Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Mitsubishi Luncurkan New Colt L300, Kini dengan Mesin Baru Euro-4 2.268cc

Menggunakan mesin Diesel baru 4N14 yang telah berspesifikasi Euro-4 dengan daya sekitar 40% lebih besar dari model sebelumnya, generasi terbaru model SUPER Pick-up legendaris yang menjadi andalan bisnis konsumen Indonesia untuk beberapa generasi sejak tahun 1981 ini ditawarkan dalam dua varian, masing-masing dengan banderol Rp218,650 juta dan Rp213,650 juta (harga on-the-road, Jakarta).

BestCar Indonesia – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada Selasa (28/06/2022) secara resmi meluncurkan NEW Colt L300, generasi terbaru dari model “SUPER” pick-up legendaris di Indonesia yang sangat dikenal. Menggunakan mesin Diesel baru 4N14 yang telah berspesifikasi Euro-4, pikap Mitsubishi yang menjadi andalan bisnis konsumen Indonesia untuk beberapa generasi sejak tahun 1981 ini ditawarkan dalam dua varian, yaitu Pick-up Flat Deck dan Cabin Chassis, masing-masing dengan banderol Rp218,650 juta dan Rp213,650 juta (harga on-the-road, Jakarta).

“NEW Colt L300 hadir untuk menyempurnakan model sebelumnya yang telah menjadi kendaraan niaga ringan andalan dan partner bisnis legendaris terpercaya konsumen di Indonesia selama lebih dari empat puluh tahun. Fitur yang disematkan pada NEW Colt L300 memberikan lima kelebihan utama yakni, memberikan lebih banyak tenaga dengan mesin baru 4N14, lebih lega dengan kargo berdaya muat yang lebih besar, lebih nyaman dengan beragam ubahan interior, lebih ekonomis dengan perawatan di lebih dari 300 bengkel resmi, dan suku cadang yang mudah didapat di lebih dari 3.500 jaringan suku cadang di seluruh Indonesia, serta konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan ekonomis dengan spesifikasi Euro-4, yang kesemuanya akan memberikan banyak keuntungan dan memenuhi harapan konsumen NEW Colt L300,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI pada acara peluncuran New Colt L300 yang dilakukan secara virtual, Selasa (28/06/2022).

Model L300 sebagai pick-up andalan usaha konsumen beberapa generasi juga dibuktikan dengan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan pangsa pasar lebih dari 63% (Berdasarkan data penjualan retail MMKSI di Indonesia hingga Januari – Mei 2022), dan total populasi di Indonesia saat ini lebih dari 660.000 unit (Berdasarkan data penjualan retail L300 di Indonesia 1981 hingga Mei 2022).

Mengusung tagline “5UPER Launch” pada peluncurannya kali ini, NEW Colt L300 merepresentasikan reputasinya yang telah dikenal masyarakat di Indonesia sebagai “kendaraan SUPER Jagoan pick-up” selama lebih dari 40 tahun dan menjadi partner usaha beberapa generasi di Indonesia. Generasi terbaru NEW Colt L300 sendiri dihadirkan untuk memperkuat beragam keunggulan “Jagoan pick-up” yang selama ini telah menjadi andalan usaha konsumen dengan lima kelebihan utama yang digambarkan melalui akronim “SUPER”:

  • “S” untuk “Super Strong”. NEW Colt L300 merupakan kendaraan niaga kuat berperforma tangguh yang melegenda. Kini NEW Colt L300 hadir lebih tangguh dengan mesin diesel baru tipe 4N14 berkapasitas 2.268cc DOHC 4-silinder segaris, Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharged yang menghasilkan tenaga 99,25 Ps/ 3.500rpm dan torsi 200Nm/ 1.000-3.500rpm atau sekitar 40% lebih besar dari model sebelumnya untuk mendukung muatan lebih banyak dan dengan tenaga tarikan yang lebih besar;
  • “U” untuk “Super Untung”. NEW Colt L300 kini hadir dengan ukuran kargo 8% lebih luas, atau lebih panjang 200mm menjadi 2.630mm, sehingga lebih unggul dan menguntungkan pengusaha dari sisi kapasitas daya angkut, yang menjadi poin utama andalan kendaraan pick-up. Selain itu, NEW Colt L300 juga menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Tentu saja, kombinasi keduanya dapat memaksimalkan keuntungan;
  • “P” untuk “Super mudah dalam Perawatan”. Perawatan model NEW Colt L300 sangat mudah dengan jaminan garansi, serta perawatan kendaraan yang dapat dilakukan di lebih dari 300 jaringan bengkel/ diler resmi, dan ketersediaan suku cadang di lebih dari 3.500 outlet suku cadang yang tersedia di seluruh Indonesia. Dengan kemudahan perawatan, ketersediaan suku cadang berstandar resmi Mitsubishi, serta ketahanan kendaraan seperti yang telah dikenal pada generasi model sebelumnya, NEW Colt L300 juga memiliki ketahanan produk dengan usia pakai yang awet untuk jangka waktu yang lama1;
  • “E” untuk “Super Enak dipakai”. Penyegaraan NEW Colt L300 terdapat baik pada sisi kenyamanan interior, tampilan eksterior, dan juga pilihan varian. Fitur unggulan dan kenyamanan pada sisi interior NEW Colt L300 terdapat pada kabin yang luas dan lega; desain speedometer baru, dan juga pegangan pintu baru, serta posisi speaker yang baru. Pada sisi eksterior NEW Colt L300 mendapatkan penyegaran tampilan dengan desain bumper baru; dan juga desain grille baru dengan porsi balutan chrome yang lebih banyak. NEW Colt L300 juga mendapatkan ubahan dengan posisi kabin lebih tinggi 100mm, yang memberikan rasa aman untuk konsumen dengan visibilitas yang lebih baik;
  • “R” untuk “Super Ramah Lingkungan”. NEW Colt L300 dilengkapi dengan mesin diesel 4N14 dengan standar spesifikasi Euro-4 yang menghasilkan emisi lebih ramah lingkungan, dan memastikan konsumsi bahan bakar lebih irit dan efisien dibandingkan dengan model sebelumnya.

Varian, Program Penjualan, dan Harga On The Road (OTR)

Terdapat dua pilihan varian untuk NEW L300 yakni, Pick-up Flat Deck dan Cabin Chassis, yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kesesuaian dan kebutuhan bisnis konsumen. Masing-masing dibanderol dengan harga Rp218,650 juta dan Rp213,650 juta (harga on-the-road, Jakarta). MMKSI juga memberikan program pembiayaan yang menarik dan program tambahan yang menyesuaikan di masing-masing area.

 

No Varian NEW Colt L300 Warna Harga OTR*
1 Pick-up Flat Deck Hitam Rp 218.650.000
2 Cabin Chassis Hitam Rp 213.650.000

*Harga OTR DKI Jakarta

Untuk tiap pembelian unit baru NEW Colt L300, konsumen berkesempatan memanfaatkan program penjualan menarik sebagai berikut:

  1. Program pilihan cashback, atau
  2. Program pilihan pembiayaan melalui PT. Dipo Star Finance (S&K berlaku):
  • DP ringan 10% (untuk area tertentu), atau
  • Bunga 0% sampai dengan tenor 1 tahun, atau
  • Paket “SMART Cash” dengan Bunga 0% dan gratis asuransi serta biaya admin
  1. Hadiah langsung TV LED (program tidak berlaku untuk area JABODETABEK, Banten, dan Sumatera)

Menurut Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT MMKSI, sekarang ini New Colt L300 memang diproduksi di MMC Filipina. “Pada dasarnya kami bisa saja memproduksi New L300 ini di Indonesia. Namun karena ada beberapa pertimbangan yang berkaitan dengan hal teknis, untuk awal ini kami putuskan impor dulu dari Filipina. Tapi kondisi ini akan terus dikaji, kami akan menghadirkan langkah yang terbaik buat konsumen kami,” ungkapnya.

Namun, ditegaskan oleh Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Tetsuro Tsuchida bahwa konsumen tidak perlu khawatir mengenai proses pengiriman, meski New Colt L300 diproduksi di Filipina. “Selain karena Filipina tidak jauh dari Indonesia, kami tentu saja berusaha yang sebaik-baiknya supaya stok tetap aman, sehingga pengiriman ke konsumen tidak terdampak. Jadi konsumen tidak perlu khawatir denga masa inden. Tidak ada hambatan inden yang lama,” ujarnya.

 

Kemudahan Perawatan Dengan Biaya Efisien

Di sisi layanan purna jual, konsumen akan mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan layanan servis berstandar Mitsubishi dengan lebih dari 300 jaringan bengkel/ diler resmi di Indonesia, serta lebih dari 3.500 jaringan outlet suku cadang yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, untuk tiap pembelian unit baru NEW Colt L300 di diler resmi Mitsubishi Motors, konsumen dapat lebih merasakan kemudahan layanan purna jual melalui beragam keuntungan seperti:

  • Garansi kendaraan selama 50.000 km/ 2 tahun (mana yang tercapai lebih dulu)
  • Garansi battery selama 20.000 km/ 1 tahun (mana yang tercapai lebih dulu)

Dengan kemudahan layanan yang diberikan pada tiap pembelian NEW Colt L300, konsumen akan , juga kemudahan untuk mendapatkan beragam layanan purna jual. Tak hanya itu kemudahan untuk konsumen didukung beragam layanan yang memudahkan konsumen, seperti call center Mitsubishi Motors Customer Care dan Layanan Siaga 24 Jam, yang dapat diakses melalui 0804-1-300-300, juga melalui aplikasi My Mitsubishi Motors ID.

Pertanyaannya, apabila ada konsumen New L300 yang menggunakan bahan bakar tidak sesuai dengan standar Euro4 dan mengakibatkan kerusakan pada kendaraannya, apakah garansi untuk kendaraan tersebut akan hangus? Nah, menurut Eiichiro Hamazaki, Director of After Sales Division PT MMKSI, soal ini memang paling banyak ditanyakan oleh konsumen.

Jadi saya perlu jelaskan, bahwa pada dasarnya New Colt L300 memiliki garansi 2 tahun atau 50.000 kilometer, mana yang lebih dulu tercapai. Namun perlu ditekankan kalau ada kerusakan part karena bahan bakar yang tidak sesuai, maka garansi akan gugur hanya untuk part-part yang teridentifikasi rusak, tapi tidak menggugurkan garansi kendaraan secara keseluruhan. Dengan kata lain, garansi tidak mencakup terjadinya kerusakan part yang diakibatkan oleh penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan yang direkomendasikan, sedangkan kerusakan part lainnya yang tidak terdampak dari hal di atas masih termasuk ke dalam garansi,” papar Eiichiro Hamazaki.

Untuk memastikan mesin dalam performa terbaik dengan kinerja yang optimal untuk memberikan torsi lebih besar dan bertenaga, menghasilkan gas buang standar Euro4, memberikan konsumsi bahan bakar lebih irit, serta suara mesin yang lebih senyap, MMKSI merekomendasikan penggunaan bahan bakar berstandar Euro-4.

“New L300 dilengkapi dengan engine 4N14 yang telah berspesifikasi Euro-4, penyesuaian yang dominan ada pada pembakaran dan gas buang. Selain menghasilkan performa yang lebih baik dengan torsi lebih besar dan bertenaga serta emisi gas buang jauh lebih rendah, suara mesin New Colt L300 juga jauh lebih senyap. Nah, manfaat yang optimal dari mesin Euro-4 ini harus didukung oleh bahan bakar diesel yang sesuai, yaitu dengan angka Chetane 51 dan kandungan Sulfur tak lebih dari 50 ppm. Karena itu, kami merekomendasikan agar pengguna tetap menggunakan bahan bakar dengan standar Euro-4 agar performanya maksimal,” papar Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT MMKSI.

Lalu bagaimana jika konsumen tidak punya pilihan bahan bakar solar yang sesuai dengan ketentuan emisi Euro-4, misalnya hanya ada biosolar yang standar emisinya masih Euro-2? “Tidak perlu khawatir, bahan bakar yang kurang sesuai dengan standar emisi Euro-4 pun tidak akan langsung merusak mesin, dalam arti tidak ada risiko kendaraan akan mogok mendadak jika meggunakan bahan bakar yang tidak direkomendasikan, yang penting harus dilakukan perawatan secara rutin. Kita telah mengantisipasi kemungkinan terjadinya kondisi seperti ini dengan menyempurnakan layanan purna jual kami, khususnya suku cadang yang fast moving,” timpal Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI.

“Kami merekomendasi konsumen kami untuk melakukan perawatan berkala mulai dari free service seperti model kami sebelumnya di jaringan dealer kami. Mobil ini, dengan spesifikasi Euro-4, akan meberikan performa yang baik, termasuk juga konsumsi bagan bakar yang lebih irit. Kami percaya penggunaan bahan bakar tepat akan berbalik memberikan keuntungan ekonomi buat konsumen keseluruhannya.

Jika kostumer tidak punya bahan bakar yang sesuai, kami sarankan agar mereka tetap melakukan perawatan secara rutin, seperti melakukan penggantian fuel filter secara berkala di dealer resmi,” tutup Eiichiro Hamazaki.

 

Teks: Yusran Hakim

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *