Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
Mobil buatan UI

Mobil Buatan UI Teririt se-Asia, Capai 275km/liter & 792km/liter

BestCar Indonesia – Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional atas prestasinya menciptakan mobil hemat bahan bakar pada ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia, 3 – 6 Maret 2016 lalu di Manila, Filipina. Dua mobil hasil karya mahasiswa UI tersebut berhasil menjadi yang terbaik se-Asia pada kategori mobil Urban Concept Gasoline dan kategori mobil Prototype Gasoline.

Mengusung nama Kalabia Evo 5, hasil karya mahasiswa UI yang tergabung dalam Tim Sadewa meraih Juara I untuk kategori mobil Urban Concept berbahan bakar bensin dengan rekor jarak tempuh 275 km/liter, atau dua kali lipat dari hasil kemenangan yang diraih tahun lalu. Sementara tim Nakoela dengan mobil rancangannya bernama Keris RVII yang bertanding di kategori Prototype Gasoline berhasil menjuarai kompetisi mobil hemat dengan rekor jarak tempuh 792km untuk setiap liter bensin — .ini artinya secara teoritis mampu mengelilingi bumi hanya dengan 60 liter bensin.

Kategori Urban Concept lebih memerhatikan desain kendaraan konvensional roda empat yang hemat bahan bakar, sesuai dengan kebutuhan pengemudi saat ini. Sedangkan Kategori Prototype memperlombakan kendaraan berbentuk futuristik yang bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui elemen desain yang inovatif. Keduanya dirancang untuk tujuan yang sama, menempuh jarak terjauh dengan satu liter bahan bakar.

UI CAR

“Kami sangat bangga dapat mengharumkan nama Indonesia pada ajang bergengsi ini dan dapat belajar banyak dari seluruh peserta dari negara lainnya di Asia. Ke depannya, kami bersama UI-SMV akan terus mengembangkan disain mobil menjadi lebih aerodinamis dan irit bahan bakar,” ujar Ketua Kontingen, Willy Chandra dari Teknik Mesin FTUI 2012. “Keunggulan mobil hemat kami ada pada nilai aerodinamis yang sangat baik sehingga mampu mengurangi energi yang terbuang akibat gesekan-gesekan serta penerapan eco-driving yang tepat,” tambahnya.

Mobil Kalabia Evo 5 beroda empat menggunakan material carbon fiber composit dan beratnya hanya 75 kg. Adapun Tim Sadewa terdiri atas tujuh mahasiswa UI yaitu Alfian Ibnu (T.Mesin 2013) ; Fatahillah Putra (T.Mesin 2012) ; Andre Widianto (T.Mesin 2013) ; Reisa Adityo (T.Mesin 2013) ; Andro Cohen (T.Mesin 2014) ; Jefri Alonso (T.Mesin 2013) dan Aldino Jazmi (T.Elektro 2012).

Sementara mobil Keris RVII karya tim Nakoela yang hanya berbobot 40kg menggunakan material carbon fiber, honeycomb, dan alumunium. Dalam mendesain, membangun, memilih komponen dan material mobil, Keris RVII telah melalui perhitungan matang dan disimulasikan melalui software. Tim Nakoela terdiri atas tujuh mahasiswa UI yaitu Diatri Mika (T.Metalurgi&Material 2013) ; Willy Chandra (T.Mesin 2012) ; Wirangga Pradipta (T.Mesin 2013) ; Dhedhe Rodat (T.Mesin 2013); Musthada Murayid (Metalurgi&Material 2013) ; Immanuel Santoclin (T.Mesin 2014) dan Guardio Orlando (T.Elektro 2014).

UI CAR

Baik tim Sadewa maupun Nakoela adalah bagian dari UI SupermileageVehicle (UI-SMV) yang merupakan sebuah perkumpulan otomotif bentukan mahasiswa UI lintas fakultas dengan moto “We design, build and race the best vehicles with the best efficiency.” Pada ajang SEM Asia 2016, tidak kurang 117 tim dari 17 negara di Asia, Timur Tengah dan Australia yang mengikuti kompetisi ini. Sedangkan perwakilan dari Indonesia terdiri atas utusan dari Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sebelas Maret Solo, Institut Teknologi Bandung dan UI.

Kompetisi ini ditujukan untuk merancang dan membangun kendaraan yang paling hemat energi dimana pemenangnya adalah kendaraan yang dapat bergerak jarak terjauh dengan menggunakan bahan bakar atau energi paling sedikit

“Kami mengikuti kompetisi ini sudah enam tahun dan telah meraih lima piala. Tim ini selalu bersiap diri sepanjang tahun,” papar Profesor DR. Ir. Bambang Sugiarto M.eng yang merupakan pembimbing tim Nakoela dan Sadewa sekaligus Guru Besar Ilmu Otomotif Teknik Mesin UI. “Sebagai juara Asia, tim ini berkesempatan mengikuti Shell Eco-Marathon tingkat dunia yang akan dilaksanakan Juni nanti di London, Inggris. Mohon dukungan dari seluruh stakeholder di Indonesia agar kami dapat berprestasi di tingkat dunia,” tambahnya.

Karena mobil kompetisi hasil rancangannya sarat teknologi buah pemikiran dirinya dan tim Sadewa, hak paten pun dirasa perlu. “Kami akan melindung diri dengan paten (HAKI) untuk desain kendaraan dan teknologi permesinannya yang high efficiency engine,” tukas Dekan FTUI 2008-2014 ini.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *