Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
Seperti model yang beredar saat ini, Juke generasi mendatang juga mengambil desain sport yang radikal

Nissan Juke Generasi Berikut Bakal Lebih Lebar?

Tanpa pilihan mesin Diesel, Juke generasi kedua diperkirakan baru bisa meluncur pada tahun 2020.

BestCar Indonesia – Nissan Juke kini berusia hampir tujuh tahun, dan Nissan saat ini sedang mengembangkan model generasi kedua crossover sub-kompak ini. Seperti apa sosok Juke generasi mendatang itu? Sebuah laporan baru dari salah satu media di Spanyol, Motor.es, belum lama ini mengungkapkan informasi baru tentang Juke generasi kedua tersebut. Motor.es bahkan mempublikasi gambar render (gambar rekaan) yang mereka yakini menggambarkan seperti apa all-new model Nissan Juke itu nantinya.

Saat ini Nissan Juke dianggap telah ketinggalan, setelah memasuki usia 6 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010, dan karena itulah model generasi kedua Juke akan meneruskannya. Motor.es menyebutkan bahwa Juke generasi baru akan memiliki desain radikal, dengan dimensi yang lebih lebar dari Juke saat ini, seperti gambar render yang mereka buat dengan menggunakan Nissan Gripz Concept dan Nissan Vmotion 2.0 Concept sebagai basisnya. Dari gambar render tersebut terlihat ciri desain modern Nissan yang mencuat, seperti juga yang terlihat pada Nissan Micra generasi kelima.

Platform CMF-B yang digunakan sebagai basis arsitektur Nissan Juke next-gen membuatnya lebih lebar dan lebih rendah dari model yang beredar saat ini, memungkinkan untuk proporsi yang lebih dinamis. Body yang lebih lebar tentu saja memungkinkan untuk memperbesar ruang penumpang. Ruang bagasinya bakal memiliki kapasitas minimal 350liter, meskipun pada versi yang berpenggerak 4-roda (4WD) akan sedikit lebih sempit.

Sebagai perbandingan, Nissan menunjukkan strategi yang sama dengan Micra model 2017 yang menawarkan tingkat personalisasi di dalam kabin yang lebih besar pada sebuah mobil kecil. Para pengguna Juke masa depan bahkan akan dapat mempersonalisasi elemen eksterior crossover tunggangannya nanti, seperti pilar-A atau pilar-C dan interior.

The next-gen Nissan Juke generasi mendatang akan berbasis pada platform CMF-B. (foto: Nissan Gripz Concept)

The next-gen Nissan Juke generasi mendatang akan berbasis pada platform CMF-B. (foto: Nissan Gripz Concept)

Nissan Juke generasi mendatang akan didukung oleh mesin bensin turbocharged — kemungkinan tersedia dalam dua output daya, antara 120hp dan 170hp. Mesin ini disebut-sebut akan sangat efisien, sehingga Nissan merasa tidak perlu menyediakan pilihan mesin diesel untuk Juke masa depan. Namun, Nissan mempertimbangkan secara serius kemungkinan Nissan Juke hybrid yang disebut-sebut bakal memakai menampilkan varian hybrid e-Power. Sumber tenaga penggerak e-Power menggabungkan mesin bensin kecil untuk mengisi baterai yang menggerakkan motor listrik untuk memutar roda.

Teks: Andri OKA Prayudhi

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *