Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR NEWS - PANGSA PASAR HINO

Semester 2, Hino Bidik 65% Pangsa Pasar Medium Duty Truck

Hino Indonesia masih mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar medium duty truck selama 16 tahun berturut-turut pada penjualan Januari-Mei 2016, dengan mengoleksi penjualan 3.771 unit atau menguasai market share sebesar 59,07%.

BestCar Indonesia – Di tengah keadaaan pasar yang tertekan dan ekonomi yang melambat, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) masih optimis mematok target menguasai 65% pangsa pasar untuk segmen medium duty truck dan 20% untuk segmen light duty truck pada di Semester II tahun 2016.

Menurut Santiko Wardoyo, Direktur Sales dan Promosi HMSI, dalam kondisi seperti ini para pelaku industri otomotif — terutama kendaraan komersial — berharap pada belanja pemerintah dan proyek-proyek infrastruktur yang akan dijalankan. Diharapkan ekonomi dapat terdorong dan pasar kendaraan komersial kembali bergairah. Untuk mencapai target tersebut, lanjutnya, HMSI fokus pada segmen swasta seperti industri cargo atau distribusi. Selain itu, sektor goverment melalui e-catalog juga ikut digenjot untuk memenuhi kebutuhan pemerintah akan kendaraan komersial. Hino juga terus memperkuat jaringan penjualan dan purna jualnya, dengan menambah beberapa showroom baru di kawasan perindustrian dan kota-kota yang strategis. Hingga akhir tahun nanti Hino akan memiliki 170 outlet showroom di seluruh Indonesia.

Sejauh ini Hino Indonesia tetap mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar medium duty truck selama 16 tahun berturut-turut pada penjualan Januari-Mei 2016. Tercatat selama periode tersebut Hino mampu mengoleksi penjualan sebanyak 3.771 unit atau menguasai market share sebesar 59.07% untuk segmen medium duty truck.

Hasil yang menggembirakan juga terlihat dari segmen light duty truck yang melalui produk unggulanya, Hino Dutro, mampu meraih market share 21% atau membukukan penjualan 4.594 unit pada periode Januari-Mei 2016. Hasil ini lebih baik jika dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai 18%.

Secara total, pasar kendaraan komersial selama Januari-Mei 2016 mengalami penurunan 18% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pasar medium duty truck tercatat turun sebanyak 12%, dari 7.226 unit kendaraan yang terjual pada tahun lalu menjadi 6.384 unit pada tahun ini. Sementara untuk segmen light duty truck anjlok lebih dalam lagi, yaitu sebanyak 20% — dari penjualan 27.194 unit pada tahun lalu menjadi hanya 21.881 unit pada tahun ini. Penurunan pasar ini tentunya berdampak pada semua pelaku bisnis kendaraan komersial.

“Kondisi pasar di Indonesia yang belum stabil dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang belum terlihat, tentunya berdampak besar pada dunia bisnis. Penurunan pasar kendaraan komersial cukup signifikan pada tahun ini, namun market share kami selama Januari-Mei 2016  dapat meningkat menjadi 21% untuk Hino Dutro, sementara Hino Ranger tetap bertahan di angka 59%,” ungkap Santiko Wardoyo.

Santiko mengakui, hasil positif tersebut tidak terlepas dari produk-produk terbaik dengan beragam pilihan yang diberikan kepada pelanggan untuk mempermudah menjalankan bisnisnya, serta layanan purna jual yang prima dan didukung dengan jaringan penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia. Tercatat selama periode Januari-Mei 2016 Hino membuka showroom baru dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Part ) di Sorong dan Cakung, sehingga secara total kini terdapat 159 outlet Hino di seluruh Indonesia.

Teks: Dandy Abitama

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *