Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR NEWS - SOLAR DEX

Solar DEXlite Seharga Rp 6.750/Liter Mulai Dijual Di Jabotabek Jumat Ini

BestCar Indonesia – PT Pertamina Persero secara resmi memasarkan bahan bakar solar terbarunya, DEXlite, di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi mulai hari Jumat ini (15/4). Bahan bakar untuk mesin diesel yang diposisikan antara Pertamina Dex dan solar bersubsidi ini dibanderol Rp 6.750 per liter.

“Hari ini kami luncurkan sebuah produk baru yang kami harapkan lebih memberi manfaat. Ini produk sekualitas (Pertamina) Dex dengan harga Lite (lebih murah),” papar Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dalam sambutannya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina 31.12601 Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (15/4).

Menurut Dwi Soetjipto, solar DEXlite memiliki kualitas lebih baik dari solar subsidi. Pasalnya, DEXlite memiliki angka cetane 51 lebih tinggi dari angka cetane solar subsidi yang hanya 48, walaupun masih sedikit di bawah Pertamina dex yang memilki angka cetane 53. Namun, lanjutnya, kandungan sulfur dalam DEXlite hanya 1.000-1.200ppm (part per million) atau lebih rendah dari solar subsidi yang mencapai 3.000ppm. “Dengan kualitas tersebut kami menjual DEXlite Rp 6.750 per liter, memang lebih mahal Rp 1.600 per liter dari solar subsidi yang ditetapkan Rp 5.150 per liter. Namun DEXlite lebih hemat dan bertenaga ketimbang solar subsidi.”

Seperti yang diungkapkan Vice President Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero), Afandi, dalam acara diskusi terbuka DEXlite di The Hermitage, Menteng, Jakarta, Selasa lalu (12/4), bahan bakar jenis solar non subsidi ini dihadirkan untuk memberikan alternatif bahan bakar berkualitas dengan harga terjangkau. “Untuk uji coba ini, kita akan distribusikan DEXlite ke sebanyak 33 SPBU di wilayah Jabodetabek, dan nanti kita akan evaluasi seperti Pertalite,” ujarnya.

Selama uji pasar yang akan dilakukan 2 sampai 3 bulan, tersedia 1.500 kiloliter DEXlite. Namun untuk target penjualan hingga Desember tahun ini hingga 100 ribu kilo liter. “Fasilitas di SPBU juga kita harus siapkan. Kalau untuk nambah dispenser rasanya belum ya,  karena SPBU masih punya spare tangki timbun. Tapi di perkotaan yang sudah jarang solar subsidi, maka itu yang akan kita coba,” tutup Afandi.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *