Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
BESTCAR NEWS - Mercedes X Class

Mercedes Pikap Bakal Diberi Nama X-class?

BestCar Indonesia – Mercedes-Benz dijadwalkan akan memperkenalkan pikap barunya yang akan datang di pameran mobil Paris Motor Show 2016 awal Oktober mendatang. Seperti dilaporkan Auto Express, pikap yang kemungkinan akan ‘distempel’ dengan badge X-Class ini diharapkan untuk mulai dijual pada akhir 2017.

Pikap midsize pertama Mercedes yang rencananya akan dijual di pasar Eropa, Afrika Selatan, Amerika Latin dan Australia ini akan berbagi sebagian mekanikanya  dengan Nissan Navara, meskipun sumber tenaga tetap diharapkan berasal dari Mercedes-Benz sendiri – kemungkinan berupa mesin 4-silinder atau 6-silinder, bahkan hybrid bensin-listrik yang bakal menyusul dalam siklus produk pikap Mercy ini.

BESTCAR NEWS - Mercedes X Class

Mercedes-Benz juga disebut-sebut akan menawarkan pikap pertamanya ini dalam beberapa versi yang berbeda; varian komersial dengan kabin sederhana dan trim yang lebih kasar, dan varian yang lebih mewah dengan semua kenyamanan SUV Mercedes SUV seperti GLE.

Namun Mercedes-Benz sendiri sepertinya tidak berencana untuk menjadikan pikap terbarunya itu terlihat layaknya “pikap gambot untuk Amerika Utara,” seperti yang ditegaskan Kepala Divisi Mercedes Van, Volker Mornhinweg, kepada Britain’s car beberapa waktu lalu. Itu artinya pikap Mercedes-Benz ini secara kemasan akan lebih mirip dengan Volkswagen Amarok daripada Mercedes-Benz GLS dengan bak belakang terbuka.

BESTCAR NEWS - Mercedes X Class

“Kami akan memasuki segmen (pikap) ini dengan identitas merek khas kami dan semua atribut kendaraan yang menjadi ciri khas Mercedes-Benz yang berkaitan dengan keselamatan/keamanan, kenyamanan, powertrain, dan nilai,” ungkap bos Mercedes-Benz Dieter Zetsche dalam sebuah wawancara dengan Automotive News pada tahun lalu (2015).

Seperti diketahui, Mercedes-Benz bekerjasama dengan Nissan dalam mengembangkan pikap barunya yang berbasis Nissan Navara, sebagai langkah untuk memotong biaya pengembangan sekaligus memaksimalkan rekayasa ketelitian. Itu sebabnya pikap tes Mercedes yang tertangkap kamera beberapa waktu lalu terlihat banyak sekali kemiripannya dengan pikap Nissan Navara. Namun, ada beberapa ciri yang memperlihatkan pikap itu bukan Nissan, meski dalam kondisi disamarkan total sekalipun.

BESTCAR NEWS - Mercedes X Class

Pertama, fender yang lebih lebar daripada milik Nissan Navara ini, dan ini menimbulkan asumsi bahwa pikap Mercedes ini nantinya akan memiliki track roda yang lebih lebar. Ada juga tonjolan di kap mesin (bonnet/hood) dan atap yang dirancang untuk menyembunyikan detail bodywork – detail inilah yang nantinya akan menjadi salah satu ciri eksklusif Mercedes-Benz untuk pikap baru mendatangnya. Kedua, pikap uji Mercedes yang terlihat juga memiliki bentuk rel bak (bed rails) di bak kargo (cargo bed) yang menarik. Berbeda dengan pikap Navara, bed rails pikap Mercedes menjungkat ke atas hingga bertemu dengan windowsill belakang. Ini bisa jadi merupakan bagian dari samaran dari mobil uji pikap Mercedes ini, tetapi bias jadi juga merupakan salah satu fitur desain khas yang bakal membedakan tampilan pikap Mercedes dari Navara.

BESTCAR NEWS - Mercedes X Class

Awalnya ada dugaan Mercedes akan memberi nama pikap barunya itu GLT dan menyematkan styling khas dari SUV GL-Class. Bahkan kemungkinan Mercedes juga menggunakan pilihan powertrain dari GL-Class yang mencakup mesin bensin atau diesel empat dan enam silinder. Sebagai pilihan penerus daya mesin ke roda, disebut-sebut Mercedes akan menggunakan transmisi manual 6-kecepatan dan otomatis 7-kecepatan sebagai fitur standar, dengan transmisi 4MATIC AWD Mercedes sebagai opsional.

BESTCAR NEWS - Mercedes X Class

Meskipun Mercedes telah mengonfirmasi pikap barunya itu akan dijual di Eropa, Australia, Afrika Selatan, dan Amerika Latin, tapi sejauh ini belum diketahui apakah pikap berlambang ‘three pointed star’ ini juga akan dipasarkan di Amerika Serikat. Yang juga belum diketahui adalah seberapa mewah pikap Mercedes ini nantinya. Untuk pasar Australia dan Afrika Selatan, varian pikap Mercedes yang bakal dijual kemungkinan akan menyasar kelas pekerja. Tapi jika benar akan dijual juga untuk pasar Amerika Serikat, tentunya pikap Mercedes akan datang dengan semua fasilitas mewah khas Mercedes-Benz.

Bakal dibangun untuk Mercedes dan mitra aliansi Nissan-Renault di pabrik-pabrik di Spanyol dan Argentina, pikap Mercedes secara resmi memulai debutnya pada 2017 dengan jadwal kedatangannya di diler-diler pada 2018 atau 2019/2020.

Teks: Yusran Hakim


SPEsifikasi teknis:

Model year: 2020

Merek: Mercedes-Benz

Layout: Front Engine; 2WD, 4WD (estimasi.)

Harga: US$ 30.000 (estimasi.)

Engine: Bensin dan diesel 4 atau 6 silinder segaris (estimasi.)

Horsepower hp @ RPM: 208 (estimasi.)

Torsi Nm @ RPM: 258 (estimasi.)

Displacement: 2.0 L (estimasi.)

Akselerasi 0-100km/jam: 9,5 detik. (estimasi.)

Top Speed: 125mph

Transmisi: Manual 6-speed, Otomatis 7-speed automatic (Est.)

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *