Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
HondaJuara-1

Rio SB Juarai Seri I ‘Honda Jazz Speed Challenge 2017’Rio SB Juarai Seri I ‘Honda Jazz Speed Challenge 2017’

Dari kelas Master, Rio SB (Honda Racing Indonesia) berhasil finish terdepan unggul di atas M. Ferrel Fadhil Pratama (Watch Studio Racing Team) di posisi dua dan Zharfan Rahmadi (ZR Motorsport) di posisi tiga.

HondaJuara-3

BestCar Indonesia Sederet pebalap berbakat Indonesia, Rio SB, Andika Rama Maulana dan Muhammad Luthfi HP berhasil menggondol gelar juara di ajang Honda Jazz Speed Challenge 12 seri perdana yang berlangsung pada Minggu, 26 Maret 2017 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dari kelas Master, Rio SB (Honda Racing Indonesia) berhasil finish terdepan unggul di atas M. Ferrel Fadhil Pratama (Watch Studio Racing Team) di posisi dua dan Zharfan Rahmadi (ZR Motorsport) di posisi tiga.

Sementara itu di kelas Rising Star, Andika Rama Maulana (Honda Bandung Center) memenangkan kompetisi kelas ini setelah mengungguli dua pembalap dari AJM Racing Team, Sendy Setiawan dan Hendra Bonank. Selanjutnya di kelas Promotion, balapan dimenangkan oleh Muhammad Luthfi HP (De Most Racing Team) di seri pertama tahun ini. Posisi kedua diraih oleh Timo Deni Boy Manja (Privateer) dan posisi ketiga diduduki oleh Rio R Bramantio (B16 AP Speed).

Tahun ini Honda juga kembali mengadakan ‘Honda Brio Speed Challenge 5’ dan untuk seri pertama ini dimenangkan oleh Muhammad Arief Hidayat dari De Most Racing Team. Arief berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Irvan Fauzie (Privateer) di posisi dua dan Huga Laverda Labib (Privateer) di posisi tiga.

HondaJuara-2

“Konsistensi Honda mendukung dunia balap Indonesia dapat dilihat dari hadirnya Honda Jazz Speed Challenge 12 dan Honda Brio Speed Challenge 5 di tahun ini. Kedua ajang ini semakin memperlihatkan kemampuan para pebalap berbakat Indonesia dan semakin kompetitif sehingga memicu para pebalap untuk meraih juara di seri-seri selanjutnya,” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor menuturkan (HPM).

Honda telah menegaskan konsistensinya di dunia balap Indonesia dengan kembali berpartisipasi di ajang Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017, yang pembukaannya digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, 24 Maret 2017 lalu. Pada ajang ini, Honda kembali hadir dengan menggelar balap “One Make Race Honda Jazz Speed Challenge” yang telah memasuki musim ke-12 dan “Honda Brio Speed Challenge” yang memasuki musim ke-5. Tak hanya itu, tim Honda Racing Indonesia yang telah berlaga di Sentul selama 15 tahun terakhir juga kembali turun di kelas Indonesia Touring Car Championship.

HondaJuara-5

“Honda Jazz Speed Challenge” yang sudah dimulai sejak tahun 2006 merupakan ajang balap ‘One Make Race’ yang paling lama dan paling konsisten di ISSOM. Pada musim balap 2017 ini, Honda Jazz Speed Challenge kembali diperkuat oleh para pebalap dari kelas Master (Seeded A – profesional), para pebalap muda berbakat dari kelas Rising Star (Seeded B – amatir) dan juga Promotion (non seeded – pemula).

Kompetisi tahun ini akan semakin kompetitif dengan adanya sistem perhitungan poin yang baru. Jika pada musim sebelumnya poin hanya diberikan berdasarkan pembagian kelas, pada musim ini ditambahkan poin berdasarkan urutan finish secara keseluruhan, tanpa melihat pembagian kelas. Sistem ini berlaku untuk poin pada setiap seri maupun secara total di akhir musim.

“Honda Jazz Speed Challenge” musim 2017 akan berlangsung sebanyak 6 seri, memperebutkan total hadiah sebesar Rp 531.000.000. Pada musim 2016, gelar juara ‘Honda Jazz Speed Challenge’ berhasil diraih oleh Rio SB dari tim Honda Racing Indonesia. Sementara itu, ‘Honda Brio Speed Challenge’ juga kembali digelar dan memasuki tahun ke-5. Pada ajang ini, para pebalap menggunakan Honda Brio 1.2L. Pada musim lalu, di kelas ‘Honda Brio Speed Challenge’ yang menggunakan mobil New Honda Brio 1.2L dimenangkan oleh Sektiyo Hamiseno (Dax Racing).

Musim balap ’Honda Brio Speed Challenge’ 2017 juga akan digelar sebanyak 6 seri dengan total hadiah sebesar Rp 156.500.000. Sebagai tambahan, para pebalap yang berlaga dengan New Honda Brio 1.2 liter, berkesempatan mendapatkan hadiah khusus, berupa:

  • Rp 5.000.000,- untuk Rookie of The Year
  • Rp 5.000.000,- untuk Best Lap of The Year
  • Rp 5.000.000,- untuk Fastest Lap Record
  • Rp 5.000.000,- untuk  Most Improved Laptime
  • Rp 5.000.000,- untuk Most Improved Position

Pada musim ini, Honda juga hadir melalui tim Honda Racing Indonesia yang akan kembali berlaga dalam kejuaraan balap paling bergengsi, yaitu Indonesia Touring Car Championship (ITCC). Seperti musim lalu, tim Honda Racing Indonesia masih diperkuat oleh duo juara nasional, Alvin Bahar dan Rio SB, yang akan menggunakan Honda Jazz sebagai mobil balap mereka. Pada musim lalu, Tim Honda Racing Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara konstruktor serta gelar juara Nasional di kelas ITCC 1500 melalui Rio SB, dan juara di kelas ITCC 1600 Max yang diraih oleh Alvin Bahar.

HondaJuara-7

Catatan lainnya, sedan legendaris All New Honda Civic Turbo menjadi official car pada enam seri balap ISSOM 2017 yang dimulai pada hari Minggu, 26 Maret 2017. All New Honda Civic Turbo akan menjadi ‘Safety Car’ untuk mengawal keselamatan para peserta balap. All New Honda Civic Turbo mempunyai karakter dominan dengan mesin bertenaga besar dan responsif, berbagai fitur canggih serta mesin turbo, sehingga mobil ini sesuai dengan perannya pada ISSOM 2017 sebagai Safety Car.

HondaJuara-6

Turunnya All New Honda Civic sebagai Safety Car meneruskan tradisi mobil-mobil Honda sebagai official car di ISSOM. Sebelumnya, mobil Sport-Hybrid Honda CR-Z digunakan sebagai Safety Car ajang balap ini sejak musim 2013. Pada musim ini, Honda CR-Z masih akan digunakan sebagai COC (Clerk of The Course) atau mobil ofisial dan komite balap.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *