Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
NissanNewMarch2017-1

Nissan (Hanya) Luncurkan New March Facelift 2017

Mengapa Nissan Motor Indonesia (NMI) hanya meluncurkan Nissan March generasi keempat versi facelift sebagai new model tahun 2017 untuk pasar Indonesia? Padahal, ada All New Nissan March generasi ke-5 yang telah diluncurkan di ajang Paris Motor Show, Oktober tahun lalu.

BestCar Indonesia – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi meluncurkan model facelift (refreshment) terbaru city car andalan mereka, New Nissan March 2017, di showroom Nissan Alam Sutera, Tangerang, Senin (13/02- 2017). Tetap mengandalkan Nissan March generasi keempat sebagai basisnya, versi facelift 2017 ini tergolong minim ubahan di sektor eksterior dan interior. Penyegaran paling mencolok hanya terlihat pada head unit baru yang diklaim memiliki 15 perbedaan dan penggunaan Day-time Running Light (DRL) sebagai salah satu fitur safety.

Padahal, city car Nissan ini sebenarnya punya model terbaru generasi ke-5, All New Nissan March yang diluncurkan di ajang pameran mobil Paris Motor Show, Oktober tahun lalu (2016). Dibanding March generasi keempat yang beredar saat ini — sudah ada di Indonesia sejak tahun 2014 lalu,  All New Nissan March 2017 yang telah lebih dulu hadir di pasar Eropa itu tampil dengan perubahan signifikan pada sisi eksterior maupun interiornya.

Lalu, mengapa NMI hanya meluncurkan March generasi keempat versi facelift sebagai new model tahun 2017 untuk pasar Indonesia? Nah menurut GM Marketing Strategi NMI, Budi Nur Mukmin, meskipun All New March generasi kelima itu produk global, tapi ia lebih difokuskan untuk pasar Eropa.  Nissan menilai model dan spesifikasi All New March generasi ke-5 kurang cocok untuk pasar Indonesia. “Itu sebabnya NMI tetap mempertahankan Nissan March generasi keempat yang sudah ada di Indonesia sejak 2014 lalu sebagai basis untuk New March model 2017,” ungkapnya.

Sementara Vice President Marketing & Sales PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Davy J Tuilan menambahkan bahwa saat ini Nissan Indonesia masih mununggu beberapa aspek, mulai dari waktu peluncuran, regulasi emisi, rencana bisnis, serta product planning Nissan secara global. “Banyak yang harus kami kalibrasi. Tapi prioritasnya adalah memperbaiki fundamental lebih dulu. Jika meluncurkan produk baru namun fundamentalnya belum kuat, maka hasilnya tidak akan maksimal,” ujar Davy.

NissanNewMarch2017-2

Bagaimanapun, NMI sendiri tampaknya cukup yakin penyegaran yang dilakukan pada New March 2017 membuat tampilannya lebih stylish dengan fitur yang canggih. “Penyegaran paling banyak memang pada fitur kenyamanan,” kata Davy J. Tuilan. “Nissan New March (facelift) 2017 tampilan lebih elegan dan fitur yang canggih seperti Day-Time Running lights (DRL) dan sistem entertainmen yang lebih baik,” tambahnya.

Sayangnya, dari sisi desain eksterior dan interior bisa dibilang nyaris tidak ada perubahan berarti. Di sektor eksterior hanya terlihat tambahan lampu DRL (Day-time Running Light) berbentuk bumerang yang otomatis menyala begitu mesin dinyalakan. Fitur ini akan membuat mobil lebih mudah terlihat di jalan, sehingga meningkatkan keselamatan berkendara secara keseluruhan. Sementara di bagian dalam, ada sentuhan Black Piano C-Cluster pada panel instrumen yang menambah kesan fashionably smart.

NissanNewMarch2017-11

NissanNewMarch2017-3

NissanNewMarch2017-10

Penyegaran paling mencolok hanya terlihat pada sistem entertainment baru yang lebih kaya fitur (diklaim memiliki sekitar 15 keunggulan), dengan head unit baru yang dilengkapi monitor layar sentuh (touchscreen display) ukuran 7,0inci — terhubung dengan bluetooth dan memiliki kemampuan mirroring dengan ponsel Android dan iOS, USB Port + AUX input, serta HDMI.

NissanNewMarch2017-4

Sistem audio juga dilengkapi equalizer 7-band yang biasanya digunakan oleh installer audio profesional untuk membagi suara rendah dan tinggi, mampu menghasilkan kualitas suara yang lebih baik. Sementara Multi Information Display (MID) yang berada di instrument cluster tampil lebih lengkap. Selain menyajikan informasi seperti konsumsi bahan bakar, juga memiliki fungsi pengingat (alert) untuk penggunanya.

NissanNewMarch2017-5

NissanNewMarch2017-9

Nissan New March facelift 2017 ditawarkan dalam dua varian berdasarkan dua pilihan mesin bensin, yakni 1,2liter dan 1,5liter. Masing-masing varian tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu otomatis dan manual.

Varian 1.2liter terbagi dalam tiga trim (tipe), yaitu 1,2L MT (bertransmisi manual) sebagai tipe standar alias paling rendah; 1,2L AT (bertransmisi otomatis) sebagai tipe menengah; dan 1,2L XS AT (bertransmisi otomatis) sebagai tipe tertinggi. Sedangkan varian 1,5liter hanya tersedia dalam dua trim (tipe), yaitu 1,5L MT (bertransmisi manual) dan 1,5L AT (bertransmisi otomatis) sebagai tipe tertinggi.

Dibanding pendahulunya, Nissan Motor Indonesia membanderol New March facelift 2017 lebih mahal Rp 3-4 juta dari pendahulunya. Harga paling murah Rp 177,4 juta untuk tipe 1,2L MT; lalu Rp 187,8 juta untuk tipe 1,2L AT; dan Rp 198 juta untuk tipe XS AT. Sedangkan varian 1,5L dibanderol Rp 205,6 juta untuk tipe 1,5L MT dan Rp 216,7 juta untuk tipe tertinggi 1,5L AT. Tersedia 6 pilihan warna untuk New March facelift, yaitu Red Ruby, Blossom Pink, Sky Blue, White, Black, dan Silver.

NissanNewMarch2017-13

Tentu saja, perbedaan tipe dan harga tersebut merujuk pada perbedaan fitur kelengkapan masing-masing tipe New March facelift 2017 yang ditawarkan. Dari sisi eksterior misalnya, varian 1,5L sedikit lebih lebar dari varian 1.2L ((1.667mm versus 1.665mm) namun dengan wheelbase yang justru lebih pendek (2.435mm versus 2.440mm). Ground clearance varian 1.5L juga lebih tinggi dari varian 1,2L (147mm versus 141mm). Begitu pula dengan bobot bersihnya, 1.012kg (tipe AT) dan 1.000kg (tipe MT) pada varian 1,5L dibanding 935kg (tipe AT) dan 925kg (tipe MT) pada varian 1,2L.

NissanNewMarch2017-14

Dekorasi bumper bagian bawah dengan laburan warna hitam dan krom juga hanya dapat Anda temui pada trim/tipe 1,2L XS AT, 1,5L MT, dan 1,5L AT. Sedangkan trim/tipe 1,2L MT dan 1,2L AT hanya tersedia dalam warna hitam. Semua tipe juga memiliki spion samping elektrik dengan kelir sewarna body, namun spion samping pada varian 1,5L baik MT maupun AT dapat dilipat secara otomatis. Beberapa fitur eksterior lainnya, seperti back door garnish, exhaust finisher, dan lampu DRL hanya tersedia untuk tipe 1,2L XS AT, 1,5L MT, dan 1,5L AT.

Perbedaan lainnya terlihat pada sistem pengereman. Meski semua varian dan trim/tipe mengandalkan model rem cakram berventilasi di bagian depan dan tromol di belakang, namun fitur ABS (Anti-lock Bracking System) + EBD (Electronic Brakeforce Distribution) + BA (Brake Assist) hanya tersedia untuk tipe 1,2L XS AT, 1,5L MT, dan 1,5L AT.

NissanNewMarch2017-7

NissanNewMarch2017-8

Begitu pula dengan fitur keselamatan (safety) dan keamanan (security). Semua varian dan trim/tipe Nissan New March facelift 2017 dibekali airbag untuk pengemudi dan penumpang depan serta sabuk pengaman 3-titik ELR untuk penumpang depan dan belakang. Bedanya, sabuk pengaman belakang semua trim/tipe pada varian 1,2L menggunakan model 3-titik ELR (x2) + 2-titik (tengah), sedangkan semua trim/tipe pada varian 1,5L mengusung model 3-titik ELR (x3). Semua trim/tipe varian 1,5L juga telah mengusung fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) dan ISOFIX + Tether untuk keselamatan balita ketika berkendara. Namun semua fitur ini absen pada seluruh tipe di varian 1,2L.

Seluruh varian dan trim/tipe New March facelift 2017 dibekali fitur keamanan berupa security alarm dengan sensor kejut. Namun fitur immobilizer hanya ada di varian 1,5L. Trim/tipe 1,2L MT dan 1,2L AT hanya mengusung fitur remote key, sementara trim/tipe 1,2L XS AT telah mengusung keyless entry. Sedangkan semua trim/tipe pada varian 1,5L dibekali fitur i-key, sensor parkir 4 titik, dan speed sensoring auto lock – jangan berharap semua fitur ini pada varian 1,2L.

NissanNewMarch2017-6

 

NissanNewMarch2017-15

Tapi yang menarik, kata Davy J. Tuilan, peluncuran produk baru New Nissan March facelift 2017 dibarengi dengan berbagai inisiatif menyeluruh yang lain di bidang penjualan dan purna jual. Seperti produk Nissan lainnya, New March juga berpartisipasi dalam Nissan Trade-In Festival, sebuah program penjualan nasional yang menyediakan akses mudah bagi calon konsumen untuk memiliki mobil Nissan baru dengan menukarkan mobil lama mereka. Program tukar tambah ini berlangsung di lebih dari 50 lokasi di seluruh Indonesia. “Nissan membuat penawaran spesial untuk membeli mobil lama milik konsumen dari berbagai merek dengan harga kompetitif hingga mencapai Rp10 juta lebih tinggi dibandingkan harga pasar (syarat dan ketentuan berlaku),” ungkapnya.

Bukan cuma itu, Nissan juga menawarkan promo menarik berupa down payment (DP) rendah untuk pembelian Grand Livina dan March secara kredit, dimulai dengan harga yang sangat terjangkau, Rp16 juta. “Kami optimis dalam menghadapi tahun 2017, dan komitmen kami pada konsumen tetap konsisten. Kami ingin memberikan lebih banyak keuntungan, mulai dari menyediakan akses yang lebih mudah untuk memiliki mobil Nissan, memperkenalkan model baru, dan menyediakan layanan biaya perawatan yang lebih hemat untuk semua mobil Nissan,” pungkas Davy.

Teks: Yusran Hakim

Foto: Esa Wijayantoro

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *