Suzuki Luncurkan All New Ertiga Hybrid, LMPV Elektrifikasi Pertama Seharga Rp 270 Jutaan

Berbekal teknologi pintar Suzuki Smart Hybrid dan total 17 perubahan, LMPV andalan Suzuki dengan dua sumber tenaga ini ditawarkan dalam dua tipe (SS dan GX) dan harga yang sangat kompetitif, berkisar antara Rp 270,3 juta hingga Rp 292,3 juta atau hanya sekitar Rp 11 juta lebih mahal dari Suzuki All New Ertiga standar bermesin bensin yang diluncurkan pertama kali pada April 2018.

BestCar Indonesia PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendobrak pasar otomotif nasional dengan meluncurkan produk unggulan terbarunya, yaitu All New Ertiga Hybrid, mobil elektrifikasi pertama di kelas Low Multi Purpose Vehicle (L-MPV) yang diproduksi di dalam negeri, Jumat (10/06/2022). Berbekal teknologi pintar Suzuki Smart Hybrid, LMPV andalan Suzuki dengan dua sumber tenaga ini ditawarkan dalam dua tipe (SS dan GX) dan harga yang sangat kompetitif, berkisar antara Rp 270,3 juta hingga Rp 292,3 juta atau hanya sekitar Rp 11 juta lebih mahal dari Suzuki All New Ertiga standar bermesin bensin yang diluncurkan pertama kali pada April 2018 dan mengalami beberapa penyegaran.

All New Ertiga Hybrid merupakan pengembangan serius dari All New Ertiga, terutama dalam hal teknologi. Penggunaan teknologi Suzuki Smart Hybrid dan beragam fitur canggih dan modern, membuat All New Ertiga Hybrid memiliki berbagai kelebihan. Di antaranya adalah penggunaan bahan bakar yang lebih irit, biaya operasional yang lebih terjangkau, pengalaman berkendara yang lebih nyaman saat berada di kondisi jalanan yang macet, dan lebih ramah lingkungan karena dapat menekan emisi gas buang.

Menurut President Director Suzuki Indonesia, Shingo Sezaki, kehadiran All New Ertiga Hybrid adalah sebuah komitmen kuat dari Suzuki dalam menggabungkan kemajuan teknologi dan kebutuhan nyata masyarakat Indonesia #UntukHariyangLebihBaik. “Kesadaran masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan terus meningkat. Tapi di sisi lain, mobil-mobil elektrifikasi yang ada saat ini harganya di atas daya beli mayoritas. Maka, dengan studi yang komprehensif dan mendalam, kami membuat inovasi dengan menggabungkan tren teknologi dan kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia. Hasilnya, hari ini kami meluncurkan All New Ertiga Hybrid yang menawarkan manfaat mobil elektrifikasi dan efisiensi bahan bakar tapi dengan harga yang sangat kompetitif. Selain itu, All New Hybrid juga akan diekspor ke berbagai negara tujuan di seluruh dunia,” katanya di sela-sela acara peluncuran All New Ertiga Hybrid di Mal Kelapa Gading 3, Jakarta, Jumat (10/06/2022). Selain Shingo Sezaki, acara peluncuran All New Ertiga Hybrid juga dihadiri Soebronto Laras – Komisaris Suzuki Indonesia, serta R Hendro Martono – Direktur IMATAP Kementerian Perindustrian dan Kukuh Kumara – Sekretaris Umum Gaikindo.

Tetap mengusung konsep AMIN, yaitu Aman, Mewah, Irit, dan Nyaman, tampilan interior dan eksterior All New Ertiga Hybrid kini mengalami beberapa perubahan. Total terdapat 17 perubahan, namun satu yang paling menonjol dari All New Ertiga Hybrid tentu saja adalah teknologi Suzuki Smart Hybrid yang lebih ramah lingkungan dan konsumsi bahan bakarnya lebih efisien dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional.

Berbeda dengan mobil elektrifikasi full electric yang seluruh sumber tenaganya mengandalkan listrik (BEV/Battery Electric Vehicle), All New Ertiga Hybrid menggunakan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin konvensional digabungkan dengan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery. ISG berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik ke Lithium-Ion Battery. Energi listrik inilah yang menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktif), sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien karena tidak terjadi proses pembakaran.

Selain penggunaan teknologi Suzuki Smart Hybrid, 11 perubahan All New Ertiga Hybrid lainnya terlihat dari bagian dalam dan luar mobil. Untuk interior, All New Ertiga Hybrid kini tampil dengan menggunakan New MID Design, New Interior Ambience Color, New Seat Material Color, dan New Interior Ornament. Sedangkan untuk eksterior, terdapat penyegaran berupa New Front Grille Design, New Auto Retractable Outside Mirror, New Antenna Type, New Alloy Wheel Black Polish Design, New Backdoor Garnish Design, New “Hybrid” Emblem yang ada di buritan mobil, serta pilihan warna baru yaitu New Mellow Deep Red Color.

Lima perubahan lainnya yang ada dalam All New Ertiga Hybrid adalah fitur-fitur baru yang canggih dan mendukung teknologi Suzuki Smart Hybrid untuk memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman. Fitur-fitur tersebut adalah New ESP (Electronic Stability Programme) di tipe GX, New Hill Hold Control di tipe GX-AT, New GSI (Gear Shift Indicator) di pilihan transmisi manual, New Cruise Control, dan New Auto Light with Guide Me Light. Semua fitur tersebut semakin menambah kenyamanan mengendarai All New Ertiga Hybrid.

Dengan teknologi terbaru dan fitur-fitur terkini, All New Ertiga Hybrid diyakini akan menjadi pelopor mobil elektrifikasi yang terjangkau masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan saat ini, terutama bagi yang tinggal di kota-kota besar. “Di tengah kenaikan harga bahan bakar yang terus terjadi, All New Ertiga Hybrid adalah pilihan pintar yang sangat cocok untuk kondisi saat ini. Manfaatnya pun akan terasa lebih optimal saat digunakan dalam kondisi kemacetan. Apalagi All New Ertiga Hybrid sudah dilengkapi berbagai fitur terbaru seperti cruise control, ESP, dan smart phone mirroring technology yang akan memberikan pengalaman baru dalam berkendara. Untuk hari yang lebih baik, kami mengajak Anda menggunakan All New Ertiga Hybrid yang nyaman digunakan, ramah lingkungan, dan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien,” papar Hady S Halim, Deputy Director Sales & Marketing 4W PT SIS.

 

FITUR ALL NEW ERTIGA HYBRID    
NO. FITUR ALL NEW ERTIGA HYBRID  
  Mesin  
1 New Engine K15B with Suzuki Smart Hybrid  
  Eksterior  
2 New Design Front Grille (GX)  
3 New Auto Retractable Outside Mirror (GX, SS)  
4 New Antenna Type  
5 New Alloy Wheel Black Polished (SS)  
6 New Backdoor Garnish Design  
7 New Emblem “Hybrid”  
8 New Color Mellow Deep Red  
  Interior  
9 New Design MID (Multi Information Display)  
10 New Color Interior Ambience Grey  
11 New Interior Ornament GX – Ornament Charcoal  
SS – Ornament Carbon Fiber  
12 New Color Seat Material GX – Black  
SS – Black Red Stitch  
13 AC Auto Climate with Heater  
14 Rear Camera (SS)  
15 Halogen Projector Headlamp with DRL (SS)  
16 Armrest 2nd Row  
17 Bagasi Luas  
18 Kabin Lapang  
19 Engine Push Start Stop  
20 One Touch Folding 2nd Row  
21 Ventilated Cup Holders  
  Fitur Keselamatan  
22 New Cruise Control  
23 New Gear Shift Indicator (GSI) MT Only  
24 New Autolight with Guide Me Light  
25 New ESP® (GX)  
26 New Hill Hold Control (now also available on GX-AT)  
27 Dual SRS Airbags  
28 ABS + EBD  
29 ISOFIX  
30 Platform HEARTECT  
31 Penggerak Roda Depan  

 

All New Ertiga Hybrid tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) 5-tingkat kecepatan dan otomatis (AT) 4-tingkat kecepatan, dengan dua tipe yaitu GX dan Suzuki Sport (SS). Berikut harga On The Road All New Ertiga Hybrid untuk wilayah Jakarta per bulan Juni 2022:

 All New Ertiga Hybrid SS-AT     Rp292.300.000

All New Ertiga Hybrid SS-MT     Rp281.300.000

All New Ertiga Hybrid GX-AT     Rp281.300.000

All New Ertiga Hybrid GX-MT     Rp270.300.000

 

Pilihan Warna:

  • All New Ertiga Hybrid SS: Pearl Snow White, Prime Cool Black, Metallic Magma Gray
  • All New Ertiga Hybrid GX: Pearl Snow White, Prime Cool Black, Metallic Magma Gray, New Mellow Deep Red, Metallic Silky Silver, Pearl Brave Khaki, Pearl Burgundy Red

 

Gelar Pameran dan Pesta Promo

Setelah sukses meluncurkan All New Ertiga Hybrid, mobil elektrifikasi LMPV pertama di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melanjutkannya dengan menyelenggarakan pameran di Mal Kelapa Gading, Jakarta. Pameran ini berlangsung mulai dari 10 sampai 19 Juni 2022. Berbagai promo dan hadiah menarik telah disiapkan khusus untuk konsumen yang ingin membeli produk teranyar All New Ertiga Hybrid.

“Pameran All New Ertiga Hybrid hadir untuk mengenalkan mobil baru unggulan Suzuki, yaitu All New Ertiga Hybrid. Kami juga memamerkan teknologi Suzuki Smart Hybrid agar konsumen mengetahui bagaimana teknologi tersebut bekerja meningkatkan efisiensi bahan bakar. Kami harap pameran ini dapat mengedukasi konsumen mengenai keunggulan dan kecanggihan All New Ertiga Hybrid,” terang Sukma Dewi, Asstistant to Sales 4W Department Head PT SIS.

Di dalam pameran tersebut, Suzuki memamerkan 4 unit mobil All New Ertiga Hybrid, yang terdiri dari All New Ertiga Hybrid tipe GX bertransmisi manual, All New Ertiga Hybrid tipe GX transmisi otomatis, All New Ertiga Hybrid tipe SS transmisi manual, dan All New Ertiga Hybrid tipe SS bertransmisi otomatis. Selain itu, Suzuki juga menampilkan platform HEARTECT dan teknologi Suzuki Smart Hybrid. Pengunjung dapat menikmati berbagai keseruan aktivitas di booth Suzuki, seperti beragam games dan kuis menarik, kids activity dari Kampung Dongeng, dan special music performance dari Endah N Rhesa.

Untuk memudahkan konsumen memiliki All New Ertiga Hybrid, selama bulan Juni Suzuki memiliki program promo untuk konsumen seperti DP rendah sebesar 10%, bunga kredit rendah, bebas angsuran berkali-kali, tambahan bonus diskon, dan hadiah langsung selama periode program berlangsung. Konsumen juga akan mendapatkan cashback tambahan sebesar Rp2,5 juta khusus untuk transaksi tukar-tambah melalui Auto Value. Bagi konsumen yang beruntung, bisa mendapatkan hadiah langsung berupa logam mulia dan hadiah lainnya.

Masih di lokasi pameran, Suzuki juga menyiapkan unit test drive agar konsumen bisa merasakan langsung kinerja teknologi Suzuki Smart Hybrid dan fitur-fitur canggih All New Ertiga Hybrid. Konsumen hanya perlu melakukan registrasi singkat di lokasi pameran untuk bisa melakukan test drive. Namun, bagi konsumen yang belum bisa datang ke pameran tak perlu khawatir, karena dealer-dealer Suzuki terdekat sudah menyiapkan mobil test drive untuk konsumen. Tidak tanggung-tanggung, konsumen yang melakukan test drive All New Ertiga Hybrid baik di pameran maupun di dealer akan berkesempatan memenangkan hadiah 1 unit mobil All New Ertiga Hybrid tipe SS bertransmisi AT dan 20 unit motor Suzuki Next II.

Dalam pameran ini, Suzuki bekerja sama dengan 6 perusahaan leasing, yaitu Suzuki Finance, Mandiri Tunas Finance, BCA Finance, OTO Finance, Adira Finance dan Indomobil Finance Indonesia, untuk memudahkan konsumen melakukan pembelian All New Ertiga Hybrid.

 

SPESIFIKASI UMUM ALL NEW ERTIGA HYBRID
DESKRIPSI SATUAN ALL NEW ERTIGA HYBRID
Dimensi Kendaraan
Panjang mm 4.395
Lebar mm 1.735
Tinggi mm 1.690
Jarak Poros Roda mm 2.740
Radius Putar Minimum m 5.2
Jarak Terendah mm 180
Mesin
Tipe Mesin Suzuki Smart Hybrid (K15B + ISG + Lithium-ion)
Jumlah Silinder 4
Jumlah Katup 16
Isi Silinder Cc 1.462
Diameter x Langkah mm 74,0 x 85,0
Perbandingan kompresi 10,5
Daya Maksimum PS / rpm 104,7 / 6.000
Momen Puntir Maksimum Nm / rpm 138 / 4.400
Distribusi bahan bakar Multipoint Injection
Transmisi
Tipe Transmisi MT AT
Perbandingan gigi 1st 3.909 2.875
2nd 2.043 1.568
3rd 1.407 1.000
4th 1.065 0.697
5th 0.769 N.A
Reverse 3.250 2.300
Perbandingan gigi akhir   4.353 4.375
Rangka
Sistem kemudi    
Suspensi depan Macpherson Strut with Coil Spring
Suspensi belakang Torsion beam with Coil spring
Rem    
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Drum, leading and trailing
Ukuran ban 185/65 R15

 

Teks & Foto: Tito B. Setiawan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *