Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR NEWS - Retail Sales Toyota Semester I 2016

Retail Sales Toyota Semester I/2016 Capai 187.438 unit

Uniknya, pertumbuhan tertinggi justru diraih segmen sedan yang market shares-nya naik dari 49,4% pada Semester 1 tahun 2015 menjadi 56,2% pada Semester 1 tahun 2016.

BestCar Indonesia – PT. Toyota-Astra Motor (TAM) membukukan total penjualan di pasar ritel mencapai 187.438 unit sepanjang Januari – Juni 2016, dengan market shares 35,4%. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (2015), penjualan ritel Toyota tumbuh 11,8%.

Kinerja positif yang ditorehkan Toyota berada di atas performa pasar nasional sepanjang paruh pertama 2016 yang tumbuh tipis 0,4%. Selama periode Januari – Juni 2016, total penjualan di pasar ritel nasional mencapai 528.855 unit, lebih baik dibandingkan dengan Semester 1  tahun lalu yang hanya 526.846 unit. Dengan raihan ini, Toyota tidak hanya berhasil mempertahankan posisi sebagai market leader  namun juga meningkatkan market shares dari 31,8% pada Semester 1 tahun 2015 menjadi 35,4% pada Semester 1 tahun 2016.

Khusus pada Juni 2016, Toyota bahkan mencatatkan kinerja tertinggi di pasar ritel nasional dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, yaitu 36.564 unit, dengan market shares 38,1%. “Penjualan ritel TAM pada bulan lalu adalah yang tertinggi sepanjang tahun ini. Pencapaian didorong dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk kendaraan baru dalam menyambut Idul Fitri,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto dalam siaran persnya, Kamis (21/07-2016).

Hasil positif pada semester 1/2016 ini, semakin membuat TAM optimis dalam menghadapi kompetisi. Dia berharap tren pertumbuhan akan terus terjaga hingga akhir tahun. Henry Tanoto, menyebutkan bahwa dalam 4 bulan terakhir — sejak Maret hingga Juni 2016, Toyota terus menunjukkan tren pertumbuhan penjualan ritel yang cukup signifikan di setiap bulannya. Hal ini, lanjutnya, tidak terlepas dari kepercayaan dan kesetiaan para pelanggan Toyota. “Sehingga, untuk mengapresiasinya, Toyota akan terus menghadirkan produk dan teknologi yang melebihi ekspektasi, serta meningkatkan layanan, yang sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond.”

Secara keseluruhan, pada Semester 1 tahun 2016, hampir semua segmen kendaraan penumpang Toyota mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan tertinggi diraih sedan yang market shares-nya naik dari 49,4% pada Semester 1 tahun 2015 menjadi 56,2% pada Semester 1 tahun 2016.

Segmen hatchback Toyota membukukan pangsa pasar 36,9% pada Semester 1 tahun 2016 atau naik dari 35% dari Semester 1 tahun 2015. Sementara segmen MPV mencatatkan market shares 53,5% pada periode Januari – Juni 2016 atau naik dari 49,9% pada periode yang sama tahun 2015.

Performa baik di segmen MPV didorong oleh line-up andalan Toyota Avanza yang membukukan total penjualan 74.928 unit dengan market shares 48,8%. Sepanjang Semester 1 tahun 2016, Avanza tumbuh 4,9% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, segmen SUV Toyota dengan produk andalan Rush dan Fortuner, secara volume mengalami kenaikan penjualan, yaitu 26.505 unit pada Semester 1 tahun 2016. Angka penjualan itu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Semester 1 tahun 2015 yang hanya mencapai 19.891 unit.

Jika ditotal, secara keseluruhan segmen kendaraan penumpangToyota di pasar ritel pada Semester 1 tahun 2016 tercatat sebanyak 180.580 unit atau mengalami peningkatan sebesar 13,1% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Teks: Dandy Abitama

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *