Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

All New Mitsubishi Triton 2015

mitsubisho-triton-2015

BestCar Indonesia – Di pasar Indonesia, cikal bakal Mitsubishi Triton mulai ‘mengaspal’ sejak tahun 2002 silam dengan model pertama L200 pick-up. Sementara di pasar dunia malah sudah beredar sejak 1978. Itu berarti sudah lebih dari 37 tahun Triton beredar di dunia dan lebih dari 13 tahun di Indonesia.

triton1

Di pasar nasional, pikap Mitsubishi L200 Strada terus meraih sukses hingga akhir 2006, sebelum Mitsubishi melahirkan generasi penerus dengan nama baru, Mitsubishi Strada Triton, pada 2007. Hingga saat ini Strada Triton menjadi market leader di segmen kendaraan pick-up 4×4 nasional, mencapai populasi lebih dari 50.000 unit di seluruh Nusantara dan meraih sedikitnya 15 penghargaan dari media otomotif. Nama Strada sendiri tetap dipakai dalam beberapa tahun terakhir untuk mempromosikan Triton di Indonesia. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), pemegang merek Mitsubishi di Indonesia, secara resmi baru menghilangkan nama ‘Strada’ dan menggantinya dengan Triton ketika meluncurkan Mitsubishi All-New Triton di Paramount Land, BSD, Senin (10/8-2015) lalu.

Menurut Head of Public Relation PT KTB, Intan Vidiasari, dihilangkannya nama Strada karena nama Triton sudah lebih kuat di mata para konsumennya di Indonesia. Nama Triton sendiri, lanjut Intan, terkait dengan segmen kendaraan tersebut, terutama dalam hal bobotnya. Triton berarti “tiga ton”, atau dengan kata lain menunjukkan bahwa pikap Mitsubishi ini merupakan mobil yang masuk segmen kendaraan ringan tiga-ton.

Sebagai penerus pick-up premium Strada Triton, All New Mitsubishi Triton 2015 merupakan generasi kelima dari keluarga Strada/Triton sejak tahun 1978. Meskipun menyasar segmen khusus (sektor fleet/armada) untuk perusahaan perkebunan, pertambangan sebagai pasar utama – sekitar 60% pikap Mitsubishi dipakai oleh konsumen perkebunan dan pertambangan, sementara sisanya pengguna pribadi — namun All New Triton kini tampil jauh lebih stylish plus kenyamanan ekstra layaknya mobil penumpang, untuk mengakomodasi bergesernya minat konsumen terhadap pikap tangguh yang juga bisa diandalkan untuk aktivitas harian, termasuk kegiatan lain seperti offroading, life style, atau perjalanan liburan.

triton2

Di pasar nasional, All-New Mitsubishi Triton bersaing dengan pick-up lainnya seperti All-New Nissan NP300 Navara, Isuzu D-Max, Ford Ranger, Mazda BT-50, dan Toyota Hilux – empat nama yang disebut terakhir konon bakal muncul model barunya bulan Agustus ini.

 

HIGHLIGHT
Plus (+)

Interior; eksterior; varian

 

Minus (-)

Fitur kenyamanan dan safety; mesin

Kesimpulan

Mitsubishi terlihat masih mengandalkan segmen fleet (armada) sebagai target utama All New Triton, meski menyadari ada pergeseran minat konsumen terhadap pikap sebagai passanger car harian untuk bisnis maupun hobi. Selain masih mengusung mesin lama tipe 4D56 – padahal tersedia mesin baru 4N15 2.4L berteknologi MIVEC seperti yang digunakan di pasar Thailand -- fitur-fitur kenyamanan dan safety pun masih kalah dibanding top of the line kompetitornya, Nissan Navara NP300.

KTB memperkenalkan All-New Mitsubishi Triton dalam lima varian, yakni:

  • HDX single-cab M/T (kabin tunggal) yang merupakan varian terbawah
  • HDX double-cab M/T (kabin ganda)
  • GLS double-cab M/T (kabin ganda)
  • Exceed M/T (kabin ganda)
  • Exceed A/T (kabin ganda) yang merupakan varian tertinggi

Semua tipe HDX dilengkapi fitur limited slip differential (LSD) mekanis di gardan belakang dan transmisi manual. Sementara varian GLS bertransmisi manual tampil dengan desain lebih elegan dibanding HDX. Sedangkan varian Exceed menjadi yang tertinggi dan cuma tersedia dalam bodi kabin ganda, dengan pilihan transmisi otomatis 5-speed dan manual 5-speed. Kelima varian ini dibekali sistem penggerak 4-roda (4X4/4WD) model part-time.

[caption id="attachment_5721" align="alignnone" width="700"]triton13 All New Mitsubishi Triton double-cab[/caption]

Pembagian varian ini, menurut Imam Choeru Chaya, Group Head of MMC Sales KTB dalam presentasinya, memang terkait dengan fungsinya. Exceed sebagai varian tertinggi lebih ditujukan pada pengguna hobi, aktifitas off-roading, dan life style. Sementara GLS yang merupakan varian menengah dengan tampilan lebih elegan dari varian HDX namun di bawah Exceed ditujukan untuk mendukung aktifitas bisnis penggunanya. Sedangkan varian HDX benar-benar ditujukan sebagai ‘work horse’ alias ‘kuda beban’ yang sangat ideal bagi penggunaan medan berat seperti di pertambangan dan perkebunan.

Perbedaan tujuan ini membuat tampilan ekterior, interior, dan kelengkapan fitur pada lima varian ini berbeda-beda. Di bagian eksterior misalnya, terlihat pada tampilan grille dan bumper, headlamp, fog lamp dengan bezel, injakan kaki (foot step) samping. Juga velg alloy 16inci yang dibalut ban ukuran 265/70 R16 (pada varian Exceed & GLS) dan 245/75 R16 (pada varian HDX). Begitu pula di sektor interior serta fitur. Pada varian GLS , interior lebih mewah dengan fitur kenyamanan dan safety yang lebih lengkap dibanding pada tipe HDX. Sementara varian Exceed mengusung interior yang paling mewah dengan fitur paling lengkap dibanding dua varian lainnya.

Lantaran fungsi dan tujuannya yang berbeda-beda, Mitsubishi juga membedakan output mesin ketiga varian utama All New Triton (HDX, GLS dan Exceed) meski mesin yang digunakan berbasis sama, tipe 4D56 4-silinder segaris, 2.477cc DI-D commonrail, DOHC, 16-katup, direct diesel injection turbocharger. Output mesin untuk varian Exceed mencapai 178hp dan 400Nm, sementara varian GLS hanya 136hp dan 324Nm, dan HDX paling kecil dengan 110hp dan 200Nm. Pilihan transmisi untuk 4 varian adalah model manual 5-kecepatan, dan hanya satu varian (Exceed A/T) yang menggunakan transmisi otomatis 5-kecepatan.

[caption id="attachment_5720" align="alignnone" width="700"]triton12 All New Mitsubishi Triton single-cab M/T[/caption]

 

Harga dan Varian Mitsubishi All New Triton
Varian Harga
Exceed A/T Rp 403.000.000
Exceed M/T Rp 389.000.000
GLS MT Rp 368.500.000
HDX Double Cabin Rp 345.000.000
HDX Single Cabin Rp 289.000.000

All New Mitsubishi Triton ditawarkan dengan lima pilihan warna, yaitu red solid, white solid, silver metallic, titanium gray metallic, dan deep black mica.

triton11

Secara keseluruhan, tampilan luar All New Mitsubishi Triton terlihat lebih modern dari pendahulunya. Desain eksterior All New Triton kini didominasi garis-garis tegas dan tajam dibanding Strada Triton generasi sebelumnya yang cenderung membulat. Perubahan paling mencolok terlihat di bagian depan, dengan grille chrome berdesain baru pada varian Exceed dan GLS dan berkelir hitam pada varian HDX. Grille chrome pada Exceed dan GLS memang memberi tampilan lebih stylish, tapi sekaligus mengurangi kesan macho All New Triton. Lalu fog lamp pada varian Exceed juga telah dilengkapi bezel sebagai ornamen. Sayangnya head lamp varian tertinggi (Exceed) tak memperoleh projector headlamp seperti pada varian termahal yang beredar di pasar Thailand.

triton4

triton6

 

triton3

Di bagian samping, ada tambahan over fender untuk tipe GLS dan Exceed, selain door handle berlapis chrome serta cover spion chrome yang dilengkapi dengan lampu sein dan auto folding. All New Triton kini juga dibekali velg berdiameter 16inci dengan desain baru. Sementara desain J-Line (yang memisahkan bodi kabin dengan bak belakang) kini lebih dioptimalkan. Selain memberi kesan lebih sporty dan modern, desain J-Line baru ini juga diklaim meningkatkan kemampuan bermanuver yang lebih baik karena menghasilkan radius putar (turning radius) lebih kecil (5,9meter, terkecil di kelasnya) dengan kabin tetap luas serta posisi duduk penumpang belakang lebih nyaman. Pada varian Exceed sudah tersedia side footstep sebagai fitur standar untuk mempermudah penumpang naik ke dalam kabin.

triton7

triton8

 

Mitsubishi juga memperpendek wheelbase All New Triton agar turning radius mobil ini makin kecil, walaupun konsekuensinya membuat overhang belakang sedikit lebih panjang. Perubahan lain eksterior juga terlihat pada ruang kargo (bak belakang) All New Triton yang mengalami pengembangan baik sisi panjang maupun tinggi tanpa mengurangi kenyamanan penumpang di kabin. Bak belakang semua varian double cabin (HDX, GLS, dan Exceed) kini bertambah 195mm (menjadi 1.520mm dari 1.325mm pada model sebelumnya) dan 45mm untuk yang single cabin (menjadi 2.265mm dari 2.220mm pada model sebelumnya). Sementara tinggi bak belakang juga bertambah 70mm (menjadi 475mm dari 405mm pada model sebelumnya) untuk single cabin maupun double cabin. Kualitas bahan pelapis bak belakang (bedliner) juga makin bagus, tidak mudah tergores dan cukup solid.

 

triton9

 

 

Di bagian buritan, perubahan terlihat pada lampu belakang kombinasi berdesain baru, handle pintu belakang berlapis chrome dengan lampu stop ‘high mount’ (pada varian Exceed dan GLS) serta footstep belakang dengan desain baru (hanya pada varian Exceed). Mitsubishi mengklaim, desain eksterior All New Triton secara keseluruhan kini lebih lebih aerodinamis dibanding pendahulunya.

 

triton10

 

triton14

Perubahan di sektor interior secara umum kini terlihat lebih mewah sekaligus sporty , terutama di bagian panel instrumen. Panel tengah dan trim pintu pada varian Exceed dan GLS kini memperoleh sentuhan warna Piano Black yang elegan. Desain dashboard-nya secara umum mirip dengan milik All New Mitsubishi Pajero Sport yang belum lama diluncurkan di Thailand. Meski material dashboard masih menggunakan bahan plastik keras, namun cukup tebal dan tidak terkesan murahan.

Seluruh jok pada varian Exceed dilapisi bahan kulit yang elegan dengan tulisan ‘Triton’ timbul di sandaran punggungnya, sementara varian GLS hanya memperoleh bahan fabric hi-grade, dan varian HDX dengan bahan vinyl. Jok depan dan belakang juga telah mengaplikasi model semi bucket yang diklaim membuat pengemudi dan penumpang lebih nyaman selama perjalanan. Apalagi pengaturan jok pengemudi sudah memenuhi standar dengan adanya fungsi sliding, reclining dan height adjuster. Seatbelt-nya pun sudah komplit dengan height adjuster. Selain itu masih ada arm rest yang dilengkapi cup holder di bagian tengah jok baris kedua (belakang) khusus untuk varian Exceed dan GLS.

O ya, Mitsubishi mengklaim leg room All New Triton merupakan yang terpanjang di kelasnya. Namun leg room untuk penumpang belakang jadi sangat terbatas jika jok depan dimundurkan penuh.

[caption id="attachment_5723" align="alignnone" width="700"]triton15 Dashboard All New Mitsubishi Triton varian tertinggi yang beredar di pasar Thailand[/caption]

Semua varian All New Triton juga dibekali glove box (laci utama di dashboard) yang bisa dibuka-tutup lewat tekanan jari Anda – pada varian Exceed malah dilengkapi damper, sehingga glove box terbuka secara perlahan. Konsol tengahnya juga bisa dibuka, dengan penutup tebal yang tidak mudah jatuh bahkan saat posisinya miring. Sebagai tempat penyimpanan barang, center console box All New Triton didesain berlapis, mampu menampung telepon selular di bagian atas dan lapisan yang lebih dalam bisa digunakan untuk menyimpan barang lainnya. Selain itu terdapat kantung penyimpanan di belakang jok depan serta tempat penyimpanan rahasia di bagian belakang jok belakang (pada tipe double cabin) untuk tools dan dongkrak.

triton16

Sayangnya, lingkar kemudi (setir) All New Triton terlihat sangat polos, dengan desain yang sama dengan Mitsubishi Mirage. Selain tombol klakson, tak ada tombol pengontrol audio dan cruise control seperti yang terdapat pada setir All New Triton yang beredar di pasar Thailand. Tapi setirnya dilengkapi fitur tilt and telescopic steering yang bisa disetel naik-turun dan maju-mundur. Di sebelah kanan setir ada tombol-tombol untuk mengatur posisi spion elektrik pada varian Exceed dan GLS. Juga power window model ‘auto-up’ pada kedua varian tersebut. Tak terlihat ada tombol start-stop engine dan peranti keselamatan aktif elektronik lainnya, seperti stability control. Untunglah panel instrumennya masih dibekali MID yang bisa menampilkan berbagai info tentang kendaraan

triton17

[caption id="attachment_5726" align="alignnone" width="700"]triton18 Tombol Start-Stop tak ditemui pada Triton yang beredar di Indonesia[/caption]

 

 

[caption id="attachment_5727" align="alignnone" width="700"]triton19 Dashboard All New Triton tipe single cabin[/caption]

Sebagai sarana hiburan, All New Mitsubishi Triton dibekali head unit double din JVC AM/FM, CD MP3 Player yang terkoneksi dengan iPod, USB, AUX dan Bluetooth sehingga bisa dihubungkan dengan smartphone, baik untuk memainkan musik atau melakukan fungsi telepon, dan remote control (pada varian Exceed). Sementara varian GLS hanya menerima head unit single din dengan 4 speaker dan 2 tweeter, dan varian HDX lebih ‘miskin’ lagi dengan head unit single din dengan 4 speaker (DC) dan 2 speaker (SC) tanpa koneksi Bluetooth. Varian Exceed juga dilengkapi LCD Multi Mode Meter yang menampilkan konsumsi bahan bakar, suhu udara luar, jarak tempuh, dan lain-lain. Sayangnya tak ada layar monitor dengan GPS, kamera parkir dan beberapa fasilitas lain seperti kebanyakan passanger car.

triton20

Di bagian bawah head unit, terdapat panel AC digital dengan mode auto climate control. Mitsubishi mengklaim system AC All New Triton menghasilkan volume angin maksimal yang lebih besar ketimbang model sebelumnya. AC dapat mencapai suhu yang diinginkan 62% lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

triton21

[caption id="attachment_5730" align="alignnone" width="700"]triton22 Tuas transmisi otomatis pada All New Mitsubishi Triton[/caption]

Tampilan keren disajikan oleh tuas transmisi matik pada varian Exceed A/T yang dilabur warna piano black. Cukup mewah, apalagi dikombinasi dengan selektor moda penggerak-roda (2H, 4H, dan 4L) model putar-tekan di belakangnya. Di bagian depan tuas transmisi masih disediakan pula tempat penyimpanan untuk smartphone, tempat kacamata di atap, dan dua cup holder di dekat rem tangan.

[caption id="attachment_5731" align="alignnone" width="700"]triton23 Selektor sistem penggerak-roda pada All New Mitsubishi Triton[/caption]

triton24

 

triton25

Mitsubishi telah mengembangkan fitur keselamatan (safety) dan keamanan (security) All New Triton lebih baik dari model pendahulunya. Pada sistem keselamatan pasif misalnya, All New Triton kini dibekali konstruksi ladder-frame yang lebih tebal dan lebih kuat dari pendahulunya plus collision energy absorbing joints untuk menyerap energi benturan. Sementara bodinya mengaplikasi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) dengan panel baja ‘high tensile’ yang mampu menyerap energi benturan untuk melindungi penumpang.

 

triton26

Seluruh varian All New Triton juga dibekali airbag dual SRS, collapsible steering column yang memungkinkan kolom setir terlipat ke dalam ketika terjadi benturan, dan fitur keamanan Immobilizer sebagai sistem anti-pencurian pada varian Exceed. Masih ada tambahan fitur safety berupa desain bentuk bumper depan yang telah dimodifikasi menghasilkan performa ‘water screen’. Desain bumper seperti ini diklaim mampu mengurangi cipratan air di kaca depan, menghasilkan visibilitas mengemudi lebih baik dan lebih aman ketika melewati genangan air.

Sedangkan sistem keselamatan aktif mencakup cakram rem depan yang dilengkapi ventilasi udara untuk meningkatkan sirkulasi udara agar cakram tidak mudah panas. Lalu fitur

ABS (Antilock Braking System) pada sistem pengereman, untuk mencegah roda terkunci jika terjadi pengeraman secara mendadak. Juga EBD (Electronic Brake Distribution) yang berfungsi untuk mengatur distribusi tekanan/gaya pengereman secara proporsional ke semua roda berdasarkan kondisi jalan, kecepatan, dan beban lain-lain. Dan, masih ada pula tambahan LSPV (Load Sensing Proportioning Valve) pada varian HDX. Sistem ini bekerja secara mekanikal untuk mengatur efektifitas rem akibat adanya perubahan beban. LSPV mengoptimalkan kinerja antara rem depan dan belakang sesuai dengan beban kendaraan, sehingga pengereman lebih efektif.

triton27

 

 

triton28

Mitsubishi Indonesia memutuskan pikap Triton generasi kelima untuk pasar domestik tidak menggunakan mesin baru 4N15 2.4L berteknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control) seperti pada model yang dijual di Thailand. Artinya, All-New Mitsubishi Triton tetap menggunakan mesin generasi sebelumnya, 4D56 2.5L,yang juga dipakai SUV Pajero Sport dan pikap L300. Sama juga seperti All new Triton spek Malaysia.

triton29

 

Menurut Boediarto, Head of Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Technical Service Department KTB, mesin 4D56 masih dipercaya karena keandalannya serta lebih tersedia komponennya. “Mesin lama ini sudah dikenal konsumen Mitsubishi, sehingga tidak akan memberikan efek “kaget”. Untuk di Indonesia, kelihatannya mesin 4D56 ini umurnya masih panjang karena daya tahannya telah terbukti dan spare part-nya masih menjanjikan keberadaannya,” kata Boediarto.

Seperti diketahui, All-New Triton yang diluncurkan perdana di Thailand pada 18 November 2014 menggunakan mesin 4N15 yang merupakan hasil pengembangan baru MMC. Selain MIVEC, teknologi yang diterapkan pada mesin 4N 15adalah DOHC (double overhead camshaft), 16 katup, dan VG turbocharger plus intercooler. Tenaga maksimum yang bisa diolah 181hp dan torsi 430Nm. Mesin baru ini juga diklaim lebih irit 20% dan menghasilkan emisi lebih rendah 17% dibanding mesin 4D56. Spesifikasinya dibantu Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk mendapat level Euro IV di Thailand dan Euro V buat pasar Eropa.

 

All New Mitsubishi Triton
Model HDX Single Cabin HDX Double Cabin GLS EXCEED M/T EXCEED AT
Mesin
Tipe Mesin DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder
Direct Diesel Injection Direct Diesel Injection Direct Diesel Injection Direct Diesel Injection Direct Diesel Injection
Turbocharger Turbocharger Turbocharger Turbocharger
Kubikasi (cc) 2,477 2,477 2,477 2,477 2,477
Dimensi x Langkah (mm) 91.1 x 95.0 91.1 x 95.0 91.1 x 95.0 91.1 x 95.0 91.1 x 95.0
Rasio Kompresi 17 17 17 16.5 16.5
Tenaga Output Maksimum (PS(kW) / rpm) 110 (81) / 4000 110 (81) / 4000 136 (100) / 4000 178 (131) / 4000 178 (131) / 4000
Torsi Output Maksimum (Kg.m(Nm)/ rpm) 20.4 (200) / 1500 – 3500 20.4 (200) / 1500 – 3500 33.1 (324) / 2000 40.8 (400) / 2000 40.8 (400) / 2000
Sistem Pasokan Bahan Bakar
Tipe Commonrail Commonrail Commonrail Commonrail Commonrail
Kapasitas Tangki BBM (liter) 75 75 75 75 75
Transmisi
Tipe Transmisi 5 Speed M/T 5 Speed M/T 5 Speed M/T 5 Speed M/T 5 Speed A/T
Mechanical type Mechanical type Hybrid type Hybrid type Hybrid type
Sistem Penggerak Roda Easy Select 4WD Easy Select 4WD Easy Select 4WD Easy Select 4WD Easy Select 4WD
Dimensi
P x L x T (mm) 5.080 x 1.785 x 1.795 5.205 x 1.785 x 1.785 5.205 x 1.815 x 1.795 5.255 x 1.815 x 1.795 5.255 x 1.815 x 1.795
Jarak Sumbu Roda (mm) 3,000 3,000 3,000 3,000 3,000
Jarak dengan Tanah (mm) 220 220 220 220 220
Berat Kosong (kg) 1,730 1,845 1,860 1,900 1,905
Gross Vehicle Weight (GVW) (kg) 2,760 2,850 2,850 2,870 2,900
Suspensi
Suspensi Depan Independent Wishbone, Coil Spring, Telescopic Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer Independent Wishbone, Coil Spring, Telescopic Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer Independent Wishbone, Coil Spring, Telescopic Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer Independent Wishbone, Coil Spring, Telescopic Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer Independent Wishbone, Coil Spring, Telescopic Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer
Suspensi Belakang Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Telescopic Shock Absorber Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Telescopic Shock Absorber Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Telescopic Shock Absorber Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Telescopic Shock Absorber Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Telescopic Shock Absorber
Pengereman
Rem Depan Ventilated Disc Ventilated Disc Ventilated Disc Ventilated Disc Ventilated Disc
Rem Belakang Drum Drum Drum Drum Drum
LSPV (Load Sensing Proportioning Valve) Available Available Not Available Not Available Not Available
ABS & EBD Not Available Not Available Available Available Available
Kaki-kaki
Ban Depan 245 / 75 / R16 (MT Tire) 265 / 70 / R16 265 / 70 / R16 265 / 70 / R16 265 / 70 / R16
Ban Belakang 245 / 75 / R16 (MT Tire) 265 / 70 / R16 265 / 70 / R16 265 / 70 / R16 265 / 70 / R16
Wheel Disc 16″ 16″ 16″ 16″ 16″
Sistem Kemudi
Tipe Rack & Pinion with power steering Rack & Pinion with power steering Rack & Pinion with power steering Rack & Pinion with power steering Rack & Pinion with power steering