Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
Singapore Autonomous

Singapura Siap Uji Coba Kendaraan Otonom

“Bukan masalah mengganti satu mobil konvensional berpengemudi dengan sebuah mobil otonom masa depan yang mengesankan kita. Tapi yang sangat kita inginkan dari introduksi konsep baru transportasi dan mobilitas tersebut adalah peluang untuk meningkatkan mobilitas komuter, dan seluruh layanan transportasi publik, khususnya untuk koneksi perjalanan dari dan ke pelabuhan, bandara, terminal bis atau kereta api, menuju dan dari kediaman atau tujuan akhir perjalanan,” ungkap Sekretaris Kementerian Transportasi Singapura, Pang Kin Keong pada dalam konferensi pers, 12 Oktober 2015 lalu.

Singapore Autonomous

Idealnya, lanjut Pang, hal ini akan mereduksi ketergantungan terhadap kendaraan pribadi, dan memungkinkan pemanfaatan badan jalan untuk beragam tujuan lain. “Teknologi kendaraan otonom juga bisa meringankan beban kemacetan lalu lintas dan mengatasi kelangkaan tenaga kerja. Nah, penggunaan kendaraan otonom di tingkat publik Singapura akan lebih meluas 10 atau 15 tahun mendatang,” tambahnya.

Singapore Autonomous

Pihak operator pelabuhan PSA, menyatakan bahwa kendaraan otonom dapat mengurangi biaya tenaga kerja, meningkatkan produktivitas dan mengurai kemacetan arus lalu lintas, karena transportasi bisa dialihkan pada saat zona waktu sibuk.

Pang yang juga menjabat sebagai pimpinan dari CARTS (Committee for Autonomous Road Transport in Singapore) bahkan mendesak lembaga-lembaga dengan properti yang luas atau dengan “tanggung jawab transportasi dan mobilitas” agar segera melakukan studi teknologi kendaraan otonom untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. “Konsep baru mobilitas dan kendaraan otonom membuat kita bisa membayangkan dan mengimpikan sebuah kota masa depan yang sama sekali berbeda, yang sangat meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Lansekap kota akan terbebas dari dominasi rasio badan jalan serta lahan parkir, dan otomatis terbebas pula dari polusi udara dan kebisingan yang berasal dari transportasi. Sebaliknya, kota akan didominasi oleh penghijauan, para pejalan kaki dan pesepeda, suasana tenang dan bersih, serta kendaraan-kendaraan otonom yang berjalan tertib melayani sirkulasi perjalanan dalam kota maupun sirkulasi pemukiman dari dan ke seluruh jenis hub,” tutur Pang lagi.

Singapore Autonomous

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *