Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Supra is Back!

Seperti yang disinyalir sebelumnya, mobil sport legendaris asal Jepang yang kini dikembangkan bersama BMW ini akan mengusung logo Gazoo Racing (GR), bukan emblem Toyota, dengan huruf “GR” putih di atas latar hitam dan merah. Tunggu debutnya di ajang Geneva Auto Show 2018 Maret mendatang.

BestCar Indonesia – Sosok Toyota Supra 2019 (All New Supra) pertama telah terungkap menjelang debutnya di ajang  Geneva Motor Show 2018 bulan Maret mendatang, setelah Toyota secara resmi mengunggah foto teaser mobil sport legendaris itu, Selasa lalu (12/02-2018).

Di foto teaser tunggal yang dirilis resmi oleh Toyota itu hanya diberi judul “The Legend Returns”. Foto teaser tersebut juga memperlihatkan atap model gelembung-ganda, bibir ducktail ramping di pintu bagasi yang landai, spoiler belakang besar – walaupun ini lebih mirip airfoil datar tradisional dengan penyangga kembar, ketimbang pegangan model ‘basket’ besar seperti pada Supra Mark IV Turbo yang ikonik — dan pinggul menonjol yang mengindikasikan semua itu sebagai ciri Supra Mark V (Supra generasi kelima) yang akan datang.

Memang tak banyak detil yang bisa dicerna. Tapi yang jelas, konfirmasi Toyota lewat foto teaser itu mengindikasikan Geneva Motor Show 2018 benar-benar akan menjadi ajang untuk memberi sinyal komitmen Toyota membawa mobil sport paling ikonik tersebut ke pasar.

Hanya berselang sehari setelah foto teaser All New Supra beredar, situs motor1.com memposting  potongan halaman apa yang tampaknya merupakan brosur resmi dari ‘kebangkitan’ Toyota Supra terbaru yang ditunggu-tunggu. Kabarnya, lembaran brosur Toyota  All New Supra itu berasal dari majalah Jepang Holiday Auto, bukan benar-benar datang langsung dari Toyota.

Jika benar, (brosur) ini tidak hanya mengkonfirmasi seperti apa sosok terbaru “Supra” yang legendaris itu, tapi juga mengungkap mobil sport tersebut memang akan mengusung merek Gazoo Racing seperti yang ditunjukkan oleh logo hitam dan merah dengan huruf “GR” putih itu. Seperti yang pernah dilansir AutoExpress sebelumnya, All New Supra yang dikembangkan bersama BMW ini memang akan memakai logo Gazoo Racing (GR), bukan emblem Toyota. O ya, Gazoo Racing adalah nama divisi motorsport yang dikembangkan Toyota.

Bagian depan mobil juga terlihat dan ini menunjukkan mobil versi produksi tersebut mengindikasikan akan tetap setia pada styling mobil konsep Toyota FT-1 — pertama kali diperkenalkan tahun 2014 silam — yang menakjubkan. Salah satu halaman brosur tersebut bahkan memajang detil spesifikasi teknis All New Supra ini, seperti dimensi dengan panjang 4.380mm (172inci), lebar 1.830mm (72inci), tinggi 1.280mm (50inci), dan dengan wheelbase yang kini lebih panjang pada 2.470mm (97inci). Bergantung pada variannya, Supra baru memiliki bobot antara 1.350kg hingga 1.430kg, dan akan tersedia dengan velg ukuran 18inci dan 19inci.

Varian entry level akan didukung oleh mesin bensin 2,0-liter turbocharged yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 192hp (143kW) dan torsi puncak 320Nm (236 pound-feet). Konfigurasi yang lebih ‘gahar’ dari mesin yang sama bahkan disebut-sebut mampu meningkatkan output dayanya hingga 252hp (188kW) dan 400Nm (295 lb-ft). Sedangkan untuk varian tertinggi, All New Supra dibekali mesin yang lebih besar, 3,0liter enam silinder segaris yang mampu memproduksi tenaga hingga 340hp (253 kW) dan torsi 450Nm (332 lb-ft).

Seperti yang sudah Anda ketahui, Supra akan berbagi platform dengan BMW Z4, karena keduanya dikembangkan bersama sebagai bagian dari kesepakatan berbagi teknologi, termasuk mesin. Kedua mobil sport ini disebut-sebut juga akan menggunakan arsitektur serat karbon yang dicomot dari BMW i3, i8 dan Seri 7 yang beredar saat ini. Namun berbeda dengan BMW Z4 yang juga akan tersedia sebagai convertible, Supra justru akan menjadi coupe sport dengan atap permanen (fixed-roof). Tidak hanya akan berbagi platform dengan BMW Z4, Supra generasi kelima juga bakal dibangun di pabrik yang sama. Fasilitas Magna Steyr di Graz, Austria, telah dikonfirmasi sebagai lokasi produksi untuk Z4 dan All New Supra (atau GR).

Toyota FT-1 Concept

Spekulasi soal Supra yang akan menggunakan mesin BMW sendiri makin mencuat, setelah melihat spesifikasi teknis yang ada dalam bocoran brosur. Entah kebetulan (atau tidak), varian menengah dengan mesin 2.0L bertenaga 252hp sepertinya memang sesuai dengan mesin yang digunakan BMW 330i saat ini, dalam hal tenaga kuda. Bisa dimaklumi jika kemudian banyak pula berspekulasi varian tertinggi dengan mesin 6-silinder segaris 3.0L juga bakal mengadopsi milik BMW 340i. Hanya saja, untuk All New Supra diberi tambahan daya 14hp dari output standar 326hp mesin 340i.

Selain itu, Toyota juga telah mengungkapkan petunjuk kuat bahwa Supra terbaru nantinya akan tetap mengusung penggerak roda-belakang (RWD), seperti aslinya. Tapi kabar buruknya, Supra generasi kelima tidak akan memiliki transmisi manual – Anda boleh menangis sepuasnya – karena hanya akan ada transmisi otomatis 8-speed (mungkin dengan mode manual juga) yang disiapkan Toyota.

Oh, satu hal lagi. Pada debutnya di Jenewa 6 Maret mendatang, Toyota All New Supra bakal diperkenalkan dalam empat varian trim. Jika lembaran brosur itu benar, maka Supra generasi kelima dengan emblem Gazoo Racing ini mestinya akan muncul dalam varian/tipe/trim level GR, GR Sport, dan GRMN (Gazoo Racing yang diseting khusus oleh Meisters of the Nürburgring).

Namun, belum jelas apakah model standar versi produksi yang sebenarnya, atau hanya versi konsep yang mendekati versi produksi yang bakal tampil di Geneva Motor Show 2018 nanti. Selebihnya, desain,spesifikasi dan detil lainnya, baru akan terungkap tepat pada pukul 09.45 pagi tiga minggu mendatang di booth Toyota. Sekarang, Anda hanya harus sedikti bersabar untuk — akhirnya – bisa melihat versi produksi Supra generasi kelima ini.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *