Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
image025

Smart ForRail Concept: Smart yang Melaju di Rel Kereta Api

BestCar Indonesia – Untuk mengatasi kemacetan yang menjadi momok bagi pengguna kendaraan di kota-kota besar, Smart melakukan gebrakan anti-mainstream lewat karya terbarunya: Smart ForRail Concept. Mobil konsep terbaru Smart ini mampu melaju di atas rel baja saat jalan raya macet total. Adalah para engineer Smart yang mengonsepkan sebuah kendaraan mungil dengan roda baja berdiameter 22inci yang bobot totalnya hanya 80kg. Mereka berhasil melakukan pengujian di lintasan Blueell Railways, London, sepanjang 16km. Trek ini memiliki lebar 1.435mm, tidak berbeda jauh dengan lebar ban Smart ForFour yang 1.467mm (depan) dan 1.429mm (belakang). Lantas, seperti apa cara kerjanya?

image027

image029

Karena berbasis Smart ForFour, dari segi eskterior ForRail berkapasitas empat penumpang ini tidak memiliki perbedaan. Masih tetap mempertahankan desain bodi yang mungil dan minimalis. Grille khas Smart yang berongga serta lampu utama yang dilengkapi LED daytime driving juga masih dipertahankan. Warna two-tone yang melapisi seluruh bagian tubuh juga membuatnya semakin menarik dipandang. Kemudian di bagian dalam kabin, Smart ForRail Concept dilengkapi dengan roda kemudi multifungsi yang telah dilapisi kulit serta layar LCD berukuran 3,5inci di bagian instrument cluster. Layar tersebut juga dapat berfungsi untuk memroyeksikan gambar lintasan rel kereta yang sedang dilalui.

image031

Walau mampu berjalan di rel solid, jangan harap ForRail memiliki daya kuda layaknya lokomotif uap dengan kapasitas 16 ribu liter. ForRail tetap pada fitrahnya sebagai mobil minimalis. Mesin tiga-silinder 1,0 liter di balik bonnet mungilnya hanya menyediakan 71hp dan torsi maksimum 91Nm. Namun untuk urusan berlari, ForRail mampu dikebut pada kecepatan maksimum hingga 151km/jam, lebih dari cukup untuk ‘mengasapi’ lokomotif uap manapun di dunia. Lantas, akankah ForRail Concept ini diproduksi secara massal? Rasanya tidak. Smart mungkin sekadar melakukan ‘gimmick’ untuk mempromosikan mobil-mobil mungilnya, meski (mungkin) bukan sebuah terobosan yang ‘smart’.

smart forrail Erprobungsfahrzeug

smart forrail Erprobungsfahrzeug

.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *