Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
RoyalEnfieldKembar-1

Royal Enfield Kenalkan Interceptor INT 650 dan Continental GT 650

Produk ikonik dan legendaris dengan dua karakter berbeda – Roadster dan Café Racer, dengan mesin dua silinder modern pertama Royal Enfield 650. Keduanya diklaim sebagai sepeda motor yang multifungsi, menyenangkan,  lincah, dan terjangkau.

BestCar Indonesia – Royal Enfield, brand global terkemuka di segmen sepeda motor berkapasitas menengah (250cc-750cc), membangkitkan kembali warisan legendarisnya dengan meluncurkan sepeda motor dua silinder modern terbaru; Interceptor INT 650 dan Continental GT 650 di gelaran EICMA Motor Show 2017 di Milan, Italia.

“Kedua produk kembar ini sangat penting dalam invasi global Royal Enfield, yang memiliki tujuan untuk memimpin dan memperluas segmen sepeda motor berkapasitas menengah (250-750cc) secara global. Royal Enfield Interceptor INT 650 dan Continental GT 650 akan membantu pertumbuhan pasar di segmen ini. Sementara untuk basis pelanggan terbesar kami di India, kedua sepeda motor ini dapat menjadi sasaran upgrade yang menarik,” papar Siddhartha Lal, CEO Royal Enfield.

Siddhartha meyakini kedua produk terbaru Royal Enfield tersebut akan menarik pelanggan dari pasar berkembang lainnya, seperti di Asia Tenggara dan Amerika Latin, untuk berpindah ke segmen sepeda motor berkapasitas menengah. “Selain itu, the 650 twins juga akan menawarkan pilihan baru bagi para pelanggan di pasar sepeda motor yang telah maju seperti Eropa, Australia dan Amerika Utara. Bagi kami, ini menandai awal babak baru bagi Royal Enfield,” tambahnya.

Interceptor INT 650 mengusung konsep berkendara santai yang populer pada tahun 1960-an di sekitaran pantai California, Amerika Serikat. Interceptor sendiri memiliki sejarah tersendiri yang cukup spektakuler sebagai sepeda motor Royal Enfield pertama yang dirancang khusus untuk pasar Amerika. Konsep ini meraih popularitas besar di California, dimana sepeda motor jenis ini erat dengan budaya santai, surfer, dan hippie. Ini adalah gerakan ikonik dan inspirasi di balik terciptanya Interceptor INT 650.

Dengan tangki bahan bakar klasik model tear-drop shaped, jok kembar berlapis dan setang lebar yang kokoh, Interceptor INT 650 tampak gagah layaknya sebuah roadster. Chassis cradle berlapis baja khusus membuat Interceptor INT 650 terlihat sebagai sepeda motor multifungsi, yang diklaim sangat cocok dikendarai di dalam kota maupun untuk berjalan-jalan santai saat akhir pekan.

Royal Enfield Interceptor INT 650

Royal Enfield Interceptor INT 650

Bentuk setang yang lebar menawarkan posisi berkendara nyaman dengan posisi riding yang pas, sehingga memungkinkan pengendara untuk memanfaatkan kegesitan sasis motor ini. Ban depan dan belakang menggunakan Pirelli, dengan twin shock absorbers serta rem cakram yang telah berbekal sistem ABS (Anti-Lock Braking System) di depan dan belakang. Interceptor INT 650 memiliki ground clearance 174mm dan tinggi jok 804mm, sehingga menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih unggul.

Sebagai sumber tenaga, Interceptor INT 650 mengusung mesin dua silinder modern berkapasitas 650cc pertama dari Royal Enfield. Platform anyar tersebut adalah single overheadcam, 8 valve, berpendingin udara, dengan dua silinder paralel berkapasitas 648cc yang menghasilkan daya 47bhp dan torsi 52Nm. Mesin ini memiliki kekuatan performa pada putaran rendah hingga menengah, yang merupakan karakter dari mesin-mesin Royal Enfield – yakni, torsi yang mudah dijangkau pada rentang putaran rendah.

Hal baru lain yang dimiliki Royal Enfield Interceptor INT650 adalah transmisi enam tingkat kecepatan (6-speed) yang khusus dikembangkan untuk sepeda motor ini. Transmisi diperkuat dengan kopling ‘slip/assist’ yang akan memudahkan saat berkendara, karena membuat kopling menjadi ringan saat kondisi jalan macet, selain mencegah loncatan roda saat menurunkan gigi — ini juga merupakan fitur pertama bagi Royal Enfield. Sementara itu, chassis motor dikembangkan oleh Harris Performance. Sepeda motor ini telah dirancang sedemikian rupa untuk dapat menangani berbagai medan jalan dan responsif, namun tetap mempertahankan gaya klasiknya.

“Interceptor INT 650 membawa sejarah legendaris Royal Enfield ke abad 21. Pada intinya sepeda motor ini mempertahankan desain dan karakter old-schoolnya, namun dikembangkan dengan seluruh basis mesin yang modern serta gabungan karakter yang lincah, kokoh, ergonomis dan stylish. Bagaimanapun, Interceptor INT 650 lebih dari sekadar kendaraan, motor ini dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi Anda saat mengendarainya,” papar Siddhartha Lal.

Berbeda dengan Interceptor INT 650 yang bergaya old-school, Royal Enfield Continental GT 650 terbaru tetap mempertahankan karakter café racer yang kuat dengan membawa inovasi baru dari sisi teknis dan desain. Memang, seluruh mesin, chassis, dan spare parts cenderung sama dengan kembarannya, Interceptor INT 650, namun dengan kenyamanan dan gaya yang berbeda.

Continental GT adalah sebuah ode bagi para café racers di tahun 50-an. Café racers lahir di tahun 1950-an seiring dengan berkembangnya budaya balap pada masa itu. Para pembalap membeli sepeda motor dan melepas beberapa bagiannya agar menjadi ringan dan aerodinamis. Continental GT 650 terbaru ini menampilkan kembali warisan pembalap café racer Royal Enfield yang otentik. Hal ini mempertahankan tampilan khas sepeda motor saat menunjukkan performa dari segi riding dan handling.

Royal Enfield Continental GT 650

Royal Enfield Continental GT 650

Continental GT 650 memiliki sandaran depan yang gagah, serta kesan sporty dan speedy yang kuat. Kenyamanan yang ditawarkan Continental GT 650 meliputi setang tengah (mid-level) yang mudah dijangkau, memberikan perpaduan optimal kemudi serta kapasitas tangki bensin hingga 12,5 liter. Sama seperti Interceptor INT 650, Continental GT 650 juga dilengkapi rem cakram depan dan belakang dengan ABS. Lengan knalpot dan sandaran kaki belakang memberikan tampilan sudut ramping di sepeda motor ini, yang tentunya menjadi karakter esensial bagi seorang café racer.

Jok tunggal, sculpted tank, dan clip-on bars turut melengkapi tampilan otentik dari sepeda motor ini. Pengendara serasa dapat ‘menyatu’ dengan mesin, baik saat berkendara santai ke luar kota, maupun saat menggesekan lutut ke aspal di tikungan tajam dan jalan memutar.

“GT telah lama menjadi sepeda motor ikonik dalam portofolio Royal Enfield. Sejak diluncurkan pada tahun 2013, Continental GT telah membantu brand Royal Enfield dalam memperkuat posisinya di pasar sepeda motor dunia yang telah maju.Dalam avatar barunya, Continental GT 650 menandai karakter café racer yang sempurna, yang tentunya akan sangat digemari oleh para riders di seluruh dunia,” ungkap Rudratej (Rudy) Singh, Presiden, Royal Enfield, yang mengaku Continental GT 650 sebagai favoritnya.

Menurut Simon Warburton, Head of Product Development Royal Enfield, mesin 650 twin terbaru beserta kedua model Royal Enfield terbaru ini dikembangkan di Pusat Teknologi terbaru Royal Enfield di Inggris (UK Technology Centre/UKTC) berkolaborasi dengan tim teknis dan desain di Chennai, India. Seluruh platform, termasuk mesin dan chassis, telah melewati proses pengujian dan validasi yang ketat selama proses pengembangan produk di pusat uji trek balap kelas dunia dengan para pembalap profesional.

“Tidak hanya diuji di trek balap dan jalan umum, produk kami juga diuji di laboratorium.Dengan pengujian lebih dari satu juta kilometer sebelum produksi, lebih dari 70 pengujian berbeda telah dilakukan pada komponen chassis kendaraan maupun komponen individu. Teknik CAE modern dan sistem CAD telah diterapkan selama pengembangan sasis serta data logging dan analisis yang komprehensif pun telah dilakukan. Transmisi juga telah melalui uji coba yang ekstensif, menghasilkan pergeseran yang optimum, andal, quiet notch-free dan rasio spasi yang sempurna. Sepeda motor ini telah diuji untuk segala kondisi berkendara yang sesungguhnya baik di Eropa maupun di India,” ungkapnya.

Yang jelas, baik Continental GT 650 maupun Interceptor INT 650 akan tersedia dalam berbagai warna dan dua gaya berbeda – Standard dan Retro Custom. Sebanyak 11 pilihan telah dikembangkan dengan tujuan untuk menarik para riders yang menyukai karakter klasik maupun modern. Rangkaian warna Standard terinspirasi dari sepeda motor di tahun 50-an dan 60-an.Sedangkan Retro Custom memiliki versi grafis dan warna yang lebih tegas. Di ajang EICMA 2017, Interceptor INT 650 tampil perdana dengan warna Orange Crush dan Continental GT 650 dengan tema warna Ice Queen.

Untuk melengkapi dua rangkaian sepeda motor terbaru ini, hadir pula berbagai variasi gear dan apparel yang terinspirasi dari sejarah legendaris Royal Enfield, namun disesuaikan dengan gaya yang lebih kontemporer. Dengan potongan dan siluet yang diambil dari konteks budaya dimana brand ini berasal, tersedia koleksi baru untuk Clymer dan the Spirit Jacket yang menggambarkan desain klasik serta fleksibilitas dari kedua sepeda motor ini. Koleksi lainnya meliputi t-shirts, helm dengan gaya klasik, sepatu terbuka maupun tertutup, sepatu boot, serta sneakers dengan Covert Cordura Jeans dan Streetborn Gloves yang memadukan gaya klasik dengan fungsionalitas kontemporer.

Continental GT 650 dan Interceptor INT 650 juga memiliki rangkaian aksesoris sepeda motor Royal Enfield (Genuine Motorcycle Accessories) yang dapat memberikan kenyamanan, perlindungan, hingga melengkapi gaya berkendara bagi para riders. Rangkaian aksesoris ini meliputi jenis fungsional dan pelindung seperti engine guards, lifting handle, pannier mounts, dan port listrik tambahan. Selain itu tersedia pula chrome & stainless steel silencer slip-ons, acrylic fly-screen, single & twin-seat cowls, soft canvas panniers, dan lain sebagainya. Seluruh aksesoris motor ini juga telah dikembangkan dan diuji bersamaan dengan sepeda motor di kondisi medan jalan sesungguhnya.

Teks : Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *