Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
RRVelar-1

Range Rover Sport Velar: SUV Kupe Versi Panjang?

Diposisikan di antara Evoque dan Sport, konon sedang dipersiapkan juga menuju Geneva Motor Show 2017

BestCar Indonesia – Sosok model baru Range Rover, diyakini bernama Velar, tertangkap kamera sedang melakukan uji jalan di Inggris. Kabarnya, Range Rover Velar akan diperkenalkan di ajang Geneva Motor Show 2017 pada bulan Maret mendatang, meski sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari Land Rover.

Seperti dilaporkan Autocar Inggris, prototipe SUV-kupe mendatang telah terlihat melakukan pengujian diam-diam dalam beberapa bulan terakhir ini memberikan petunjuk tentang apa yang mungkin terlihat di balik lapisan samara yang membungkus seluruh body-nya. Namun, penyamaran berat — termasuk panel palsu di bagian belakang — menyembunyikan sebagian dari rincian fisik model Range Rover terbaru ini.

Menurut Autocar Inggris yang dikutip situs otomotif asal Australia, caradvice.com, SUV baru yang terinspirasi kupe ini akan diposisikan di antara Evoque dan Sport – ini kemudian memicu rumor bahwa pada dasarnya Velar akan menjadi ‘Evoque XL’. Situs otomotif Inggris itu juga meyakini nama Velar akan dihidupkan kembali, setelah sebelumnya pernah digunakan pada prototipe Range Rover orisinal pada akhir tahun 1960-an. Autocar Inggris juga menambahkan model baru Range Rover ini kemungkinan akan berbagi banyak komponen dengan Jaguar F-Pace.

RRVelar-2

Mengingat kemungkinan posisinya di antara Evoque dan Sport, Range Rover Velar kemungkinan akan bersaing di dua segmen sekaligus: segmen menengah dan segmen besar. Dan, jika itu benar, maka Velar akan berhadapan dengan BMW X4 sekaligus X6, juga Mercedes-Benz GLC dan GLE coupe, serta Porsche Macan.

Meskipun didesain untuk tampil lebih sporty, Range Rover Velar tetap dibekali ground clearance tinggi dengan overhang depan dan belakang yang pendek, untuk mempertahankan reputasi ‘kelas-atas’ brand asal Inggris ini dalam hal kemampuan off-road — meskipun, sama seperti Jaguar F-Pace dan Range Rover Evoque, Velar juga tak dibekali gigi low-range (4L) dalam sistem penggerak 4-rodanya.

Di bawah bonnet-nya, Range Rover Velar kemungkinan akan diberi beberapa pilihan mesin, mulai dari mesin bensin empat dan enam silinder turbocharged hingga mesin diesel yang berbagi dengan Jag F-Pace. O ya, besar kemungkinan Velar juga akan dibekali mesin V8 5,0liter supercharged dari Range Rover Sport SVR. Selanjutnya, Land Rover mungkin juga akan menawarkan varian bertenaga murni-listrik (all-electric) untuk Range Rover Velar, bersama dengan Jaguar I-Pace mendatang — yang akan menjadi kendaran listrik (EV – electric vehicle) pertama produsen mobil asal Inggris itu – dan versi hybrid plug-in.

RRVelar-3

Sayangnya, selain belum mengkonfirmasi apakah model baru Range Rover ini akan ditampilkan di Geneva Motor Show 2017, Land Rover juga masih bungkam soal nama Velar tersebut. Apa boleh buat, kami harus menunggu sampai pintu pameran Geneva Motor Show resmi dibuka pada 9 Maret mendatang untuk mempoeroleh jawaban pastinya.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *