Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
LANDSTOP1

Produksi Land Rover Defender Akhirnya Berakhir Jumat Ini

BestCar Indonesia – Hari akhir bagi Land Rover Defender klasik akhirnya tak terelakkan. Land Rover Defender klasik terakhir dijadwalkan akan keluar dari pabrik Solihull hari Jumat waktu setempat (Inggris) ini. Jika benar, itu berarti berakhirlah masa produksi salah satu jip 4×4 paling ikonik dan abadi di dunia – setidaknya seperti yang kita kenal.

Produksi Land Rover Defender sebetulnya telah dijadwalkan berakhir lebih awal, tetapi membludaknya permintaan (setidaknya hingga penutupan buku pesanan di Juni 2015) membuat pabrik Solihull  (Jaguar-Land Rover/JLR) terpaksa memperpanjang masa produksi jip Inggris tersebut untuk mengeluarkan beberapa unit Defender yang telah terlanjur dipesan.

LANDSTOP2

Sebagai catatan saja, penjualan Land Rover Defender naik sekitar 29 persen pada semester pertama 2015, dengan total sekitar 20.000 unit dijual tahun lalu. Secara keseluruhan, produsen mobil Inggris itu mencatat angka penjualan dua juta unit sejak produksi asli jip Inggris dimulai pada tahun 1948 (Land Rover Seri 1) – produksi pertamanya konon terjual dengan harga luar biasa, £ 400,000 (hampir Rp 8 miliar).

Jip Land Rover orisinal dimulai pada tahun 1948, dikenal sebagai ‘Jeep Willys Inggris’ (baca: Jip Inggris). Land Rover diproduksi dengan nama Land Rover Series dan berlangsung dalam tiga Series (Series 1, Series 2, dan Series 3) dengan banyak varian hingga tahun 1983. Saat itulah nama Series diubah menjadi Defender (dengan nama transisi Land Rover County 110 untuk versi long wheelbase dan Land Rover County 90 untuk versi short wheelbase). Lebih dari 33 tahun perjalanannya, bentuk jip Inggris ini nyaris tidak berubah, meskipun mekanikalnya telah dimodernisasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen modern.

LANDSTOP3

Sayangnya, ‘kotak beroda yang menawan’ (sebagian menyebutnya ‘panci beroda’, karena body-nya terbuat dari aluminium Birmabright yang biasa digunakan untuk pesawat terbang)  yang sangat disukai oleh Ratu Inggris dan banyak orang di seluruh dunia ini tidak mampu memenuhi standar emisi dan persyaratan kecelakaan yang diberlakukan di banyak negara Eropa dan Amerika — yang menjadi pasar terbesarnya. Land Rover bahkan beberapa kali gagal dalam mempertahankan argumentasinya atas bandingnya untuk Defender.

Lalu? Nah, produksi pertama all-new Defender (sebagai pengganti Defender klasik sejak tahun 1948) disebut-sebut baru akan dimulai pada tahun 2018, dengan wujud konsepnya yang akan diperkenalkan tahun depan. Seorang juru bicara Jaguar-Land Rover (JLR) mengatakan bahwa produsen mobil Inggris itu akan mengadakan acara kecil untuk pekerja di pabrik Solihull, hari Jumat waktu setempat ini, untuk menandai akhir dari produksi Defender.

LANDSTOP4

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *