New Honda Mobilio 2016

BestCar Indonesia – PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan New Honda Mobilio di Jakarta, 19 Januari 2016. Versi facelift Honda Mobilio ini tampil dengan beberapa perubahan pada eksterior, interior serta melengkapi berbagai fitur baru dibanding yang telah ditawarkan sebelumnya.
HPM mengklaim New Honda Mobilio kini tampil dengan perubahan pada desain interior terbaru dengan perubahan total pada desain panel dashboard l, desain meter cluster baru yang dilengkapi dengan Multi Information Display, Digital A/C, serta sistem audio baru yang canggih. Sementara di sektor eksterior New Honda Mobilio tampil dengan desain kaca spion baru yang dilengkapi lampu sein serta desain baru velg alloy 15. Lainnya diberi sentuhan stylish dengan aksen krom mewah pada bagian exhaust pipe finisher (kanlpot/muffler), door lower garnish, rear license garnish dan fog lamp garnish.
“Sejak awal Honda Mobilio dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Karena itu, kami terus memantau dan mempelajari kebutuhan dan permintaan konsumen untuk pengembangan produk, sehingga mobil ini dapat terus memenuhi keinginan serta menjadi andalan lebih banyak keluarga di Indonesia,” papar Tomoki Uchida, President Director PT HPM.
Honda Mobilio pertama kali diperkenalkan di dunia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), 19 September 2013, kemudian mulai dikirimkan untuk konsumen di Indonesia pada bulan Januari 2014. Dalam kurun waktu dua tahun, Honda Mobilio telah mencatat penjualan sebanyak 122.220 unit di seluruh Indonesia, dengan pangsa pasar sebesar 17% di segmen Low MPV.
Menurut Marketing & Aftersales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy, Honda Mobilio telah diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia karena menawarkan banyak kelebihan dan keunggulan yang sebelumnya tidak ditemukan di model lain di kelasnya. Misalnya dari desain yang sporty, desain interior terbaru yang kini tampil kian menawan serta modern, kabin yang lega dan fleksibel, bahan bakar yang irit, dilengkapi dengan fitur keselamatan yang tinggi, serta harga yang terjangkau. “Konsumen Honda Mobilio juga menginginkan tampilan yang lebih mewah, terutama di dalam kabin. Karena itu, perubahan pada New Honda Mobilio kami fokuskan untuk menghadirkan ruang kabin dengan desain yang lebih mewah serta memberikan tingkat kenyamanan lebih tinggi kepada konsumen,” papar Jonfis.
HIGHLIGHT | |
Plus (+) |
|
Minus (-) |
|
Kesimpulan | Dengan selisih harga Rp 2 juta - Rp 4,5 juta lebih mahal dari pendahulunya, banderol New Honda Mobilio 2016 alias Mobilio Facelift cukup fair, mengingat ubahan baru yang mendominasi sektor interior dan penambahan fitur lumayan fungsional membuat tampilannya lebih mewah dan berkelas, tak lagi terkesan murahan seperti kabin Mobilio yang beredar saat ini. |
Di sektor eksterior, New Honda Mobilio menggunakan konsep Dual-Solid Motion yang merupakan perpaduan garis bodi dinamis dengan glassy cabin yang memberikan nuansa sporty dan visibilitas luas. Seluruh kaca kini menggunakan green glass yang mampu menolak sinar ultraviolet (UV) sebagai fitur standar, wiper belakang, serta lampu depan berdesain baru.
[caption id="attachment_3470" align="aligncenter" width="886"] Spion tipe RS[/caption]
[caption id="attachment_3471" align="aligncenter" width="886"] Spion tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3472" align="aligncenter" width="960"] Bumper belakang tipe RS[/caption]
[caption id="attachment_3473" align="aligncenter" width="850"] Velg tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3474" align="aligncenter" width="960"] Lampu rem atas tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3475" align="aligncenter" width="960"] Head lamp (tipe E Prestige)[/caption]
[caption id="attachment_3476" align="aligncenter" width="960"] Kamera Belakang[/caption]
Honda juga menyematkan banyak aksen krom untuk mencuatkan kesan mewah pada Mobilio facelift ini, walaupun buat beberapa konsumen justru terkesan berlebihan. Di antaranya pada bagian exhaust pipe finisher (knalpot), door lower garnish, rear license garnish, serta fog lamp garnish. Ubahan baru lainnya terlihat pada kaca spion dengan desain baru yang dilengkapi dengan lampu sein, velg alloy ukuran 15inci berdesain baru pada tipe E CVT Prestige dan tipe RS.
Khusus untuk New Honda Mobilio tipe RS, Honda menawarkan elemen sporty pada bagian eksteriornya serta desain interior dengan nuansa dinamis namun tetap mewah bagi keluarga. Sama-sama menggunakan konsep Dual Solid Motion seperti tipe lainnya, perbedaan dengan tipe S dan Prestige terlihat dari desain bumper depan dan belakang bergaya sporty serta chrome grill dan sporty side under spoiler. Begitu pula dengan tailgate spoiler yang sporty dan kaca spion berdesain baru. Di bagian atap tipe RS kini ada tambahan roof moulding garnish.
[caption id="attachment_3477" align="aligncenter" width="960"] Rear garnish dan lampu belakang tipe E CVT[/caption]
[caption id="attachment_3478" align="aligncenter" width="960"] Green glass pada semua tipe[/caption]
New Mobilio tipe RS juga mengusung lampu depan (headlamp) dengan desain lebih sporty berukuran lebar yang memberikan rasa tenang dan nyaman saat berkendara. Projector Headlight-nya dilengkapi LED light guide, mencuatkan tampilan yang lebih advanced dan modern sekaligus memberikan penerangan lebih jelas.
[caption id="attachment_3479" align="aligncenter" width="736"] Foglamp tipe E Prestige[/caption]
Begitu pula dengan sektor kaki-kaki. Tipe RS dibekali velg alloy ukuran 15inci dengan desain yang sporty dan menunjang kenyamanan berkendara. Selain itu, New Honda Mobilio RS juga dilengkapi dengan wiper di kaca belakang, memberi pandangan yang lebih jelas dan nyaman pada kondisi hujan. Di bagian belakang, desain lampu yang tegas memberi penampilan yang semakin modern ditambah dengan reflektor belakang yang sporty. High Mount Stop Lamp yang menggunakan LED menjadikannya lebih ‘eye-catching’ dan berkesan mewah.
Pilihan warna untuk New Honda Mobilio mencakup Lunar Silver Metallic sebagai warna baru, lalu Brilliant Sporty Blue Metallic, Modern Steel Metallic, Ionized Bronze Metallic, Crystal Black Pearl dan Tafetta White. Sementara untuk New Honda Mobilio RS terdapat pilihan warna Passion Red Pearl sebagai warna baru, selain White Orchid Pearl, Lunar Silver Metallic, Ionized Bronze Metallic, Crystal Black Pearl dan Modern Steel Metallic.
[caption id="attachment_3519" align="aligncenter" width="1000"] Brilliant Sporty Blue Metallic[/caption]
[caption id="attachment_3481" align="aligncenter" width="1000"] Crystal Black Pearl[/caption]
[caption id="attachment_3482" align="aligncenter" width="1000"] Ionized Bronze Metallic[/caption]
[caption id="attachment_3483" align="aligncenter" width="1000"] Lunar Silver Metallic (warna baru)[/caption]
[caption id="attachment_3484" align="aligncenter" width="1000"] Modern Steel Metallic[/caption]
[caption id="attachment_3485" align="aligncenter" width="1000"] Tafetta White[/caption]
[caption id="attachment_3486" align="aligncenter" width="1000"] Passion Red Pearl (warna baru tipe RS)[/caption]
[caption id="attachment_3487" align="aligncenter" width="1000"] Lunar Silver Metallic (tipe RS)[/caption]
Secara keseluruhan, bisa dibilang desain interior New Honda Mobilio tampil lebih mewah dan berkualitas, dengan ruang kabin lebih lega dan nyaman. Perubahan paling signifikan terlihat pada desain dashboard baru yang kini menggunakan model yang sama dengan Honda BRV. Bedanya, dashboard New Honda Mobilio 2016 menggunakan warna two tone dengan lapisan atas dashboard dilabur kelir abu-abu gelap. Sedangkan bagian bawah, kursi, dan door trim tetap menggunakan warna Beige.
[caption id="attachment_3488" align="aligncenter" width="960"] Dashboard Mobilio tipe RS[/caption]
[caption id="attachment_3489" align="aligncenter" width="960"] Dashboard Mobilio tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3490" align="aligncenter" width="768"] AC double blower[/caption]
Meter cluster kini berdesain baru, dengan Multi Information Display (MID), digital A/C tanpa moda otomatis dan AC double blower di semua tipe (termasuk tipe terendah, S), sistem audio video double din baru; monitor dengan layar sentuh 6,2inci yang kompatibel dengan berbagai format musik melalui media seperti AM/FM, CD, DVD, USB Port, iPod atau iPhone. Bahkan, ada pula fitur tambahan berupa kamera parkir belakang yang berfungsi untuk memberikan visibilitas belakang secara penuh pada layar touchscreen saat berjalan mundur. Sementara tipe E (M/T dan CVT) mendapatkan tambahan fitur berupa auto-up pada power window dan kamera mundur untuk tipe E CVT (sedangkan tipe E M/T sama seperti tipe S).
[caption id="attachment_3491" align="aligncenter" width="960"] Instrumen cluster Mobilio tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3492" align="aligncenter" width="886"] Instrumen cluster tipe RS[/caption]
Berbeda dengan tipe S dan E (termasuk tipe E CVT Prestige), desain Interior New Honda Mobilio tipe RS berwana hitam, mencuatkan kesan sporty dan mewah – juga membuatnya lebih mirip interior Honda BRV. Desain dashboard dirancang lebih atraktif, dengan meter cluster berdesain futuristik, terdiri dari 3 display meters yang memberikan informasi akurat agar mudah dilihat oleh pengemudi. Sementara Multi Information LCD Display menjadi layar informatif yang memberikan informasi secara real time mengenai rata-rata konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh perjalanan.
[caption id="attachment_3493" align="aligncenter" width="886"] Display AV pada tipe RS[/caption]
[caption id="attachment_3494" align="aligncenter" width="886"] Digital AC tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3495" align="aligncenter" width="960"] Audio steering pada tipe RS[/caption]
Meski sama-sama dibekali monitor dengan layar sentuh 6,2inci, New Honda Mobilio tipe RS mendapatkan koneksi smartphone yang dapat digunakan untuk menikmati audio dalam berbagai format, seperti DVD, CD, MP3, WMA, dan melalui USB, serta dapat juga terhubung dengan iPod, iPhone melalui USB port, Bluetooth, AUX input dan Phone Mirroring melalui HDMI. Juga ada tambahan fitur audio steering switch yang terdapat pada setir, memungkinkan pengemudi untuk mengatur berbagai fungsi pengaturan audio tanpa harus melepaskan tangan dari roda kemudi. Sementara tweeter speaker yang berada di sisi kanan dan kiri dekat dengan pilar kaca bagian depan menghadirkan tata suara yang lebih jernih.
[caption id="attachment_3496" align="aligncenter" width="960"] Tilt steering[/caption]
[caption id="attachment_3497" align="aligncenter" width="960"] Tweeter pada tipe RS[/caption]
[caption id="attachment_3498" align="aligncenter" width="960"] Center cup pada tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3499" align="aligncenter" width="960"] Monitor kamera belakang tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3500" align="aligncenter" width="960"] Monitor rear parking pada tipe RS[/caption]
[caption id="attachment_3501" align="aligncenter" width="960"] Day mirror tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3502" align="aligncenter" width="960"] Front cup[/caption]
[caption id="attachment_3503" align="aligncenter" width="960"] Glove tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3504" align="aligncenter" width="960"] Power window tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3505" align="aligncenter" width="960"] Rear seat pocket tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3506" align="aligncenter" width="960"] Side pocket tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3507" align="aligncenter" width="960"] Vanity mirror tipe E Prestige[/caption]
Ruang kabin New Honda Mobilio 2016, harus diakui, kini ekstra lapang dengan pengaturan bangku yang lebih fleksibel dibanding pendahulunya. Bangku-bangkunya sendiri cukup ergonomis, dengan material yang berkualitas. Kabin New Honda Mobilio didesain fleksibel lewat bangku-bangkunya yang dapat digeser, direbahkan, serta dilipat dengan satu sentuhan (One Touch Tumble Seat). Ruang bagasi pun dibuat luas dan fleksibel tanpa harus melipat kursi baris ketiga. Anda dapat meletakkan barang bawaan mulai dari 3 koper atau 4 galon air mineral -- bervolume 19 liter per galon -- dengan mudah. Desain ruang bagasi juga dirancang khusus agar barang bawaan tidak mudah jatuh saat pintu bagasi dibuka.
[caption id="attachment_3509" align="aligncenter" width="960"] Kabin Mobilio tipe RS[/caption]
[caption id="attachment_3510" align="aligncenter" width="960"] Pelipatan kursi sistem ‘one touch’[/caption]
[caption id="attachment_3511" align="aligncenter" width="960"] Kursi baris tengah[/caption]
[caption id="attachment_3512" align="aligncenter" width="960"] Leg room baris tengah yang cukup memadai[/caption]
[caption id="attachment_3513" align="aligncenter" width="960"] Kursi baris tengah mudah digeser[/caption]
[caption id="attachment_3514" align="aligncenter" width="960"] Sandaran kursi belakang bisa direbahkan[/caption]
[caption id="attachment_3515" align="aligncenter" width="960"] Akses ruang bagasi[/caption]
[caption id="attachment_3516" align="aligncenter" width="960"] Penataan bagasi begitu mudah[/caption]
[caption id="attachment_3517" align="aligncenter" width="960"] Fleksibelitas dan daya tampung bagasi sangat memadai[/caption]
Dibanding Mobilio pendahulunya, New Honda Mobilio dilengkapi sistem keselamatan (safety) dan keamanan (security) yang lebih baik. Sebagai fitur keselamatan standar, low-MPV terbaru andalan Honda ini dibekali Dual SRS Airbags dan G-CON + ACETM, teknologi orisinil Honda yang dapat meredam dan menyalurkan benturan hebat saat terjadi tabrakan. Kabin dirancang dengan struktur rangka terdepan, yang diklaim Honda mampu memberikan perlindungan menyeluruh meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran.
Sabuk keselamatan (seatbelt) kini mengaplikasi model pretensioner with load limiter. Ketika terjadi tabrakan keras, pretensioner seatbelt akan mengencang sehingga tubuh tetap berada pada posisinya dan mencegah gerakan dada ke depan. Sedangkan load limiter berfungsi mengurangi tekanan yang berlebih dan mencegah cedera pada bagian dada, serta memastikan posisi tubuh jatuh tepat pada airbag yang mengembang.
Fitur keselamatan standar lainnya mencakup ABS (Anti-lock Braking System) yang mencegah penguncian roda pada kondisi pengereman mendadak. Juga fitur EBD (Electronic Brake-force Distribution) yang mendistribusikan daya pengereman sesuai dengan beban kendaraan, agar lebih efektif. Honda bahkan membekali New Mobilio facelift dengan fitur ISOFIX & Tether yang berfungsi untuk mengunci kursi bayi pada bangku baris kedua kendaraan. Yang terbaru, kini semua tipe New Mobilio telah memperoleh auto door lock by speed. New Honda Mobilio tipe RS bahkan dilengkapi pula dengan rear camera (kamera belakang) yang semakin memudahkan pengendara ketika memarkir kendaraan.
Sebagai fitur keamanan (security) standar, New Honda Mobilio 2016 kini dilengkapi kunci canggih Wave Key dengan Immobilizer dan Security Alarm yang berfungsi untuk mencegah pencurian. New Honda Mobilio juga telah melalui uji tabrak menyeluruh di fasilitas Honda Motor-Real World Crash Test.
Di balik bonnet-nya, New Honda Mobilio 2016 masih menggunakan mesin yang sama seperti pendahulunya, Honda i-VTEC SOHC 1.5L, 16 valve, 4-silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 118PS (88Kw) pada putaran mesin 6.600 per menit (rpm) dan torsi puncak tertinggi di kelasnya sebesar 145Nm (14,8kg.m) yang responsif pada putaran mesin 4.600 per menit. Mesin ini juga didukung teknologi drive by wire, yaitu sistem elektronik yang mengontrol buka tutup throttle valve (katup throttle) untuk menghasilkan akselerasi maksimal yang presisi namun tetap hemat bahan bakar. New Honda Mobilio juga dilengkapi dengan fitur ECO Indicator yang berfungsi untuk mendeteksi dan memberikan informasi secara real time mengenai cara mengemudi yang hemat bahan bakar.
Sebagai penerus daya mesin ke roda depan (seperti pendahulunya, New Mobilio juga tetap mengusung sistem penggerak roda-depan atau Front Wheel Drive/FWD), ditawarkan dua pilihan transmisi untuk setiap tipe: manual 5-speed dan CVT (Continuous Variable Transmission). Seperti produk baru Honda lainnya, transmisi CVT New Mobilio juga dilengkapi teknologi Earth Dreams Technology yang menghasilkan perpindahan antar-gear (gigi) lebih halus, performa mesin yang maksimal, serta konsumsi bahan bakar lebih efisien. Honda mengklaim New Honda Mobilio memiliki emisi gas buang yang rendah dan telah lulus uji EURO-2 dari pemerintah Indonesia, bahkan telah memenuhi standar EURO-4.
Di bagian kaki-kaki, New Honda Mobilio masih mengandalkan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam seperti pendahulunya. Bermanuver juga diklaim semakin lincah berkat sistem Electric Power Steering (EPS) yang meringankan setir pada kecepatan rendah dan mantap pada kecepatan tinggi.
Seperti Mobilio pendahulunya, sistem penggerak roda-depan (FWD) penggerak roda depan diklaim mampu memberikan akselerasi yang lebih responsif, minim getaran, stabil, dan hemat bahan bakar. New Honda Mobilio juga memiliki ground clearance dengan ketinggian 189mm (hampir 19cm), cocok untuk kondisi jalan Indonesia baik di dalam maupun luar kota. Sayangnya, Honda juga tetap mengandalkan rem model drum (tromol) untuk roda belakang.
MESIN | Honda Mobilio S | Honda Mobilio E | Honda Mobilio E CVT | Honda Mobilio E Prestige | Honda Mobilio RS CVT | Honda Mobilio RS |
Tipe | 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW | 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW | 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW | 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW | 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW | 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW |
Sistem Suplai Bahan Bakar | PGM-FI | PGM-FI | PGM-FI | PGM-FI | PGM-FI | PGM-FI |
Diameter x Langkah | 73,0 mm x 89,4 mm | 73,0 mm x 89,4 mm | 73,0 mm x 89,4 mm | 73,0 mm x 89,4 mm | 73,0 mm x 89,4 mm | 73,0 mm x 89,4 mm |
Isi Silinder | 1496 | 1496 | 1496 | 1496 | 1496 | 1496 |
Perbandingan Kompresi | 10,3 : 1 | 10,3 : 1 | 10,3 : 1 | 10,3 : 1 | 10,3 : 1 | 10,3 : 1 |
Power Maksimum | 87 Kw (118 PS) / 6.600 rpm | 87 Kw (118 PS) / 6.600 rpm | 87 Kw (118 PS) / 6.600 rpm | 87 Kw (118 PS) / 6.600 rpm | 87 Kw (118 PS) / 6.600 rpm | 87 Kw (118 PS) / 6.600 rpm |
Torsi Maksimum | 14,8 kg.m (145Nm) /4.800 rpm | 14,8 kg.m (145Nm) /4.800 rpm | 14,8 kg.m (145Nm) /4.800 rpm | 14,8 kg.m (145Nm) /4.800 rpm | 14,8 kg.m (145Nm) /4.800 rpm | 14,8 kg.m (145Nm) /4.800 rpm |
DIMENSI | Honda Mobilio S | Honda Mobilio E | Honda Mobilio E CVT | Honda Mobilio E Prestige | Honda Mobilio RS CVT | Honda Mobilio RS |
PanjangxLebarxTinggi | 4,386m x 1,683m x 1,603m | 4.386mm x 1.683mm x 1.603mm | 4.386mm x 1.683mm x 1.603mm | 4.386mm x 1.683mm x 1.603mm | 4.398mm x 1.683mm x 1.603mm | 4.398mm x 1.683mm x 1.603mm |
TRANSMISI | Honda Mobilio S | Honda Mobilio E | Honda Mobilio E CVT | Honda Mobilio E Prestige | Honda Mobilio RS CVT | Honda Mobilio RS |
Tipe | 5 Speed | 5 Speed | CVT | CVT | CVT | 5 Speed |
1 | 3,461 | 3,461 | 3,484 ~ 0,562 | 3,484 ~ 0,562 | 3,484 ~ 0,562 | 3,461 |
2 | 1,869 | 1,869 | 3,484 ~ 0,562 | 3,484 ~ 0,562 | - | 1,869 |
3 | 1,235 | 1,235 | 3,484 ~ 0,562 | 3,484 ~ 0,562 | - | 1,235 |
4 | 0,948 | 0,948 | 3,484 ~ 0,562 | 3,484 ~ 0,562 | - | 0,948 |
5 | 0,809 | 0,809 | 3,484 ~ 0,562 | 3,484 ~ 0,562 | - | 0,809 |
Reverse | 3,307 | 3,307 | 3,999 | 3,999 | 3,999 | 3,307 |
Final Gear | 4,750 | 4,750 | 3,941 | 3,941 | 3,941 | 4,750 |
SISTEM KEMUDI | Honda Mobilio S | Honda Mobilio E | Honda Mobilio E CVT | Honda Mobilio E Prestige | Honda Mobilio RS CVT | Honda Mobilio RS |
Sistem | Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS) | Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS) | Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS) | Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS) | Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS) | Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS) |
Tilt Steering | Ada | Ada | Ada | Ada | Ada | Ada |
SISTEM SUSPENSI | Honda Mobilio S | Honda Mobilio E | Honda Mobilio E CVT | Honda Mobilio E Prestige | Honda Mobilio RS CVT | Honda Mobilio RS |
Suspensi Depan | MacPherson Strut | MacPherson Strut | MacPherson Strut | MacPherson Strut | MacPherson Strut | MacPherson Strut |
Suspensi Belakang | H-Shape Torsion Beam | H-Shape Torsion Beam | H-Shape Torsion Beam | H-Shape Torsion Beam | H-Shape Torsion Beam | H-Shape Torsion Beam |
SISTEM REM | Honda Mobilio S | Honda Mobilio E | Honda Mobilio E CVT | Honda Mobilio E Prestige | Honda Mobilio RS CVT | Honda Mobilio RS |
ABS + EBD | ||||||
Rem Depan | Ventilated Disc | Ventilated Disc | Ventilated Disc | Ventilated Disc | Ventilated Disc | Ventilated Disc |
Rem Belakang | Drum | Drum | Drum | Drum | Drum | Drum |
SISTEM BAN | Honda Mobilio S | Honda Mobilio E | Honda Mobilio E CVT | Honda Mobilio E Prestige | Honda Mobilio RS CVT | Honda Mobilio RS |
Ban | 185 / 65 R15 | 185 / 65 R15 | 185 / 65 R15 | 185 / 65 R15 | 185 / 65 R15 | 185 / 65 R15 |
Roda | Trim Wheel 15" x 5 1/2 J | Alloy Wheel 15" | Alloy Wheel 15" | Alloy Wheel 15" Prestige | Alloy Wheel 15" | Alloy Wheel 15" |
FITUR EKSTERIOR | Honda Mobilio S | Honda Mobilio E | Honda Mobilio E CVT | Honda Mobilio E Prestige | Honda Mobilio RS CVT | Honda Mobilio RS |
Front Lamp | Halogen Headlight | Halogen Headlight | Halogen Headlight | Halogen Headlight | Projector Headlight | Projector Headlight |
Fog Lamp | ||||||
Door Mirror | Body Color | Body Color (with LED Turning Signal) | Body Color (with LED Turning Signal) | Body Color (with LED Turning Signal) | Body Color (with LED Turning Signal) | Body Color (with LED Turning Signal) |
FITUR INTERIOR | Honda Mobilio S | Honda Mobilio E | Honda Mobilio E CVT | Honda Mobilio E Prestige | Honda Mobilio RS CVT | Honda Mobilio RS |
Audio | Single DIN AM/FM Radio, Single Disc MP3/WMA + AUX Input | Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA, CD Player + USB Port + AUX Input + Made for iPhone | Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA, CD Player + USB Port + AUX Input + Made for iPhone | 6,1" Touch Screen Display, AM/FM Radio, Single Disc MP3/WMA, CD/DVD Player + USB Port + AUX Input Connect wit iPhone App Mode (need additional cable and only for iPhone 4 and 4s) | 6,1" Touch Screen Display, AM/FM Radio, Single Disc MP3/WMA, CD/DVD Player + USB Port + AUX Input Connect wit iPhone App Mode (need additional cable and only for iPhone 4 and 4s) | 6,1" Touch Screen Display, AM/FM Radio, Single Disc MP3/WMA, CD/DVD Player + USB Port + AUX Input Connect wit iPhone App Mode (need additional cable and only for iPhone 4 and 4s) |
Multi Information LCD Display (MIL) | ||||||
ECO Assist |
FITUR KESELAMATAN | Honda Mobilio S | Honda Mobilio E | Honda Mobilio E CVT | Honda Mobilio E Prestige | Honda Mobilio RS CVT | Honda Mobilio RS |
Struktur Rangka Bodi | G-CON + ACE | G-CON + ACE | G-CON + ACE | G-CON + ACE | G-CON + ACE | G-CON + ACE |
Side Impact Beam | ||||||
Pedestrian Protection | ||||||
Dual Front SRS Airbags |
SISTEM KEAMANAN | Honda Mobilio S | Honda Mobilio E | Honda Mobilio E CVT | Honda Mobilio E Prestige | Honda Mobilio RS CVT | Honda Mobilio RS |
Key Type | Wave Key | Wave Key | Wave Key | Wave Key | Wave Key | Wave Key |
Immobilizer | ||||||
Alarm System |
New Honda Mobilio ditawarkan dalam tiga varian, masing-masing dengan pilihan transmisi manual (M/T) dan transmisi otomatis (CVT): tipe S bertransmisi manual (M/T), tipe E (E M/T, E CVT, dan E CVT Prestige), serta tipe RS (RS M/T dan RS CVT). Masing-masing varian/tipe dibanderol dengan harga berikut ini, dengan perbandingan harga lamanya (harga belum termasuk tambahan biaya untuk pemilihan warna).
Tipe
Harga
Harga Lama
Dari tabel perbandingan harga di atas, terlihat secara keseluruhan New Honda Mobilio alias Honda Mobilio ‘facelift’ dibanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan model sebelumnya untuk semua tipe. Jika dihitung, rata-rata hanya naik sekitar Rp 4 juta (kecuali untuk tipe E CVT Prestige yang hanya terpaut sekitar Rp 2 juta, dan tipe RS CVT yang terpaut sekitar Rp 4,5 juta). It’s fair enough, mengingat ubahan baru yang mendominasi sektor interior (terutama dashboard yang jauh lebih mewah dan berkualitas dibanding pendahulunya yang masih terkesan murahan) dan penambahan fiturnya lumayan fungsional (termasuk tipe S yang kini memperoleh AC double blower).
[caption id="attachment_3467" align="aligncenter" width="1000"]
Tipe E Prestige[/caption]
[caption id="attachment_3468" align="aligncenter" width="1000"]
Tipe RS[/caption]
[caption id="attachment_3469" align="aligncenter" width="1000"]
Tipe S[/caption]
Seperti pada produk Honda lainnya, dari segi after sales, New Honda Mobilio dilengkapi dengan program Paket Cermat Plus yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa kepemilikan kendaraan ini. Paket Cermat (Cerdas-Hemat) Plus merupakan paket perawatan berkala yang lengkap untuk pengguna New Honda Mobilio tipe RS. Dengan membeli paket ini, konsumen akan mendapatkan fasilitas gratis biaya perawatan berkala selama 3 tahun/50.000km atau 6 tahun/100.000km dan kendaraan juga akan dilindungi oleh garansi standar Honda sampai dengan tahun ke 5 /140.000km.
Dengan penambahan mulai dari Rp 8.150.000 di awal pembelian kendaraan, konsumen akan mendapatkan seluruh manfaat dari Paket Cermat Plus. Selain itu juga akan mendapatkan manfaat tambahan berupa perpanjangan masa Honda Experience sampai dengan total 5 tahun sejak pembelian kendaraan.