Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Setengah Abad di Indonesia, Suzuki Gelar Perayaan Ulang Tahun Emas Secara virtual

Memulai bisnis di Indonesia pada tahun 1970, Suzuki telah memproduksi lebih dari 11.000.000 unit sepeda motor dan 2.500.000 unit mobil hingga 2019, dengan penyerapan komponen lokal rata-rata di atas 80% yang dipasok lebih dari 400 perusahaan komponen dalam negeri. Suzuki Indonesia juga telah melakukan kegiatan ekspor ke 85 negara dengan total volume lebih dari 1.300.000 unit. Semua kegiatan ini telah menciptakan lebih dari 5.000 lapangan kerja untuk masyarakat.

BestCar Indonesia – Tahun ini, telah setengah abad Suzuki hadir dan berkontribusi bagi Indonesia. Bukan waktu yang singkat bagi sebuah produsen kendaraan untuk terus eksis dan berkiprah. Tak heran jika untuk memperingati 50 tahun perjalanannya di Tanah Air tersebut, Suzuki Indonesia khusus menggelar perayaan ulang tahun emas yang dikemas secara virtual melalui saluran Youtube. Acara yang diikuti lebih dari 5.000 karyawan Suzuki dan diler dari seluruh Indonesia ini dilaksanakan pada Senin (07/12/2020).

Sebagai salah satu rangkaian acara perayaan ulang tahun ke-50, Suzuki Indonesia juga menggelar kegiatan CSR Suzuki Peduli Pendidikan dengan mendonasikan 5 unit mobil yang bisa digunakan sebagai alat praktikum kepada empat institusi pendidikan di Jabodetabek, Purworejo dan Yogyakarta. Penyerahan donasi dilakukan secara simbolis oleh Soebronto Laras sebagai Komisaris Suzuki Indonesia dan Giri Triatmojo, Administration Director PT SIS di hari yang sama.

“Perayaan ulang tahun emas ini sangat istimewa dan berarti bagi keluarga besar Suzuki Indonesia. Dari dulu sampai sekarang, kami terus berkarya dan berkomitmen memberikan produk-produk dan layanan berkualitas untuk masyarakat, sehingga saat ini Suzuki bisa menjadi salah satu merk otomotif terbaik di Indonesia,” papar Seiji Itayama, President Director PT SIM/SIS dalam kata sambutannya di acara ini.

Selain President Director PT SIM/SIS, Komisaris Suzuki yang juga legenda otomotif Indonesia, Soebronto Laras, turut memberikan sambutan dan apresiasi untuk seluruh karyawan Suzuki. Direktur PT SIM, Bambang Soebijanto, juga hadir dan memberikan kata sambutan dalam acara tersebut.

Acara perayaan terasa semakin hangat dengan adanya ucapan selamat dari Kementerian Perindustrian RI yang diwakili Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat transportasi, dan Elektronika (Ilmate), Dr. Ir. Taufik Bawazier M.si, dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii yang dilakukan secara virtual.

“Dengan komitmen Indonesia untuk menjadi pilar ke-3 dalam grup Suzuki setelah Jepang dan India, saya harap Suzuki Indonesia dapat meningkatkan volume produksi untuk pasar domestik dan ekspor lebih dari 45% dan menjadikan Suzuki Indonesia sebagai mother plan tidak hanya untuk kendaraan MPV tapi juga niaga. Saya juga berharap Suzuki dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas tenaga kerja nasional dengan cara melakukan transfer teknologi untuk memenuhi kebutuhan produksi dan design & development,” ujar Taufik Bawazier melalui video ucapannya.

Senada dengan Dirjen Ilmate, Duta Besar Masafumi Ishii dalam video ucapannya juga menyampaikan harapannya agar Suzuki dapat meningkatkan kontribusi untuk Indonesia. “Melalui investasi, produksi, dan ekspor, Suzuki memperkerjakan sebanyak lebih dari 5.000 tenaga kerja saat ini, sehingga berkontribusi besar pada pengembangan ekonomi di Indonesia. Kami, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Jakarta Japan Club, memandang upaya Suzuki meningkatkan ekspor dan investasi serta membangun SDM di Indonesia adalah upaya yang bermakna sebagai contoh inovatif bagi pergusahaan lainnya. Kami berharap bisnis Suzuki di Indonesia dapat terus berkembang dan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia lebih erat,” ungkap Ishii.

Seperti diketahui, Suzuki memulai bisnis di Indonesia pada tahun 1970. Hingga 2019, Suzuki telah memproduksi lebih dari 11.000.000 unit sepeda motor dan 2.500.000 unit mobil dengan penyerapan komponen lokal rata-rata di atas 80% yang dipasok lebih dari 400 perusahaan komponen dalam negeri. Suzuki Indonesia juga telah melakukan kegiatan ekspor ke 85 negara dengan total volume lebih dari 1.300.000 unit. Semua kegiatan ini telah menciptakan lebih dari 5.000 lapangan kerja untuk masyarakat.

Selain fokus dalam kegiatan produksi dan manufaktur industri otomotif, Suzuki juga melaksanakan kewajibannya dengan melakukan berbagai kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai salah satu komitmen perusahaan. Salah satu yang rutin dilaksanakan sejak 2014 adalah Clean Up the World, yaitu kegiatan membersihkan lingkungan pantai dengan masyarakat sekitar. Suzuki juga melakukan kegiatan CSR lain seperti donasi mobil untuk SMK-SMK yang dapat dijadikan bahan praktik dan pembelajaran, penanaman pohon, donasi ambulans, donasi bencana alam, dan berbagai kegiatan lainnya sebagai bentuk apresiasi Suzuki terhadap masyarakat Indonesia.

Dalam kegiatan CSR Suzuki Peduli Pendidikan yang merupakan rangkaian acara perayaan ulang tahun ke-50 kali ini, Suzuki juga mendonasikan 1 unit APV, 1 unit Ertiga, 1 unit Karimun Wagon R dan 2 unit Mega Carry Karoseri. Ke-5 mobil tersebut diberikan kepada SMK Perguruan Cikini 3 – Jakarta, SMK Fadilah – Jakarta, SMK Patriot – Pituruh, Jawa Tengah dan Universitas Muhammadiyah – Yogyakarta.

Suzuki Peduli Pendidikan merupakan program rutin Suzuki Indonesia yang sudah dilakukan sejak 2015. Hingga tahun lalu, tercatat sudah 365 unit mobil yang telah didonasikan kepada institusi-institusi pendidikan di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, Suzuki Peduli Pendidikan juga memberi kesempatan kepada siswa dan mahasiswa untuk berkunjung dan melihat langsung proses produksi di pabrik-pabrik Suzuki di Indonesia. Sampai Maret 2020, sudah lebih dari 50.000 siswa dan mahasiswa yang telah berkunjung ke pabrik Suzuki. Namun tahun ini, karena adanya pandemi Covid-19, kegiatan kunjungan tersebut tidak dapat dilaksanakan.

“Kegiatan donasi ini merupakan bagian dari kampanye Suzuki Peduli Pendidikan yang rutin kami lakukan. Kami berupaya membantu pengembangan dunia pendidikan melalui donasi kendaraan praktikum, dengan harapan dapat menunjang dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta berkontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia Indonesia terutama pada industri otomotif,” ujar Giri Triatmojo, Administration Director PT SIM.

Di akhir acara acara perayaan ulang tahun ke-50 yang dikemas secara virtual, President Director PT SIM/SIS Seiji Itayama menyampaikan harapan besarnya untuk Suzuki. “Kami berterima kasih kepada seluruh pihak, terutama konsumen, yang selalu mendukung Suzuki hingga mampu menginjak usia ke-50 di Indonesia. Saya harap perayaan ini mampu membuat seluruh elemen perusahaan semakin solid agar tetap bisa memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia,” tutup Itayama.

 

Teks: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *