Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Suzuki Luncurkan ECSTAR, Pelumas Resmi Mobil Suzuki

Seiring makin besarnya ekspektasi terhadap produk ECSTAR yang telah dikembangkan sejak tahun 1980 di Jepang, tim engineering Suzuki menformulasikan ECSTAR dengan tepat sebagai pelumas resmi mobil Suzuki yang didesain untuk memberikan perlindungan dan daya tahan optimal bagi mesin dan lingkungan.

 

BestCar Indonesia – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan produk pelumas dan chemical dengan nama ECSTAR bagi para pecinta otomotif di Tanah Air. Sesuai dengan slogannya, “The Ultimate Performance”, ECSTAR merupakan pelumas resmi mobil Suzuki yang didesain untuk memberikan performa terbaik saat berkendara.

Oli pelumas ECSTAR yang diluncurkan di Kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta, pada Selasa (04/02/2020) ini tersedia untuk jenis bahan bakar bensin dengan tipe:

  1. F 7000: Pelumas berbasis Semi Sintetis
  2. F 9000: Pelumas berbasis Full Sintetis dengan performa lebih tinggi dengan 0W–20

ECSTAR dengan spesifikasi SAE 0W–20 SN merupakan oli mesin yang memiliki spesifikasi/standar API (American Petroleum Standard) tertinggi, yaitu “SN”.  Spesifikasi tersebut merupakan standar kualitas oli tertinggi yang diakui oleh API saat ini, sehingga menunjukkan bahwa ECSTAR F 9000 0W-20 SN memiliki kualitas oli mesin terbaik.

 

Keunggulan API-SN
1 Meningkatkan perlindungan piston terhadap deposit akibat temperatur tinggi
2 Pengendalian sludge yang lebih baik untuk membantu memperpanjang usia dan menjaga kondisi mesin tetap bersih
3 Meningkatkan perlindungan pada kondisi putaran mesin rendah
4 Ramah lingkungan
5 Lebih kompatibel terhadap alat pengendali emisi, seperti katalitik konverter
6 Lebih kompatibel terhadap seal-seal di dalam mesin

 

Secara ekonomis, ECSTAR 0W–20 SN juga diklaim sangat kompetitif. Karena dibanderol dengan harga hanya Rp 95.000 per liter, konsumen sudah dapat menikmati keuntungan menggunakan pelumas bertaraf internasional dengan kualitas tertinggi dan telah tersertifikasi SNI.

“ECSTAR diformulasikan secara khusus untuk memberikan kinerja terbaik pada mesin agar mampu mengurangi gesekan, membersihkan mesin, serta mempertahankan stabilitas temperatur mesin, sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang optimal sekaligus melindungi mesin,” ujar Ignatius Ratrianto, Spare part Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) sebagai produsen ECSTAR.

 

ECSTAR 0W-20 SN mengusung teknologi Molybdenum, yang membentuk lapisan keras merata di permukaan metal pada mesin. Hal ini memungkinkan pengurangan gesekan antar komponen metal di dalam mesin, yang berujung penghematan konsumsi bahan bakar.

 

Kelebihan Oli ECSTAR

 

  1. Hemat Bahan Bakar.

Formulasi yang menghasilkan performa tinggi dan memenuhi standar efisiensi bahan bakar mesin Suzuki.

  1. Perlindungan Mesin Luas Biasa.

Teknologi pelumas yang inovatif, mencapai kestabilan temperatur sehingga memberikan perlindungan mesin bahkan pada saat menyalakan mesin pada kondisi dingin.

  1. Mesin Bersih untuk Usia Mesin yang Lebih Lama.

Performa yang bersih memperpanjang usia mesin dengan mencegah pembentukan lumpur dan endapan, sehingga mesin bebas dari masalah.

 

Kualitas Base oil

  ECSTAR 0W – 20 SN Performa
Viscosity Index 120 Hemat bahan bakar, menjaga kondisi mesin
Residu Karbon Sedikit Efek negatif bagi mesin
Penampilan Jernih Index grade base oil
Kandungan Ketidakmurnian Minimum Index usia pelumas

 

ECSTAR sendiri telah dikembangkan sejak tahun 1980 di Jepang. Dengan visi menciptakan pelumas dengan performa terbaik di pasar domestik Jepang pada saat itu, pelumas ini lahir dengan nama “ECSTAR” yang berarti “STAR” (bintang) yang menuntun menuju performa yang “ECSTATIC” (menyenangkan).

Seiring makin besarnya ekspektasi terhadap produk ECSTAR, dengan teknologi tinggi yang dikembangkan melalui sejarah panjang dan dedikasi, tim engineering Suzuki telah menformulasikan ECSTAR dengan tepat untuk memberikan perlindungan dan daya tahan optimal bagi mesin dan lingkungan.

 

Di tahun 2020, PT Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan ECSTAR sebagai produk Suzuki Genuine Oil & Chemical, sekaligus meluncurkan oli ECSTAR 0W–20 SN ke pasar Indonesia.

“ECSTAR berkembang di sirkuit balap MotoGP bersama tim Suzuki dan telah dikenal secara global. Saat ini kami meluncurkan ECSTAR untuk para pengguna mobil di Indonesia. Kehadiran ECSTAR diharapkan dapat memberikan ‘The Ultimate Performance’ bagi seluruh konsumen otomotif dan tentunya menjadi bukti nyata komitmen Suzuki untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik di Indonesia,” tutup Seiji Itayama, President Director PT SIM/SIS.

Brake fluid: minyak rem

Selain meluncurkan ECSTAR 0W-20 SN, pada kesempatan yang sama PT SIS juga meluncurkan ECSTAR 5W-30 SN/GF-5 sebagai pilihan pelumas berkualitas lainnya. Juga tiga tipe pelumas transmisi dengan seri ECSTAR ATF AW-1, ECSTAR ATF 3317, dan Gear Oil MT 75W-80 GL-4. Selain itu, untuk mendukung pemeliharaan kendaraan, tersedia pula produk chemical ECSTAR Brake Fluid DOT3 dan Long life Coolant 50/50 Pre Mixed.

 

Teks: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *