Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
Mercedes A-Class Saloon akan dibangun berbasis platform MFA, menawarkan kenyamanan kursi belakang dan ruang bagasi yang lebih baik dari CLA.

Mercedes A-Class Saloon Siap Hadapi Audi A3 dan BMW S1 Sedan di 2018

Diposisikan antara Mercedes CLA dan Mercedes C-Class, target utama A-Class Saloon yang siap meluncur tahun 2018 adalah pasar Cina dan Amerika Utara yang menerapkan setir-kiri, meskipun versi setir-kanan juga bakal dibuat — menunjukkan bahwa pasar Inggris, Australia, Jepang, India, dan Thailand (bahkan mungkin juga Indonesia) kemungkinan juga memperoleh jatah sedan entry-level baru Mercedes itu.

BestCar Indonesia – Di pasar mobil ‘three-box’ (sedan saloon) entry-level premium, Mercedes-Benz memiliki ‘coupe-esque saloon’, Mercedes-Benz CLA. Tapi selain itu, line-up mobil kompak produsen asal Jerman tersebut akan ada penambahan A-Class Saloon baru yang disiapkan untuk ‘beradu hidung’ dengan Audi A3 Saloon dan BMW Seri-1 Sedan.

Menurut laporan Autocar UK, Mercedes A-Class Saloon akan diposisikan antara Mercedes CLA dan Mercedes C-Class. Target utamanya adalah pasar Cina dan Amerika Utara yang menerapkan setir-kiri, meskipun sumber-sumber di Mercedes-Benz telah mengkonfirmasi bahwa versi setir-kanan juga bakal dibuat — menunjukkan bahwa pasar Inggris, Australia, Jepang, India, dan Thailand (bahkan mungkin juga Indonesia) kemungkinan juga memperoleh jatah sedan entry-level baru Mercedes itu.

Sejauh ini Mercedes-Benz memang belum memberikan konfirmasi untuk A-Class Saloon, namun sumber-sumber di Mercedes-Benz mengatakan kepada media di Inggris bahwa mobil sedan entry-level baru bisa jadi mulai tersedia di dealer sebelum akhir 2018 — yang merupakan tahun dijadwalkannya hatchback A-Class generasi keempat akan diluncurkan secara resmi.

Yang jelas, A-Class Saloon akan menjadi model keenam Mercedes-Benz yang berbasis platform MFA setelah A-Class, B-Class, CLA, CLA Shooting Brake, dan GLA. A-Class Saloon diperkirakan memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan CLA, dengan panjang total 4.630mm, lebar 1.780mm lebar, dan tinggi 1,430mm tinggi. Khusus untuk pasar Cina, Mercedes menyiapkan juga A-Class Saloon versi eksklusif wheelbase panjang.

Mercedes A-Class Saloon akan diposisikan antara Mercedes CLA (seperti foto ini) dan Mercedes C-Class.

Mercedes A-Class Saloon akan diposisikan antara Mercedes CLA (seperti foto ini) dan Mercedes C-Class.

Mercedes-Benz A-Class Saloon akan dibuat dalam dua versi sistem penggerak-roda, front-wheel drive (penggerak roda-depan) dan four-wheel drive (penggerak empat-roda). Selain disediakan dengan mesin bensin M264 2.0-liter turbocharged, mesin diesel OM654 2.0-liter turbocharged, pilihan versi mesin lainnya akan mencakup mesin bensin 1.6-liter turbocharged dan mesin diesel 1.5-liter turbocharged dari Renault-Nissan Alliance. Sebagai penerus daya mesin ke roda, Mercedes-Benz akan menyiapkan transmisi manual 6-speed sebagai model standar. Namun, model yang lebih tinggi akan tersedia berupa transmisi otomatis dual-clutch 9-speed.

Jajaran (line-up) A-Class Saloon nantinya akan dilengkapi juga dengan varian AMG berpenggerak 4-roda sebagai varian paling tinggi, didukung oleh versi baru dari mesin bensin M133 2.0-liter turbocharged yang diklaim mampu memproduksi hingga 400bhp. Sementara varian derivatif-nya akan mencakup A-Class Saloon plug-in hybrid bensin-listrik dengan powertrain yang terdiri dari mesin bensin 2.0-liter M264 sebagai pembangkit tenaga listrik utama.

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *