Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
RinspeedOasis-1

Mengintip Rinspeed Oasis Concept di NAIAS 2017

Anda dapat menggunakan Oasis sebagai ‘kantor beroda’ dan Anda bahkan dapat berbagi dengan pengguna lain yang membutuhkan tumpangan melalui aplikasi inovatif dari MHP.

BestCar Indonesia – Rinspeed Oasis Concept. Boleh dibilang, inilah salah satu mobil konsep self-driving (mampu mengemudi sendiri alias autonomous) yang  paling banyak menyita pengunjung sepanjang gelaran Detroit Auto Show 2017 (North American International Auto Show – NAIAS 2017) sejak 9 Januari lalu hingga berakhir 22 Januari ini. Oasis Concept, bagaimanapun, merupakan gambaran paling mendekati kenyataan bagi masyarakat untuk melihat bagaimana bentuk otomotif perkotaan di masa depan.

Kendaraan autonomous (otonomi) yang praktis dan lincah bikinan pabrikan Swiss ini tidak hanya berarti sebuah mesin fungsional seperti halnya Google Car. Lebih dari itu, Rinspeed Oasis adalah “hal nyata” dari apa yang disebut sebagai mobil masa depan.

RinspeedOasis-2

Oasis diklaim dapat menjadi berbagai fungsi bagi kebutuhan banyak orang, mulai sebagai kendaraan kecil pengantar barang hingga sebagai mobil komuter biasa bertenaga murni listrik. Kabinnya dibekali hanya dua kursi, sebuah bufet, TV, virtual dan layar lebar reality 5K tambahan serta roda kemudi multifungsi yang benar-benar multifungsi (mampu berubah menjadi keyboard atau meja kerja).

RinspeedOasis-3

RinspeedOasis-4

RinspeedOasis-5

RinspeedOasis-6

Dan ya, ini yang unik, Anda bahkan dapat menanam bunga, lobak, atau pohon Bonsai tepat di bawah kaca depan. Tentu, itu bukanlah fungsi utama mobil konsep berkonektivitas tinggi yang sepenuhnya otonom ini – intinya, Anda dapat menggunakan Oasis sebagai ‘kantor beroda’ dan Anda dapat berbagi dengan pengguna lain yang membutuhkan tumpangan. Nah, dalam soal tumpangan ini, Anda dapat memilih dengan siapa Anda ingin berbagi mobil Anda berdasarkan kepentingan atau profesi (yang sama) melalui aplikasi inovatif dari MHP.

RinspeedOasis-8

Dalam hal konektivitas, ‘asisten pribadi’ di mobil konsep ini juga tersedia untuk para pemilik Oasis. Dari dalam rumah, Anda bisa memberi perintah ke ‘asisten pribadi’ di dalam Oasis, berkat Harman Cloud Platform. Di bagian dalam kabin Oasis, tampilan layar lebar 5K mewahnya menggunakan teknologi laser proyeksi holografik yang dikembangkan oleh WayRay, membuat seluruh wilayah yang dikover mampu tampil di layar lebar lebih secara signifikan daripada display head-up konvensional yang digunakan saat ini.

RinspeedOasis-9

RinspeedOasis-10

RinspeedOasis-12

Sebelum tampil di ajang di NAIAS 2017 di Detroit pada 9 – 22 Januari 2017, mobil konsep Rinspeed Oasis sebetulnya telah dipamerkan di ajang CES (Costumers Electronic Show) 2017 di Harman Venue Hard Rock Hotel, Las Vegas, Amerika Serikat pada 4 – 7 Januari 2017 lalu.

Teks: Andri OKA Prayudhi

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *