Penjualan Mitsubishi Fuso Tumbuh 26% Sepanjang Januari-Juli 2022, di Semester 2 Lebih Berpeluang

Adanya demand pertumbuhan kendaraan niaga sekitar 25% sampai Juni 2022 lalu ikut mendorong Fuso sebagai dominant market — dengan share yang hingga Juli 2022 lalu telah mencapai 42% — mampu tumbuh sekitar 26% sepanjang periode Januari-Juli 2022 secara volume penjualan.

BestCar Indonesia – Membaiknya perekenomian nasional yang tumbuh 5,03% pada Semester pertama 2022, secara tak langsung ikut mendorong demand kendaraan niaga yang mencapai sekitar 25% hingga Juni 2022. Kondisi ini juga membuat penjualan truk dan bus Mitsubishi Fuso sebagai market leader di Indonesia mampu tumbuh sekitar 26% sepanjang periode Januari-Juli 2022.

“Kita bersyukur di Semester 1 ini perekonomian nasional tumbuh 5,03%, dan tentu saja pertumbuhan itu mendorong ekonomi dan mendorong demand. Kalau kita bicara Semester 1, itu artinya sampai Juni 2022 ini ada demand pertumbuhan kendaraan niaga sekitar 25%. Ini patut disukuri, karena pertumbuhan itu cukup tinggi, dan peluang itu juga mendorong kami sebagai dominant market dengan share yang hingga Juli 2022 lalu telah mencapai 42 persen. Kita dapat keuntungan,” ungkap Duljatmono, Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dalam diskusi dengan media di arena GIIAS 2022, ICE BSD City, Serpong, Tangerang, Selasa (16/08/2022).

Sejak Januari 2022 sampai bulan Juli 2022, lanjut Duljatmono, penjualan Mitsubishi Fuso telah bertumbuh sekitar 26% secara volume. “Dan seperti saya bilang tadi, bahwa Fuso masih berada di posisi sebagai market leader dengan share mencapai 42%.  Ini akan jadi kekuatan atau spirit bagi kami di Semester kedua mendatang ini harus melakukan lebih untuk mendapatkan peluang lebih baik lagi,” tambahnya.

Duljatmono menyebut, pertumbuhan ekonomi nasional pada Semester 2 diprediksi kurang lebih sama dengan Semester 1. Sehingga, pihaknya berharap total pasar kendaraan niaga juga kurang lebih 25 persen di Semester 2. “Sampai dengan Juli 2022 kan tumbuh 25 persen, dan ini akan kita gunakan di era Euro 4 ini untuk terus melakukan penetrasi dan menguatkan penerimaan produk kita di masyarakat, khususnya untuk produk yang berstandar emisi Euro 4.”

Seperti diketahui, Mitsubishi FUSO berkomitmen untuk memberikan layanan yang unggul di era Euro 4 untuk memastikan bisnis pelanggan berjalan dengan lancar. Layanan FUSO memiliki banyak variasi untuk mewujudkan layanan yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan pelanggan. FUSO memiliki layanan jaringan terluas dengan 200 dealer 3S, lebih dari 6.500 part shop, Truck Center 24 jam, Layanan Bengkel Mobil Berjalan (Mobile Workshop Service), dan program free service.

FUSO juga telah meluncurkan Runner Telematics pada tahun 2018, dan telah mengalami beberapa peningkatan yang membantu banyak konsumen dengan penyediaan data, informasi, dan laporan komprehensif tentang penggunaan kendaraan serta pengelolaan armada konsumen. Hingga Juni 2022, sistem telematik Runner telah digunakan di lebih dari 102.000 kendaraan secara aktif. “Mitsubishi FUSO akan terus melakukan inovasi dan pengembangan untuk mendukung bisnis konsumen, dan kami akan segera meluncurkan Runner 3.0 dengan peningkatan fitur dan fungsi, yang dapat membantu konsumen dengan tampilan yang lebih mudah, lebih interaktif, dan fungsional daripada versi sebelumnya,” ujar Duljatmono.

Segmen pasar yang paling banyak dikuasai Fuso adalah segmen pasar truk ringan (LDT), dimana Mitsubishi Canter menguasai pangsa pasar hingga 55%. Sementara di pasar gabungan truk dan bus bahkan mencapai 70% dari pangsa pasar.

Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) seperti yang dikutip Mobilitas.id, Selasa (16/08/2022), menunjukkan total penjualan truk di Indonesia selama Januari – Juni tahun ini mencapai 39.299 unit. Pada saat yang sama, 951 bus berbagai kategori telah terjual.

Pada periode tersebut, bus Mitsubishi Fuso FE 71 BC – 4 W mendominasi penjualan dengan total penjualan 168 unit. Angka ini mengungguli Hino R 260 yang terjual 136 unit, Mercedes Benz CV OH 1626 L MT yang laku 114 unit, Mitsubishi Fuso FE 84G BC N yang terlego 113 unit, dan Hino B150 yang laku 101 unit.

Data Gaikindo juga menunjukkan selama Januari–Juni tahun ini wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) Fuso mencapai 15.799 unit, naik 12,2% dibanding tahun lalu. Sementara penjualan ke konsumen (retail sales) mencapai 17.431 unit, melejit sekitar 23,6% dibanding periode sama tahun 2021 lalu.

 

Teks & Foto: Yusran Hakim

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *