Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Mitsubishi Uji Coba Perdana Crossover MPV Reli Pertama di Dunia, XPANDER AP4

Setelah melalui uji coba di lintasan gravel oleh pembalap XRT sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar, selanjutnya XPANDER AP4 akan melalui tes uji coba pada lintasan aspal dalam waktu dekat. Dan jika situasi sudah lebih kondusif, XPANDER AP4 akan siap berpartisipasi di kejuaraan lokal sprint rally pada akhir tahun 2020 mendatang.

BestCar Indonesia – Setelah meluncurkan tim balap reli XPANDER Rally Team (XRT) pada Juli 2019 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bersama XRT melanjutkan persiapan Mitsubishi XPANDER AP4 dengan melakukan uji coba perdananya di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten, Sabtu lalu (11/07/2020).

“Kolaborasi kami bersama dengan tim XRT dalam mewujudkan Crossover MPV seven-seater pertama yang dimodifikasi dan bergabung dengan AP4 Rally terus berlanjut. Meskipun di tengah situasi yang belum kondusif, MMKSI dan XRT tetap berkomitmen dalam mempersiapkan Mitsubishi XPANDER AP4 untuk ajang rally nasional maupun internasional. Ini adalah salah satu upaya kami dalam mempersembahkan petualangan baru yang unik yang hanya dimiliki oleh keluarga Mitsubishi XPANDER dan tentunya akan kami bagikan pengalaman ini untuk dinikmati para konsumen kami di Indonesia,” ungkap Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI.

Sebagai catatan, Mitsubishi Motors memiliki sejarah dalam mengikuti sejumlah ajang motorsport secara global yang menjadi laboratorium alam guna menguji performa kendaraan, kenikmatan berkendara, kenyamanan dan tentunya fitur keamanannya. Selain itu, pengalaman dan pengetahuan yang dikembangkan melalui partisipasi dalam motorsport, merupakan feedback yang baik untuk pengembangan model Mitsubishi Motors.

Begitu juga dengan XPANDER AP4, yang kehadiranya di Indonesia berawal dari ditampilkannya XPANDER AP4 concept pada ajang pameran otomotif IIMS, April 2019 lalu. Kemudian pada Juli 2019 XPANDER AP4 kembali ditampilkan di pameran otomotif dengan tampilan desain yang sudah menyerupai aslinya, yaitu dalam bentuk prototype.

Di saat yang bersamaan, XPANDER AP4 sedang melewati masa riset dan pengembangan di Ralliart Selandia Baru, dan menjadi Crossover MPV yang dibangun dan dikembangkan untuk menjadi sebuah mobil reli. Setelah melewati proses homologasi, XPANDER AP4 dengan basis crossover terbaru (XPANDER CROSS) akhirnya hadir di Indonesia. Meski demikian, XPANDER AP4 belum berkesempatan untuk menunjukkan performanya di ajang Reli di Indonesia akibat kondisi pandemi Covid-19 yang menunda Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally dan Speed Rally di sepanjang tahun 2020. Tapi tentu saja, uji coba demi kesiapan XPANDER AP4 tetap dilakukan.

XPANDER AP4 untuk pertama kalinya menjalani uji coba di Indonesia yang dilakukan di lintasan gravel. Pembalap XRT sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan, “Saya sangat puas pada uji coba perdana Mitsubishi XPANDER AP4 kami di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Sabtu lalu. Testing sejauh 100 kilometer itu sangat bermanfaat, karena kami mendapatkan data otentik mengenai semua performance di mobil tersebut, mulai dari mesin, transmisi, suspensi dan juga sasis”.

Berdasarkan hasil uji coba perdana di lintasan gravel, XPANDER AP4 menunjukkan performa dan hasil yang baik dan tidak ditemukan masalah yang berarti. Dari hasil tersebut, diperoleh data-data yang berguna dalam pengembangan dan penyesuaian XPANDER AP4 selanjutnya baik dari sisi bahan bakar, ban, air pendingin turbo, dan sebagainya.

Seperti apa performa fenomenal yang ditunjukkan XPANDER AP4 pada latihan perdananya? Nah, silakan Anda simak di video berikut ini:

Selanjutnya, XPANDER AP4 akan melalui tes uji coba pada lintasan aspal dalam waktu dekat, dan jika situasi sudah lebih kondusif, XPANDER AP4 akan siap berpartisipasi di kejuaraan lokal sprint rally pada akhir tahun 2020 mendatang.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *