Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

OLX: Hadirnya New Avanza Belum Pengaruhi Harga Bekasnya

Kehadiran Toyota New Avanza terbaru ternyata belum memengaruhi harga pasaran Toyota Avanza bekas di situs iklan baris online OLX. Data platform jual/beli otomotif online terbesar di Indonesia itu memperlihatkan bahwa harga jual Avanza bekas masih terbilang stabil di kisaran Rp 110 juta – Rp 150 juta.

BestCar Indonesia – Kehadiran Toyota New Avanza model 2019 yang cukup ‘fenomenal’ pada pertengahan Januari 2019 lalu, tak bisa dipungkiri cukup menyita perhatian dunia otomotif nasional. Tampilan baru Low-MPV (LMPV) Toyota yang semakin mewah dan stylish ini – meski tergolong facelift – mengundang berbagai respon, baik di kalangan konsumen maupun di industri otomotif nasional.

Bagaimanapun, perubahan yang signifikan dari Toyota Avanza sangat ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia, setelah 15 tahun kehadirannya bisa dibilang tak berubah banyak. Karena itu kehadiran Toyota New Avanza diharapkan mampu mengikuti kesuksesan pendahulunya yang tercatat bertahan sebagai market leader hingga digelari ‘mobil sejuta umat’. Sekadar catatan, per Desember 2018, Toyota Avanza menjadi mobil yang paling banyak dibeli di Indonesia, dengan angka 1,7 juta unit yang terjual sejak tahun 2003. Kini, Toyota New Avanza juga menjadi mobil paling diincar di awal tahun 2019.

Pertanyaannya kemudian, akankah kehadiran Toyota New Avanza terbaru ini akan memengaruhi harga pasaran Toyota Avanza bekas? Tak sedikit yang memprediksi demikian. Benarkah? Faktanya, sejauh ini hal tersebut tidak terjadi di situs iklan baris online OLX. Data yang diperoleh dari platform jual/beli otomotif online terbesar di Indonesia itu memperlihatkan bahwa harga jual Avanza bekas masih terbilang stabil.

“Berdasarkan pantauan kami, harga jual Toyota Avanza bekas di OLX cenderung stabil,” ujar Agung Iskandar, Director of Marketing & CTX OLX Indonesia. “Kami belum melihat adanya perubahan harga yang signifikan di OLX, sejak New Avanza diluncurkan,” tambahnya.

Itu artinya, harga jual Toyota Avanza di iklan jual-beli OLX masih berkisar Rp 110 juta – Rp 150 juta. Data OLX menyebutkan, harga jual Avanza menjadi salah satu yang paling stabil untuk kategori mobil bekas. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya minat dari calon pembeli terhadap mobil merek ini. Data OLX juga mencatat bahwa Toyota Avanza menjadi mobil yang paling banyak dijual dan menjadi mobil yang paling banyak dicari di OLX sepanjang tahun 2018.

Merujuk pada tren jual-beli mobil bekas yang ada di OLX sepanjang tahun 2018 lalu, para dealer yang memanfaatkan OLX untuk bisnisnya mengungkapkan bahwa mobil 7-seater masih menjadi favorit banyak pembeli. Ini dapat dilihat dari merek dan tipe mobil yang paling banyak diiklankan melalui OLX pada periode Januari-September 2018, yaitu Toyota Avanza. Dari tahun ke tahun, mobil di segmen low-MPV (LMPV) andalan Toyota ini selalu menempati urutan pertama mobil yang paling banyak dijual. Dari sisi pembeli pun, Toyota Avanza juga menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh calon pembeli.

Selaras dengan ungkapan para dealer di OLX, Toyota Avanza dinilai masih mendominasi pasar mobil bekas, khususnya di wilayah Bali, Jakarta, dan Surabaya. Harga yang tejangkau, efisiensi konsumsi bahan bakar, durabilitas, serta resale value yang tinggi menjadi daya tarik bagi Toyota Avanza dibandingkan dengan mobil sejenis lainnya.

Di Bali khususnya, Toyota Avanza sangat diminati oleh jasa penyewaan mobil  untuk mengantar turis berkunjung ke berbagai tempat rekreasi. Beberapa dealer di OLX menginformasikan bahwa mereka memiliki persediaan Toyota Avanza yang tinggi, karena harga jual yang tetap stabil, meskipun telah digunakan selama tiga hingga lima tahun.

Sementara dari sisi segmen mobil, tren yang terjadi di situs jual-beli online OLX sepanjang tahun 2018 tak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jenis MPV (Multy Purpose Vehicle) menempati urutan pertama dari 5 jenis mobil yang paling banyak dicari oleh pengguna OLX (mencapai 40,10% atau hampir setengah dari total segmen mobil yang paling banyak dicari). Di urutan selanjutnya, secara berurutan, terdapat jenis Hatchback (18,76%), SUV/Sport Utility Vehicle (17,02%), Sedan (15,68%), dan Pick-up/truck di posisi terakhir dengan 7,62%.

Kebutuhan masyarakat akan segmen mobil tersebut disambut oleh suplai mobil yang dijual para penjual individu ataupun dealer. Seperti pada kategori 5 segmen mobil yang paling banyak dicari, data OLX juga menyebutkan di kategori 5 merek mobil yang paling dijual di OLX sepanjang periode Januari-September 2018, mobil berjenis MPV, Hatchback, SUV, Sedan, dan Pickup/Truck menjadi mobil yang paling banyak diiklankan (dijual) melalui platform ini, dengan Jabodetabek dan Bandung sebagai area dimana mobil-mobil tersebut paling banyak dijual. Nah, dalam kategori yang disebut terakhir ini, Toyota Avanza lagi-lagi masih menempati posisi pertama sebagai model MPV yang paling banyak dijual (41,15%) di iklan jual-beli OLX, dengan harga jual mencapai Rp 110 juta – Rp 150 juta.

Secara keseluruhan, dari data transaksi iklan melalui OLX sepanjang periode Januari-September 2018, dapat disimpulkan bahwa segmen mobil 7-seater masih menjadi favorit banyak pembeli, dengan merek dan model Toyota Avanza yang masih mendominasi transaksi di setiap kategori. Dari tahun ke tahun, mobil di segmen low-MPV (LMPV) Toyota ini selalu menempati urutan pertama mobil yang paling banyak dijual. Dari sisi pembeli pun, Toyota Avanza juga menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh calon pembeli.

 

Teks: Yusran Hakim

Foto: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *