Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Nissan Indonesia akan Produksi Mesin Mitsubishi XPANDER

Mesin Mitsubishi XPANDER akan diproduksi di Nissan Motor Indonesia (NMI), anak perusahaan Nissan Motor Co., Ltd di Indonesia, dengan kapasitas 160.000 unit mesin per tahun. Ini akan meningkatkan rasio penggunaan suku cadang lokal pada XPANDER dari 70% menjadi sekitar 80%.

BestCar Indonesia – Seiring dengan rencana peningkatan kapasitas produksi tahunan dari fasilitas produksinya yang canggih di Bekasi, Indonesia, Mitsubishi Motors juga mengumumkan bahwa mesin Mitsubishi XPANDER akan diproduksi di Nissan Motor Indonesia (NMI), anak perusahaan Nissan Motor Co., Ltd di Indonesia.

Hal ini akan meningkatkan rasio penggunaan suku cadang lokal pada XPANDER dari 70% menjadi sekitar 80%, sehingga akan membawa manfaat ekonomi bagi rantai pasokan lokal. Pengembangan di fasilitas NMI tersebut akan mampu memproduksi 160.000 unit mesin per tahun.

Dalam pengumumannya hari Rabu (03/10-2018), Mitsubishi Motors memutuskan akan meningkatkan kapasitas produksi tahunan dari fasilitas produksinya yang canggih di Bekasi, Indonesia. Kapasitas produksi tahunan saat ini yang mencapai 160.000 unit (kapasitas produksi maksimum) akan ditingkatkan menjadi 220.000 unit (kapasitas produksi maksimum) pada tahun fiskal 2020, sebagai respon Mitsubishi atas permintaan yang besar terhadap small MPV, XPANDER di pasar Indonesia dan ekspor.

Pengembangan tersebut merupakan hasil dari investasi sekitar 4 miliar Yen dan akan memberikan tambahan lapangan kerja bagi sekitar 800 orang di pabrik Bekasi untuk melengkapi total karyawan mencapai  4.100 orang.

Volume produksi XPANDER sendiri akan meningkat dari 115.000 unit menjadi 160.000 unit pada tahun fiskal 2020. Sementara volume ekspor akan meningkat dari 30.000 unit menjadi 50.000 unit untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri termasuk negara-negara ASEAN.

Sejak diperkenalkan pada bulan Agustus 2017 hingga akhir September 2018, Mitsubishi XPANDER telah membukukan 100.000 angka pemesanan di Indonesia,. Pada bulan Maret dan Juli tahun ini, XPANDER menduduki posisi pertama pada daftar volume penjualan kendaraan di Indonesia. Tak heran jika XPANDER juga dinobatkan sebagai Car of the Year 2018 oleh Tabloid OTOMOTIF pada bulan Maret serta FORWOT Car of the Year  2018 dari Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) pada bulan September.

Seperti diketahui, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) adalah perusahaan otomotif global yang berpusat di Tokyo, Jepang, yang memiliki keunggulan kompetitif pada kendaraan SUV dan truk pikap, kendaraan listrik dan kendaraan plug-in hybrid. MMC meluncurkan i-MiEV, kendaraan listrik produksi massal pertama pada 2009, yang diikuti oleh peluncuran OUTLANDER PHEV pada 2013 yang memimpin pasar kendaraan plug-in hybrid di Jepang dan Eropa.

Mitsubishi Motors mempekerjakan 30.000 karyawan dan memiliki jejak global dengan fasilitas produksi yang berada di Jepang, Thailand, Tiongkok, Indonesia Filipina dan Rusia. Model PAJERO SPORT/MONTERO SPORT, TRITON/L200 dan OUTLANDER memiliki peranan penting dalam pertumbuhan perusahaan. Volume penjualan global pada tahun fiskal  2017  adalah 1.101.000 unit, dengan penjualan bersih Mitsubishi Motors pada tahun fiskal 2017 mencapai 2,19 triliun Yen. Mitsubishi Motors terdaftar di Tokyo Stock Exchange.

Dengan mengembangkan bisnis di Indonesia, MMC berkomitmen untuk memberikan kontribusi secara berkelanjutan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *