Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Toyota All New Kijang Innova 2016: Beyond Technology, Beyond Model … Beyond Price!

FLINNOVA1

BestCar Indonesia – PT Toyota-Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi meluncurkan Toyota All New Kijang Innova, Senin (23/11), di Hotel Fairmont Jakarta. Peluncuran Toyota All New Kijang Innova di Indonesia ini sekaligus merupakan ‘world premier’.

Mengusung tema ‘The Legend Reborn’, All new Innova tampil berbeda secara signifikan dari pendahulunya. Dikembangkan dengan platform yang sama sekali baru, All new Innova memiliki desain dan performa yang jauh meninggalkan karakter generasi sebelumnya, apalagi dengan mesin dan berbagai fitur teknologi kendaraan kelas atas yang menyajikan aura kemewahan premium.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT TAM Hiroyuki Fukui menegaskan All New Kijang Innova juga mengusung semangat Toyota terbaru, “Lets go beyond”, yang mencerminkan upaya Toyota menghadirkan berbagai produk baru sesuai dengan kebutuhan konsumen.  “All New Kijang innova hadir dengan beyond technology, beyond model, dan beyond service demi kepuasan konsumen yang lebih tinggi bahkan lebih baik dari generasi terdahulu,” ujar Fukui membanggakan produk terbarunya.

“Dalam semangat baru Toyota, “Let’s Go Beyond”, pelanggan tidak lama lagi akan segera bisa menikmati kemewahan yang kami hadirkan di All New Kijang Innova.  Dengan platform desain dan performa yang sama sekali berbeda, mobil ini akan membawa pelanggan meloncat ke jenjang kepuasan lebih tinggi, jauh di atas level generasi sebelumnya,” tambah Hiroyuki Fukui.

Meski begitu, kata Fukui, Kijang Innova terbaru ini tetap mempertahankan ‘DNA’ Kijang sebagai kendaraan legendaris dengan karakter yang mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat Indonesia yang makin meningkat.  “Bertabur fitur berteknologi kelas atas, All New Kijang Innova akan memberikan kenyamanan dan keamanan yang di luar dugaan atau di luar ekspektasi pelanggan, dan siap menjadi legenda baru Indonesia,” kata Fukui.

Diakui atau tidak, kehadiran All New Kijang Innova tidak saja akan memberi warna baru pada perkembangan pasar MPV di dalam negeri, tapi sekaligus makin menegaskan posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi strategis segmen MPV dalam peta Toyota Global. Ini terlihat dari dipilihnya Indonesia sebagai negara yang diberi kesempatan pertama untuk memperkenalkan Toyota Innova (world premier) yang kini telah menjadi produk global Toyota.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo bahkan mengatakan pihaknya optimistis dapat menjual 5.000 unit All New Kijang Innova per bulan. “Setelah tiga bulan pengenalan All New Kijang Innova, kami menargetkan penjualan produk tersebut rerata 4.000 unit per bulan, sama seperti produk sebelumnya,” ujarnya.

Samulo mengklaim, di segmen multi purpose vehicle (MPV) Kijang Innova selama ini menguasai pangsa pasar hingga 80%. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari hingga Oktober 2015, total penjualan di segmen MPV mencapai 43.321 unit. Toyota Kijang Innova sendiri mencapai 32.851 unit, diikuti oleh Nissan Grand Livina sebanyak 6.265 unit, Honda Freed 2.925 unit, dan Isuzu Panther 1.160 unit.

Hadir dengan 3 tipe, yaitu G, V dan Q (New Top Grade), semua line-up All New Kijang Innova dibekali mesin berbahan bakar bensin sekelas sedan berkapasitas 2.0 L dengan teknologi dual VVT-I dan mesin Diesel baru tipe GD berkapasitas 2.4 L yang didukung teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo)  dan Intercooler. Dilengkapi dengan transmisi otomatis terbaru 6-speed, All New Kijang Innova juga menjadi MPV Medium pertama di Indonesia yang dilengkapi  fitur penunjuk pola  mengemudi (drive mode) — Normal, Eco Mode, dan Power Mode — yang selama ini hanya digunakan di segmen sedan kelas atas. Bahkan pada line-up  bertransmisi otomatis (A/T),  transmisi 6-speed-nya didukung teknologi Sport Sequential Shiftmatic yang diklaim membawa aura ‘fun to drive’.

HIGHLIGHT
Plus (+)
  • Interior dan fitur
  • Desain eksterior
  • Mesin diesel
  • Safety
Minus (-)
  • Trim/tipe
  • Harga
Kesimpulan

Semua berubah dan serba baru, membuat MPV 7-penumpang andalan Toyota ini bisa dibilang naik ke kelas yang lebih premium, meski tetap bermain di segmen yang sama. Namun dengan harga tipe tertinggi yang mendekati banderol Toyota Fortuner, Toyota mesti berhitung agar nasib penjualannya tak seperti varian bensin 2.7-liter dalam line-up Innova generasi pendahulunya.

Secara keseluruhan, All New Kijang Innova yang merupakan generasi keenam Kijang Innova ditawarkan dalam 3 tipe yaitu G, V, dan Q yang merupakan tipe baru sekaligus tertinggi. Dibandingkan dengan Innova model sebelumnya, berarti ada dua tipe yang dihilangkan, yaitu J dan E. Masing-masing tipe terdiri dari dua pilihan mesin, berbahan bakar bensin dan solar (diesel), serta dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-speed dan otomatis 6-speed. Dengan demikian, ada 12 tipe utama All New Kijang Innova yang ditawarkan. Uniknya, All New Kijang Innova juga ditawarkan dalam varian Luxury (Lux) pada tipe G dan V. Sehingga, secara keseluruhan bisa dibilang Kijang Innova generasi keenam ini sebetulnya memiliki 20 tipe.

“Berbeda dengan Innova model sebelumnya, All New Kijang Innova kini hanya memiliki tiga tipe, yaitu G, V dan Q. Tipe terendah J dan E seperti pada generasi sebelumnya kini tidak lagi ada, dan tipe tertinggi saat ini yaitu Q,” ungkap Direktur Pemasaran PT TAM, Rahmat Samulo.

FLINNOVA2

Dengan tipe dan sub-tipe sebanyak itu, harga All New Kijang Innova juga bervariasi di antara Rp 282 juta hingga Rp 423,8 juta. Tentu saja, banderol varian diesel lebih mahal dibandingkan versi bensin. Tipe G bensin yang merupakan tipe terendah ditawarkan dengan harga Rp 282 juta (M/T) dan Rp 302,2 juta (A/T), sedangkan tipe G varian diesel termurah ditawarkan dengan harga Rp 310,1 juta (M/T) dan Rp 331,6 juta (A/T). Line-up tipe G hanya dibekali headlamp model bohlam, ABS dan EBD, velg 16inci, mode pengendaraan Eco mode dan Power mode, interior minimalis dengan audio 7inci, telah dibekali steering switch control dan voice command, AC dengan kontrol manual model kenop, MID biasa, dan bangku 3 baris dengan konfigurasi biasa.

Sementara tipe V varian bensin termurah ditawarkan dengan harga Rp 325,6 juta (M/T) dan Rp 345,2 juta (A/T). Sedangkan tipe V varian diesel ditawarkan dengan banderol Rp 357,5 juta (M/T) dan Rp 377,3 juta (A/T). Jajaran tipe V memiliki audio 8inci yang dilengkapi DLNA, Miracast dan HDMI, cluster instrument dengan TFT MID yang dikendalikan lewat steering switch control, auto outter mirror dan welcome light, illumination LED roof, cabin tray dan Auto AC Climate Control. Namun seperti tipe G, jajaran bangku tiga barisnya masih menganut konfigurasi konvensional.

FLINNOVA3

Paling mahal tentu saja tipe tertinggi Q, yang ditawarkan dengan harga Rp 364,7 juta (M/T) dan Rp 384,8 juta (A/T) untuk varian bensin. Sementara varian dieselnya ditawarkan dengan banderol Rp 402,4 juta (M/T) dan Rp 423,8 juta (A/T). Sebagai tipe tertinggi, jajaran tipe Q dibekali LED projector headlamp, interior dengan aksen kayu dan alumunium, captain seat, smart close back door, follow me home, auto power window di semua jendela, start stop system, dan immobilizer dengan smart entry key. Bahkan untuk tipe Q diesel ada tambahan fitur VSC, HAS, dan velg 17inci.

Varian Bensin

TIPE HARGA
2.0 G M/T Rp282.000.000,00
2.0 G A/T Rp302.200.000,00
2.0 G M/T Luxury Rp286.400.000,00
2.0 G A/T Luxury Rp306.600.000,00
2.0 V M/T Rp325.600.000,00
2.0 V A/T Rp345.200.000,00
2.0 V M/T Luxury Rp331.300.000,00
2.0 V A/T Luxury Rp350.900.000,00
2.0 Q M/T Rp364.700.000,00
2.0 Q A/T Rp384.800.000,00

Varian Diesel

TIPE HARGA
2.4 G M/T Rp310.100.000,00
2.4 G A/T Rp331.600.000,00
2.4 G M/T Luxury Rp314.500.000,00
2.4 G A/T Luxury Rp336.000.000,00
2.4 V M/T Rp357.500.000,00
2.4 V A/T Rp377.300.000,00
2.4 V M/T Luxury Rp363.200.000,00
2.4 V A/T Luxury Rp383.000.000,00
2.4 Q M/T (Diesel) Rp402.400.000,00
2.4 Q A/T (Diesel) Rp423.800.000,00

Dari segi desain eksterior, pengembangan kendaraan terbaru Toyota ini didasarkan pada tema Grand Tourer dengan tampilan elegan dan gagah menghadirkan desain karakter yang modern dan dinamis. Tampilan eksterior All new Kijang Innova terlihat berubah secara dramatis dengan gabungan antara ergonomik sebuah MPV serta ketangguhan sebuah SUV.

FLINNOVA4

Secara keseluruhan, dimensi All new Kijang Innova 2016 mengalami sedikit perubahan. Panjang totalnya kini menjadi 4.735mm, dengan lebar 1.830mm, tinggi 1.795mm, namun tetap mempertahankan panjang whellbase 2.750mm. Tampilan luarnya kini cenderung ke arah SUV ketimbang pendahulunya yang masih kental dengan aura MPV sejati. Selain lebih sporty, juga lebih memancarkan aura lebih mewah dan eksklusif.

FLINNOVA5

FLINNOVA6

Pada bagian depan, grille besar berbentuk segi enam dengan beberapa garis horizontal kecil yang menganut bahasa desain keen look  mampu meningkatkan tampilan jadi lebih berkelas. Apalagi dengan paduan corak krom pada grille dan hitam di bagian bawahnya, makin mengentalkan kesan mewah. Juga sentuhan lampu depan model proyektor (masih mengadopsi lampu halogen pada tipe G dan V, dan LED pada tipe Q) yang ditambahkan lis di bagian atas serta lampu daytime running light berteknologi LED di dekat grille. Sedangkan lampu sein kini pindah ke bawah, menyatu dengan lampu kabut teintegrasi di bumper.

FLINNOVA7

Bentuk bonnet All new Kijang Innova juga lebih agresif dan sporty berkat lekukan tegas di sisi kanan dan kiri yang menyatu dengan grille. Hal menarik lainnya adalah adanya 3 sirip di setiap sisi. Satu sirip letaknya di pilar A dekat spion samping dan dua lainnya di lampu rem. Ketiga sirip ini berfungsi sebagai penunjang daya tekan saat mobil melaju, sehingga menghasilkan stabilitas yang lebih baik.

FLINNOVA8

Di bagian buritan terdapat lampu belakang berbasis LED dengan desain bergaya terpisah pada pilar dan panel pintu belakang. Khusus untuk tipe tertinggi (Q Diesel dan bensin), Toyota lagi-lagi member sentuhan aksen krom pada plat nomor untuk menguatkan kesan ‘wah’.

Toyota menawarkan enam pilihan warna untuk All New Kijang Innova, yaitu Alumina Jade, Attitude Black, Avant Garde BronzeDark Grey Mica Metallic, Silver Metallic, dan Super White.

FLINNOVA9 FLINNOVA10 FLINNOVA11 FLINNOVA12 FLINNOVA13 FLINNOVA14

Di bagian dalam kabin, interior All New Kijang Innova mengedepankan konsep ‘living room’ yang menampilkan dashboard berpadu bersama meter cluster baru yang memberikan beragam informasi melalui MID secara lebih komprehensif dan ergonomis. Sentuhan aksen kayu di dashboard  makin menguatkan kesan eksklusif dan mewah.

Ada beberapa perbedaan interior dari masing-masing tipe All New Kijang Innova. Tipe terendah G misalnya, tersedia kompartemen penyimpanan botol minuman dan tombol audio control di lingkar kemudi. Secara keseluruhan, desain interior tipe G ini disebut sebagai Grande Instrumen Panel Design.

FLINNOVA16

Tipe G juga telah dibekali kemudi dengan sistem tilt and telescopic, sehingga jauh lebih mudah memperoleh posisi mengemudi yang paling sesuai. Di luar itu, tipe G dilengkapi sistem audio layar sentuh berukuran 7inci yang terintegrasi dengan USB, Bluetooth, voice command, AUX, dan radio.

FLINNOVA15FLINNOVA21 FLINNOVA22

Sementara tipe V yang mengusung tema “Premium Instrumen Panel Design” memiliki Bedanya, dashboard yang lebih stylish, dengan panel dan bentuk meter cluster modern. Menariknya lagi, pada baris kedua terdapat Illumination LED yang mencuatkan nuansa mewah. Fitur hiburan pada tipe V mencakup perangkat audio dengan layar sentuh berukuran 8inci plus smartphone connectivity MiraCast, voice command, Bluetooth, HDMI, web browser, dan Toyota Movie.

FLINNOVA17 FLINNOVA18

Semua fitur pada tipe V tersedia juga pada tipe Q sebagai tipe tertinggi. Bedanya, dashboard tipe Q yang hadir dengan nuansa “Elegant Instrumen Panel Design” terasa lebih elegan karena dikombinasikan dengan aksen panel kayu pada bagian tengahnya. Seperti pada tipe V, tipe Q dibekali sistem audio mumpuni yang mampu memutar file digital melalui USB, ponsel, koneksi Bluetooth, hingga voice command. Keunggulan lainnya, tipe Q telah dilengkapi smart entry key dan all-auto window. Pengaturan pendingin udara (AC) juga bisa menyesuaikan dengan kondisi suhu di dalam kabin. Untuk tipe tertinggi ini, penumpang juga dimanjakan dengan Captain Seat serta Illuminated roof LED.

FLINNOVA19 FLINNOVA20

O ya, semua tipe All New Kijang Innova dilengkapi tiga moda pengendaraan -- yaitu Normal (untuk pengendaraan normal), Eco (untuk pengendaraan yang lebih ekonomis), dan Power (untuk pengendaraan yang lebih dinamis) -- yang selama ini hanya digunakan di segmen sedan kelas atas.

FLINNOVA23 FLINNOVA25

Seperti fitur kenyamanannya, fitur-fitur safety (keselamatan) dan security (keamanan) All new Kijang Innova 2016 jauh meningkat dibanding pendahulunya. Kini All new Kijang Innova dibekali dengan ISOFIX (baby’s safety belt), SRS airbag (3-titik untuk tipe G dan V, 7-titik untuk tipe Q), pengereman dengan ABS dan EBD, Vehicle Stability Conttrol (VSC) dan Hill Assist Control (HAC), serta light and key remind warning.

FLINNOVA26

Tentu saja, fitur safety dan security yang ada pada All new Kijang Innova tipe tertinggi Q (diesel maupun bensin) merupakan yang terlengkap, mencakup anti-theft system, door ajar warning, light and key remind warning, seat belt warning, back sonar, seatblet di masing-masing baris kursi, ISOFIX & tether anchor, ABS & EBD, SRS Airbag, VSC+HAC, dan emergency brake signal.

FLINNOVA27

FLINNOVA28

FLINNOVA29

FLINNOVA30

FLINNOVA31

Toyota menawarkan dua pilihan mesin untuk All new Kijang Innova 2016, yaitu mesin berbahan bakar bensin dan solar alias mesin diesel. Mesin bensin yang digunakan berkode 1TR-FE dengan kapasitas tetap 1.998cc (2.0L) seperti yang digunakan pendahulunya. Bedanya, mesin 1TR-FE pada All New Kijang Innova mengalami perubahan teknologi dari VVT-I menjadi Dual VVT-I, yang diklaim lebih baik dan lebih irit dibandingkan model sebelumnya.

Memproduksi tenaga 139hp dengan torsi puncak 183Nm (18,8kgm), mesin 1TR-FE All new Kijang Innova memiliki tenaga 3hp lebih besar dan ekstra torsi 0,1kgm ketimbang pendahulunya. Bukan cuma lebih bertenaga, menurut Executive Chief Engineer Toyota Motor Corporation, Hiroki Nakajima yang datang pada acara peluncuran All new Kijang Innova, mesin bensin berteknologi dual VVT-I ini juga lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Nah, yang menarik adalah mesin diesel All new Kijang Innova 2016. Merupakan mesin yang sama sekali baru dari GD-series, mesin berkode 2GD-FTV berkapasitas 2.393cc (2.4L) ini didukung teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) dengan intercooler, menghasilkan tenaga 149hp serta torsi 34,9kgm (pada varian bertransmisi manual 5-speed) dan 36,7kgm (pada varian bertransmisi otomatis 6-speed). Toyota mengklaim, mesin diesel ini memberikan performa yang dahsyat namun tetap efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Meski kapasitasnya lebih kecil ketimbang mesin diesel pada Innova terdahulu,  tenaga mesin diesel 2GD-FTV ini justru lebih besar 47hp (dari 102hp menjadi 149hp). Begitu pula torsinya yang meningkat 10,2kgm (pada varian M/T) dan 14,5kgm (pada varian A/T) dibandingkan Innova generasi sebelumnya.

Menurut Nakajima, salah satu keunggulan mesin diesel anyar yang sengaja dikembangkan dalam proyek IMV Toyota ini berkat penggunaan teknologi VNT dengan Intercooler. “Ini adalah salah satu mesin diesel paling powerful yang dimiliki Toyota dengan kapasitas di bawah 3.000cc,” ungkapnya.

Konsumen All new Kijang Innova 2016 mendapat pilihan transmisi otomatis terbaru 6- speed dan transmisi manual 5-speed. All New Kijang Innova juga menjadi mobil MPV Medium pertama di Indonesia yang dilengkapi fitur penunjuk pola  mengemudi (drive mode) yaitu, Normal, Eco Mode dan Power Mode yang selama ini hanya digunakan di mobil segmen sedan kelas atas. Bahkan di line-up transmisi otomatis (A/T), transmisi 6 speed-nya didukung teknologi Sport Sequential Shiftmatic (mode manual-matik perpindahan gear yang lebih sporty) untuk yang membawa aura ‘fun to drive’ dalam pengendaraannya.

FLINNOVA32

Harus diakui, meski hanya sempat menjajal All new Kijang Innova sebagai penumpang di sirkuit pengetesan milik Toyota di Toyota City, Aichi, Jepang, akhir Oktober lalu, saya bias merasakan perpindahan antar gear trnasmisi otomatis 6-speed ini terasa halus, lebih responsif dan minim efek entakkan.

Suara mesin diesel 2GD-FTV saat awal berakselerasi boleh dibilang jauh lebih halus dan senyap ketimbang versi mesin diesel pada Innova terdahulu. Hanya sayup-sayup terdengar, bahkan cukup sulit membedakannya dengan suara mesin bensin. Namun suara kasar khas diesel mulai terdengar menembus kabin ketika bukaan putaran mesin menyentuh di atas 2.500rpm. Untunglah kesenyapan kabin kini jauh lebih baik.

Saat melintasi jalan tidak rata di sirkuit berbentuk oval milik Toyota itu, ayunan suspensi -- masih mempertahankan penggunaan suspensi depan double wishbone dengan per spiral dan stabilizer di bagian depan serta 4-link dengan per spiral dan lateral rod di bagian belakang -- masih terasa nyaman untuk penumpang belakang maupun depan. Tidak terasa ada peningkatan yang signifikan dibanding Innova pendahulunya. Begitu pula saat melewati jalan berlubang, benturan antara ban dan lintasan tidak begitu mengganggu kenyamanan.

Peningkatan justru terasa pada stabilitas ketika bermanuver tajam. Gejala limbung pada All new Kijang Innova jauh berkurang dibanding pendahulunya, terutama ketika berpindah jalur secara tiba-tiba dalam kecepatan cukup tinggi. Sepertinya fitur Vehicle Stability Conttrol (VSC) yang disematkan pada All new Kijang Innova berperan besar membantu stabilitas MPV 7-seater andalan Toyota ini.

FLINNOVA33