Renault Duster Generasi Mendatang Berplatform CMF

BestCar Indonesia – Dacia Duster (Renault Duster) generasi berikutnya dilaporkan akan dibuat berdasarkan pada platform CMF (Common Module Family) hasil aliansi Renault-Nissan.  Jika benar, menurut Auto Expert Rumania, itu berarti Duster mendatang tak jadi menggunakan platform B0 yang mendasari Dacia Sandero dan Logan seperti rencana sebelumnya.

Kemungkinan besar Renault/Dacia Duster generasi mendatang ini akan menggunakan platform CMF-B, yang juga akan digunakan pada Nissan Juke generasi berikutnya. Mengingat CMF-B sebuah platform baru, itu berarti harus ada investasi baru untuk melokalisasi platform tersebut di India, yang merupakan salah satu pasar terbesar untuk Renault Duster. Dalam sebuah wawancara, Renault-Nissan Alliance Managing Director Pengembangan Alliance A-Segment, Gerard Detourbet, telah menyatakan bahwa Renault akan melokalisasi platform tersebut jika mobil yang dibuat berbasis platform itu diproduksi di India.

Renault Duster CMF - BestCar Indonesia
Renault Duster baru ini bakal dibuat 18cm lebih panjang dari Duster yang beredar saat ini, sehingga panjang totalnya mencapai 4.50mm.

Styling eksterior Renault Duster generasi mendatang disebut-sebut akan lebih premium dan praktis. Menurut laporan terbaru, Duster next-gen akan tampil sebagai crossover SUV 7-penumpang. Karena itu Duster akan dibuat 18cm lebih panjang dari Duster yang beredar saat ini, sehingga panjang totalnya nanti mencapai 4.500mm.

Jajaran mesin yang bakal digunakan Renault Duster mendatang konon mencakup 1,5 dCi diesel dan mesin bensin 1.2 TCE. Transmisi Easy-R AMT 6-speed tampaknya bakal tetap dipertahankan untuk Duster varian diesel, sedangkan sistem penggerak 4-roda AWD menjadi fitur standar untuk vaian tertingginya.

O ya, Renault India berencana meluncurkan Duster versi facelift menjelang akhir bulan depan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *