecosport. Tidak lagi dengan Honda CR-V atau Nissan X-Trail yang selama ini menjadi pesaing tradisionalnya.

VITARA3

Secara eksterior, sosok New Vitara sebetulnya tak terlalu berbeda signifikan dari pendahulunya, namun dengan dimensi yang lebih kompak. Panjangnya hanya 4.175mm (lebih pendek dibanding Grand Vitara yang 4.500mm), lebar 1.775mm (versus 1.810mm), tinggi 1.610mm (versus 1.583mm), dan wheelbase 2.550mm (versus 2.640mm). Meski desainnya tak seradikal para kompetitornya di  kelas compact crossover, Suzuki mencoba memberikan beberapa detail baru terhadap New Vitara yang membuatnya tampak unik, seperti warna two tone di atap dan body yang berbeda, beberapa aksentuasi di bumper depan, serta dashboard klasik dengan panel sewarna body.

VITARA4

Suzuki New Vitara juga telah dibekali sederet fitur kenyamanan dan keselamatan modern setara crossover kompak modern. Di antaranya lampu depan LED, DRL LED, Start/Stop; rain sensor (sensor hujan); light sensor, spion yang bisa disetel dan dilipat secara elektrik, dan panoramic sunroof (pada tipe tertinggi). Bagian interior menebarkan aura sporty dan dinamis dengan hiasan panel instrumen mencolok, desain “U” di seputar tuas transmisi, sistem infotainment dengan layar touchscreen ukuran 7inci, USB; Bluetooth; SD card reader, jam yang ditempatkan di antara ventilasi tengah AC, konsol tengah dengan finishing warna hitam, empat power window elektrik, lingkar kemudi model 3-palang berdesain baru yang berbalut kulit, lapisan kulit interior yang ramah lingkungan, bangku depan berpemanas (pada tipe tertinggi), keyless entry dan engine start, AC otomatis, kamera belakang, Adaptive Cruise Control (ACC),  serta speed limiter.

VITARA5

Sedangkan fitur keselamatannya mencakup airbag (kantung udara) untuk pengemudi dan penumpang depan, airbag samping untuk pengemudi dan penumpang depan, curtain airbag di bangku depan dan belakang, airbag untuk melindungi lutut pengemudi, ABS, traction control (TC), HLA, dan HDC. New Vitara bahkan dilengkapi fitur keselamatan aktif Radar Brake Support (RBS) yang mampu mendeteksi potensi menabrak mobil di depannya ketika melaju pada kecepatan rendah. Sistem ini akan memberikan peringatan suara dan visual di layar MID (multy information display) kepada pengemudi. Jika pengemudi mengabaikan peringatan itu, system RBS akan melakukan pengereman secara otomatis.

Di pasar internasional, New Vitara hadir dengan dua pilihan mesin: 1.6-liter bensin empat silinder (120hp dan 156Nm), dan mesin diesel 4-silinder 1.6-liter (120hp dan 320Nm). Sebagai penerus daya mesin ke roda depan, Suzuki menyediakan transmisi manual 5-speed untuk varian bermesin bensin dan transmisi otomatis 6-speed sebagai opsionalnya. Sementara varian bermesin diesel hanya tersedia dengan transmisi manual 6-speed.

VITARA6

Tersedia dua sistem penggerak, yaitu penggerak roda-depan (Front Wheel Drive/FWD) dan sistem 4×4 cerdas Suzuki ALLGRIP All Wheel Drive dengan 4 mode (Sport, Auto, Snow, Lock). Varian 4×2 (FWD) diklaim memiliki konsumsi bahan bakar 18,2km/liter, sedangkan varian AWD ALLGRIP sedikit lebih boros, mencapai 17,4km/liter.

VITARA7

Di bagian kaki-kaki, New Vitara menggunakan suspensi depan MacPherson strut dengan perbaikan bentuk lengan bawah, revisi layout rangka suspensi, dan perbaikan strut yang menghasilkan kekakuan lebih tinggi. Sementara suspensi belakang mengadopsi model torsion beam dicomot dari Suzuki SX4 S-Cross.

VITARA8

Nah, pertanyaannya kemudian, akankah Suzuki New Vitara masuk juga ke pasar Indonesia setelah debutnya di Singapura bulan ini dan di India bulan depan? Sejauh ini memang belum ada kabar dari agen pemegang merek Suzuki di Indonesia, namun beberapa waktu lalu Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales Davy J Tuilan menyatakan bahwa Suzuki belum punya rencana untuk memasukkan New Vitara 2016. “Belum ada rencana. Tahun ini (2015) tidak akan masuk. Tahun depan (2016) sepertinya juga tidak,” katanya.

VITARA10

Tapi kalaupun masuk ke pasar Indonesia, kemungkinan besar Suzuki akan memberikan varian bermesin bensin K-Series 1.400cc yang digunakan oleh Suzuki Swift, Ciaz, dan Ertiga untuk mengurangi pajak kendaraan. Atau, mesin diesel 1.300cc seperti milik New Vitara yang bakal dimasukkan ke pasar India oleh Maruti Suzuki. Tentu, jangan terlalu berharap bakal menemukan New Vitara dengan sederet fitur yang ada pada varian di pasar Jepang, Amerika, atau Eropa.

VITARA11

Tapi jika Anda tetap penasaran, lebih baik Anda order saja New Vitara via Singapura. Gampang kan?

VITARA9

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *