Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
Jeep Wrangler Gen-4 EcoDiesel V6 3.0L + Transmisi 8-speed

Mesin EcoDiesel V6 3.0L + Transmisi 8-speed untuk Jeep Wrangler Gen-4

BestCar Indonesia – Menurut situs Autoblog, sumber anonim di Fiat-Chrysler Automobile (FCA) telah mengkonfirmasi bahwa Jeep Wrangler generasi berikutnya (generasi keempat) akan tersedia dengan mesin diesel V6 3.0-liter plus transmisi otomatis 8 tingkat kecepatan. Jika itu benar, ini adalah untuk pertama kalinya kombinasi powertrain tersebut diaplikasi pada Jeep Wrangler – sejauh ini produsen asal Amerika Serikat yang kini di bawah kepemilikan Fiat itu hanya menawarkan kombinasi powertrain seperti itu untuk truk pikap Dodge Ram 1500 dan Jeep Grand Cherokee.

Gabrielle Schulte yang ‘mewakili’ Jeep mengatakan kepada AutoBlog bahwa FCA tidak mengomentari produk masa depan mereka terkait dengan isu powertrain baru untuk Wrangler tersebut. Namun, pasangan mesin EcoDiesel dan Jeep Wrangler sebetulnya telah menjadi isu sejak 2013, ketika produsen asal Amerika itu memperkenalkan mesin diesel berkapasitas kecil untuk pertama kalinya di pasar. Satu-satunya pertanyaan sekarang adalah, kapan? FCA mengindikasikan bahwa transmisi ZF 8-speed akan menjadi bagian dari kombinasi powertrain baru Jeep Wrangler di 2018. Faktanya, Wrangler memang menjadi model dengan penjualan yang kuat di pasar, sehingga Jeep merasa ada sedikit tekanan untuk buru-buru memperbaruinya ke dalam produksi.

Masalah utama untuk Jeep adalah bagaimana membuat Wrangler memenuhi tuntutan semakin ketatnya regulasi efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang tanpa mengganggu daya tarik khasnya kepada pelanggan. Kombinasi mesin diesel dan transmisi 8-speed terbukti mampu membuat Dodge Ram EcoDiesel 1500 menjadi juara dalam konsumsi bahan bakar di antara jajaran pikap full-size di Amerika. Itu berarti mestinya Jeep mampu melakukan yang lebih baik untuk Wrangler yang lebih kecil dan lebih ringan, terutama jika (mesin dan transmisi) itu dibuat dari material aluminium.

Mesin diesel mengalami sedikit ‘kebangkitan’ di Amerika pada saat yang sama ketika Eropa mulai ‘berpaling’ dari mesin berbahan bakar fosil. Setelah embargo minyak di era 70-an, pemerintah di benua Eropa mendorong penggunaan mesin diesel, karena jauh lebih irit dibanding mesin bensin. Di beberapa negara, seperti Prancis, mesin diesel digunakan oleh hampir 80% dari semua mobil penumpang di jalan. Tapi mesin diesel memiliki masalah untuk memenuhi regulasi baru tingkat emisi gas buang yang lebih rendah oleh Uni Eropa – mulai diterapkan secara penuh pada tahun 2020.

Tapi terlepas dari persoalan emisi, yang pasti satu hal dapat diyakini bahwa Wrangler dengan mesin diesel 3.0-liter dan transmisi 8 tingkat kecepatan adalah kombinasi yang sangat diharapkan oleh para penggila Jeep.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *