Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Para Wartawan Pecinta Motor Retro Deklarasikan KWATRO

Selain memiliki kesamaan hobi dalam merawat serta menikmati sepeda motor metro, KWARTO tidak membatasi jenis sepeda motor para anggotanya. KWARTO hanya mesyaratkan sepeda motor haruslah lansiran di bawah tahun 2005 dan masih mengusung sistem pasokan bahan bakar karburator.

 

BestBike Indonesia – Berawal dari kesamaan hobi pada sepeda motor retro,  sekelompok jurnalis akhirnya bersepakat membentuk sebuah komunitas yang diberi nama KWATRO (Kumpulan Wartawan Motor Retro). Ditandai dengan riding bersama menuju Curug Pangeran, Gunung Bunder, Bogor pada Jumat malam (24/01/2020), delapan wartawan dari berbagai media otomotif nasional secara resmi mendeklarasikan KWARTO pada Sabtu (24/01/2020) di lokasi peristirahatan Curug Pangeran, Gunung Bunder, Bogor.

Tenda dome menjadi saksi bisu awal berdirinya KWATRO. Di dalam tenda berkapasitas 10 orang ini berlangsung musyawarah mufakat dalam menentukan visi dan misi KWATRO hingga pemilihan Ketua. Para jurnalis yang hadir dalam deklarasi tersebut dicatat sebagai founder KWATRO, yang terdiri dari Yusuf Arief (Naikmotor.com), Arif Syahbani (Naikmotor.com), Bayu Nurpatria (Pojokoto.com), Tigor Qristovani Sihombing (Otojurnalisme.com), Adithya Nurcahyo (Otojurnalisme.com), Harry Budiawan (Gridoto.com), Muhammad Iman (Motoexpertz.com) dan Tito B. Setiawan (Bestcar.id).

“Visi KWATRO menjadi wadah para wartawan yang memiliki kesamaan hobi, yaitu merawat dan menikmati motor retro. Sedang misinya adalah menyambangi tempat wisata serta beberapa aktifitas lainnya dengan mengendarai motor retro yang dimiliki,” papar Tigor Qristovani Sihombing yang didaulat menjadi Ketua KWATRO.

Selain memiliki kesamaan hobi dalam merawat serta menikmati sepeda motor metro, KWARTO tidak membatasi jenis sepeda motor para anggotanya. “Definisi sepeda motor retro di KWARTO hanya mesyaratkan sepeda motor haruslah lansiran di bawah tahun 2005 dan masih mengusung sistem pasokan bahan bakar karburator. Itu saja. Jenis sepeda motornya bebas, mulai dari motor bebek, motor ‘batangan’, Vespa, hingga scooter,” tambah Tigor Sihombing.

Tak heran jika motor yang digunakan oleh para KWATRO ini telah ‘disuntik mati’ oleh produsennya. Namun bagi mereka, sensasi dalam merawat motor retro itu agar terus dapat ditunggangi justru menjadi suatu kepuasan tersendiri. Apalagi saat berburu onderdil dan aksesoris yang juga terbilang langka. Selain itu, kerinduan akan kenangan masa lalu juga menjadi awal terbentuknya KWATRO.

“Saat masih SMA, Yamaha RX King menjadi motor idaman dan baru sekarang saya bisa memilikinya,” ujar Yusuf Arief, pemilik Yamaha RX King Cobra lansiran 1990.

Terbukti dalam riding bersama sejauh 70Km hingga ke Curug Pangeran, Jumat malam lalu, sejumlah motor retro yang menjadi tunggangan para KWARTO – di antaranya Yamaha RX King Cobra tahun 1990, Yamaha F1ZR tahun 2001 dan Yamaha F1ZR 2002, Honda ‘Pispot’ C70 lansiran 1971, Honda CG110 produksi 1983, Honda Grand 1993, Vespa PTS 1980, sertra Vespa PS Strada lansiran 1986 — tak mengalami kendala berarti.

Nah, lalu apakah komunitas KWARTO akan menerima anggota baru? “Tentu saja kita sangat terbuka untuk anggota baru sebanyak mungkin. Untuk bergabung dalam KWATRO syaratnya sangat mudah, yaitu berprofesi sebagai wartawan/jurnalis, interest pada sepeda motor retro alias motor lawas, memiliki SIM C, serta memiliki motor dengan tahun produksi di bawah tahun 2005 yang masih menggunakan sistem pasokan bahan bakar karburator,” ujar Tigor Sihombing.

“Kami berharap KWATRO bisa terus berkembang dengan bergabungnya wartawan lain yang punya kecintaan atau kenangan indah bersama motor kesayangan di zamannya,” tutup Tito B. Setiawan, anggota paling ‘retro’ yang didaulat menjadi Pembina KWATRO.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *