Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Nissan Luncurkan All New Livina, Kembaran Xpander dengan Intelligent Mobility

Meski menggunakan platform yang sama denga Mitsubishi Xpander, salah satu yang membedakan All New Nissan Livina adalah fitur Nissan Intelligent Mobility (NIM) dengan lebih banyak fitur kenyamanan dan keselamatan. All New Nissan Livina ditawarkan dalam 5 tipe berbeda, dua pilihan transmisi, dengan banderol mulai dari Rp 198,8 juta hingga Rp 261,9 juta.

BestCar Indonesia – Setelah santer rumor MPV terbaru Nissan yang disebut-sebut bakal meluncur akhir tahun 2018 lalu, Nissan Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan All New Nissan Livina di Jakarta, Selasa (19/02/2019). Ini merupakan debut dunia low-MPV Nissan yang berplatform sama dengan Mitsubishi Xpander ini, sekaligus merupakan bagian dari peluncuran jajaran produk yang menegaskan komitmen Nissan kepada pelanggan di Indonesia.

“Hari ini menandai langkah selanjutnya dari perjalanan kami selama 50 tahun dalam menyediakan mobilitas yang aman, pintar, dan berkelanjutan bagi pelanggan di Indonesia. Didasari komitmen tersebut, kami meluncurkan dua MPV baru, yaitu All New Nissan Livina dan All New Nissan Serena. Indonesia merupakan pasar pertama Nissan di dunia yang memperkenalkan All New Livina,” kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Isao Sekiguchi, di Ballroom Djakarta Theatre XXI, Jakarta, Selasa (19/02/2019).

Seperti yang Anda tahu, Livina yang merupakan model MPV 7-seater Nissan terlaris telah memasuki usia 11 tahun sejak dipasarkan pertama kali tahun 2007 silam. Dan, selama itu pula Nissan Livina belum juga berganti generasi. Padahal Livina hasil rakitan lokal ini sejak awal memang disiapkan untuk menjadi lawan sepadan bagi duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang mendominasi segmen MPV kompak 7-seater. Nissan bersama Indomobil Grup, ketika itu, bahkan telah menggelontorkan sekitar US$ 60 juta untuk investasi pembangunan pabrik dan perluasan jaringan dealership ke seluruh Indonesia.

Lalu, apa yang membedakan All New Livina dengan Xpander? Menurut Isao Sekiguchi, salah satu pembedanya adalah All New Livina mengusung fitur Nissan Intelligent Mobility (NIM), yang merupakan visi Nissan dalam mengubah cara orang menjalani hidup dan berkendara. “Pelanggan Nissan menginginkan teknologi maju, termasuk fitur-fitur keselamatan yang canggih serta kenyamanan. Kami memenuhi semua tuntutan itu melalui Nissan Intelligent Mobility yang diusung All New Livina. Fitur ini akan member pengalaman berkendara bersama keluarga menjadi aman, lancar dan percaya diri,” ungkapnya.

Selain itu, masih kata Sekiguchi, ada berbagai perbedaan di All New Nissan Livina dengan Mitsubishi Xpander. Misalnya, yang terkait identitas Livina dalam urusan menyajikan kenyamanan berkendara layaknya sebuah sedan. “Livina telah diakui sejak 2007 akan pengalaman berkendara yang nyaman dan berkesan, dan kini disempurnakan dengan sentuhan premium di bagian interiornya. Nissan memastikan hal ini menjadi ciri khas yang terus diterapkan pada All New Livina,” ujarnya.

Di dalam kabin, MPV Nissan ini menawarkan konektivitas telepon pintar yang pertama di segmennya dan navigasi untuk mendukung kenyamanan berkendara setiap hari, sekaligus memberikan hiburan. Semuanya terintegrasi pada sebuah head unit dengan layar sentuh (touch screen display) berukuran 7inci, yang memberi kemudahan untuk terhubung dengan smartphone, sekaligus navigasi.

All New Livina juga dibekali  berbagai fitur penunjang keselamatan sekaligus kenyamanan berkendara, seperti Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control dan Traction Control yang meningkatkan rasa percaya diri saat berkendara. Disediakan pula Inteligent Key System (i-Key), yang memudahkan akses keluar-masuk kendaraan tanpa menggunakan kunci. Selama i-Key ada di kantung Anda, cukup menekan tombol start/stop button untuk menghidupkan atau mematikan mesin.

Nissan juga mengklaim All New Livina memiliki kekedapan kabin yang terbaik di kelasnya. Selain itu, kenyamanan di dalam kabin juga ditawarkan melalui keleluasaan dalam pengaturan letak kursi berbalut kulit premium untuk memenuhi kebutuhan beragam kebutuhan dan gaya hidup penggunanya, serta fitur arm rest pada kursi baris depan dan lantai mobil yang rata. Disediakan pula charging port (power outlet) 12 Volt di setiap baris bangku, serta berbagai penyimpanan mulai dari di belakang sandaran kursi depan, seat organizer, hingga laci di dashboard penumpang depan dan front organizer di konsol tengah.

Dari sisi eksterior, identitas dan konsistensi kombinasi desain Nissan yang unik dan kenyamanan Livina terlihat pada gril V-Motion dan lampu depan LED berbentuk bumerang (dual LED Signature) dengan DTRL (Day Time Running Light). Lampu belakang juga telah mengadopsi model kombinasi LED, lengkap dengan kamera belakang dan sensor parkir.

Di balik bonnet-nya, All New Livina menggendong mesin bensin 4-silinder segaris 16 katup DOHC dengan twin VTC (variable-valve timing control). Mesin berkapasitas 1.499cc (1,5liter) yang juga mengisi ruang mesin Mitsubishi Xpander ini mampu menyemburkan tenaga hingga 104PS pada 6.000rpm dan torsi puncak 141Nm pada 4.000 rpm. Sebagai penerus daya mesin ke roda depan, All New Livina menawarkan transmisi manual 5-speed dan transmisi otomatis 4-speed konvensional — sedikit berbeda dengan Mitsubishi Xpander yang mengusung transmisi otomatis model CVT.

” Livina akan tetap Nissan. Bahkan dalam beberapa hal kami bersaing dengan Mitsubishi. Jadi, Livina tidak akan meninggalkan identitasnya,” pungkas Sekiguchi.

Hadir dalam lima tipe yang dibedakan dari transmisi dan paket fiturnya, All New Nissan Livina ditawarkan dengan harga paling murah Rp 198,8 juta dan paling tinggi Rp Rp 261.9 juta untuk tipe teratas.

 

Harga pemesanan (on the road Jakarta) All New Nissan Livina

Tipe                                                     Harga
VL  A/T                                                 Rp 261.9 juta
VE  A/T                                                 Rp 249.9 juta/
EL  A/T                                                 Rp 233 juta
EL  M/T                                                Rp 223 juta
E    M/T                                                Rp 198.8 juta

 

Teks: Yusran Hakim

Foto: Tito B. Setiawan

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *