Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Pangsa Pasar Toyota Naik di September 2018, Avanza Makin Menempel Mitsubishi Xpander

Pertumbuhan pangsa pasar (market share) Toyota pada September 2018 berasal dari segmen hatchback, MPV dan SUV, dengan catatan terpenting tumbuhnya penjualan drastis di segmen hatchback melalui Toyota Agya sebagai kontributor terbesar.

BestCar Indonesia – Di bulan September 2018 ini, Toyota Indonesia berhasil meraih angka penjualan di wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) mencapai 29.821 unit dengan pangsa pasar (market share) sedikit meningkat naik jadi 32% dari 30,5% pada bulan sebelumnya (Agustus). Pertumbuhan pangsa pasar tersebut berasal dari segmen hatchback, MPV dan SUV, dengan catatan terpenting tumbuhnya penjualan drastis di segmen hatchback melalui Toyota Agya sebagai kontributor terbesar.

“Dalam dua bulan terakhir, konsumen terlihat lebih memperketat pengeluarannya, termasuk untuk pembelian kendaraan. Tapi kami bersyukur, karena market share Toyota secara keseluruhan di bulan September ini masih meningkat menjadi 32%,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto.

Angka penjualan (wholesales) Toyota bulan September 2018 memperlihatkan, porsi terbanyak tetap dipegang Avanza dengan 6.151 unit atau berkontribusi sekitar 34,6% dari total penjualan MPV Toyota. Dengan angka tersebut, Avanza sekaligus juga menjadi penyumbang teratas penjualan Toyota selama September 2018.

Meski posisi ‘sang raja’ di segmen low-MPV secara nasional masih dipegang oleh Mitsubishi Xpander dalam 8 bulan terakhir, namun selisihnya dengan Toyota Avanza makin kecil. Selama September 2018, Mitsubishi Xpander hanya terjual 6.276 unit alias turun drastis dari 6.570 unit pada Agustus dan 6.923 unit pada Juli 2018. Secara umum, Toyota Avanza juga mengalami penurunan sejak Juli 2018 (6.766 unit) menjadi 6.210 unit di bulan Agustus 2018 dan 6.151 unit di September 2018. Namun, angka penjualan Avanza relatif lebih stabil di kisaran 6.000-7.000-an sebulan.

 

Model Terlaris Toyota di September 2018

 

Model Penjualan (wholesales) Market share
Toyota Avanza 6.150 unit n.a
Toyota Rush 5.797 unit 44,8%
Toyota Kijang Innova 5.177 unit 29,1%
Toyota Calya 4.819 unit n.a
Toyota Agya 2.437 unit 61%
Toyota Fortuner 2.093 unit 42,6%

 

Yang menarik justru terlihat di segmen hatchback yang mencatat total penjualan mencapai 2.789 unit pada September 2018. Nah di segmen ini, kontribusi terbesar ternyata berasal dari penjualan mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) Toyota Agya, yang mencapai 2.437 unit atau berkontribusi sekitar 87,4% dari total penjualan hatchback Toyota. “Di segmen entry hatchback kelas 1.200cc, market share Agya mencapai lebih dari 61%. Ini menunjukkan minat pelanggan terhadap Agya masih sangat besar, khususnya di segmen 1.200 cc,” kata Soeryo.

Angka penjualan Toyota Agya bulan September tahun ini hampir dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun lalu (September 2017), ketika penjualan Toyota Agya justru menyentuh titik terendah sepanjang tahun lalu, hanya 1.496 unit. Jauh di bawah penjualan bulan sebelumnya (Agustus 2017), yang mencapai 3.303 unit.

Kembali ke angka penjualan wholesales Toyota bulan September 2018, fenomena menarik lainnya terlihat di segmen SUV. Menyusul Avanza di posisi teratas, urutan kedua penjualan terbesar Toyota bulan September 2018 ternyata dipegang Toyota Rush dengan 5.797 unit dan membukukan market share 44,8%. Sementara di  segmen high-SUV, Fortuner juga mengalami pertumbuhan pangsa yang lebih signifikan. Dengan angka penjualan 2.093 unit, pangsa pasar Fortuner pada September sudah mencapai 42,6%, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 37,4%. Secara keseluruhan, penjualan di segmen SUV Toyota pada September 2018 mencapai 7.929 unit.

Urutan ketiga penjualan Toyota pada September 2018 ternyata dipegang oleh produk MPV menengahnya, Kijang Innova yang menyumbang 5.177 unit dengan market share 29,1%. Bersama dengan Avanza di segmen low-MPV, total penjualan segmen MPV Toyota pada September 2018 mencapai 17.767 unit. Tentu saja angka ini semakin memperkuat posisi Toyota sebagai market leader di segmen MPV nasional dengan pangsa naik menjadi 46,1% dibanding bulan sebelumnya yang hanya 43,63%.

Di urutan keempat diisi oleh produk LCGC Toyota Calya yang mencatat angka penjualan 4.819 unit, masih cukup jauh di atas penjualan Toyota Agya yang menempati urutan kelima dengan angka penjualan 2.437 unit.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *