Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR NEWS - Mitsubishi Forwot

Mitsubishi Pajero Sport, Car of the Year 2016 Versi FORWOT

Mitsubishi All-New Pajero Sport meraih poin tertinggi dengan total nilai 189,5 poin, mengungguli Kijang Innova yang mengumpulkan 140 poin, Honda Civic dengan 126,5 poin, Toyota Sienta dengan 90 poin, dan Chevrolet Trax yang mendulang 79 poin

BestCar Indonesia – Kamis (22/09-2016), Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) akhirnya mengumumkan Mitsubishi All-new Pajero Sport sebagai mobil terbaik yang beredar di Indonesia tahun ini. Mitsubishi All-new Pajero Sport dinobatkan sebagai FORWOT Car of the Year (FCY) 2016, mengalahkan empat finalis lainnya (Chevrolet Trax, Honda Civic, Toyota Kijang Innova, dan Toyota Sienta).

“Hasil penilaian para juri menunjuk All-New Pajero Sport sebagai FORWOT Car of the Year 2016, dengan total nilai 189,5 poin. Pajero Sport sukses mengungguli Kijang Innova yang mengumpulkan 140 poin, Honda Civic dengan 126,5 poin, Toyota Sienta dengan 90 poin, dan Chevrolet Trax yang mendulang 79 poin,” ujar Gede Widiastra, Ketua Juri FCY 2016.

BESTCAR NEWS - Mitsubishi Forwot

FORWOT Car of the Year (FCY) merupakan pemilihan mobil terbaik yang dilakukan oleh para jurnalis otomotif yang bernaung di bawah payung Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) yang telah dilaksanakan sejak 2009. Pada penyelenggaraan tahun ini, panitia pelaksana FCY 2016 menyaring 28 model mobil  yang benar-benar baru (all-new), yang diluncurkan dan dipasarkan oleh 16 Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia selama periode Agustus 2015 hingga Juli 2016. Ke-28 model mobil yang menjadi nominator tersebut dinilai berhak untuk diikutkan pada proses pemilihan “Mobil Terbaik 2016” versi FORWOT.

Sedikit berbeda pada tahun ini, FCY melibatkan seluruh anggota FORWOT dalam mencari lima mobil terbaik dari 28 model yang memenuhi persyaratan. Kelima mobil terbaik kemudian melalui proses penjurian untuk memilih satu mobil terbaik, dengan sistem pengumpulan poin.

Menurut Ketua Umum FORWOT, Indra Prabowo, proses penjurian FCY 2016 masih tetap mengacu pada “Car of the Year” dari Car of the Year  Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa, namun telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif di Indonesia. “Ada 25 juri dari jurnalis otomotif di Indonesia yang dilibatkan untuk proses pemilihan FCY 2016. Para juri memilih mobil terbaik dengan cara polling dan penilaian scoring yang ketat,” kata Indra, Kamis (22/9/2016).

BESTCAR NEWS - Mitsubishi Forwot

Untuk menentukan satu pemenang FORWOT Car of the Year, dewan juri berasal dari 25 wartawan otomotif berbagai media Nasional yang bekerja keras memilih dari 5 finalis FORWOT Car of the Year setelah disaring dari jumlah total mobil baru (all new) yang dipasarkan di Indonesia dalam periode waktu tertentu yang telah ditentukan dewan juri.

Lima finalis dari nominator yang ada dipilih berdasarkan voting, yang kemudian dari hasil lima finalis FORWOT Car of the Year ini, setiap juri memilih kembali mobil terbaik berdasarkan pertimbangan profesional mereka sebagai wartawan di bidang otomotif. Pemilihan ini ditentukan dari poin yang diberikan juri (system scoring), setiap juri mendapat bekal 25 poin yang harus dihabiskan untuk memilih mobil terbaik dari lima finalis FORWOT Car of the Year. Pemenang adalah mobil yang meraih poin tertinggi.

Kriteria penjuriannya sendiri mencakup Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental requirement, Driver Satisfaction, dan Price. Selain itu tentu saja preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain.

Indra Prabowo berharap FORWOT Car of the Year mampu memberikan sumbangsih kepada para pelaku industri otomotif Nasional sekaligus menjadi panduan bagi segenap konsumen otomotif di Tanah Air.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *