Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
Civic Tourer Active Life Concept

MENGGODA PARA PESEPEDA

Honda Civic Tourer Active Life Concept

BestCar Indonesia – Honda Civic Tourer Active Life Concept yang secara resmi diluncurkan di ajang Frankfurt Motor Show 2015 mungkin merupakan salah satu model konsep paling unik untuk segmen khusus. Bukan hanya menawarkan ruang kargo superluas, estate (station wagon) Honda ini juga memiliki fleksibilitas unik yang mampu mengubahnya menjadi pengangkut sekaligus mobile workshop yang mumpuni untuk sepeda.

TOURER TEXT 5

Lihat saja, Civic Tourer dibekali ruang interior seluas 1.668 liter (kondisi kursi belakang dilipat) namun dengan ketinggian ruang kargo yang rendah. Lalu bagaimana estate unik ini mampu menggendong dua sepeda (full size bike) dalam posisi berdiri di dalamnya? Jawabannya sederhana, deck kabin Civic Tourer ini menganut rancangan split level, dengan kontur terendah berada di bagian paling belakang, yaitu ruang yang biasanya dialokasikan untuk penyimpanan ban serep atau tangki bahan bakar (fuel tank) yang lazim ditemukan di kendaraan penumpang pada umumnya.

Dengan rancangan ini, kedua unit sepeda diletakkan berdampingan pada posisi menungging menghadap ke arah belakang. Keduanya terikat erat dan aman menggunakan kuncian quick release pada fork.  Mekanisme ini tentu saja menyebabkan roda depan harus dilepas terlebih dahulu, sebelum sepeda didorong mundur ke arah dalam mengikuti roda belakang yang menjejak pada rel khusus yang dirancang sebagai alur penahan roda belakang agar tidak bergeser pada saat kendaraan berbelok tajam sekalipun.

Lalu bagaimana dengan penyimpanan kedua roda depan? Sama mudahnya, cukup dimasukkan melalui pintu penumpang belakang di kedua sisi, lalu letakkan pada celah khusus (berwarna biru) yang berdampingan dengan rel penahan roda belakang. Dan agar kedua roda depan tersebut tidak bergerak dan menabrak kursi depan ketika kendaraan melakukan pengereman mendadak, perancangnya sekali lagi memanfaatkan keunggulan praktis quick release pada hub roda depan yang secara presisi dilekatkan pada celah pengait (berwarna silver) yang dirancang khusus pada dinding dalam kendaraan sebagai front wheel holder.

Sesederhana itu? Ya, sesederhana itu, tapi bukan tanpa ‘kelemahan’. Coba perhatikan jarak antara celah pengait quick release pada dinding kendaraan dengan celah penahan roda depan di lantai kendaraan tersebut, cukup bisa dipastikan bahwa konsep rancangan awal ini hanya didedikasikan untuk roda berukuran 700 atau setidaknya 26inci, dengan ukuran lebar ban maksimal sekitar 2.0inci (rentang antara road dan hybrid). Artinya sepeda All Mountain (AM) atau Down Hill (DH) dengan lebar ban lebih dari 2.35inci, sepertinya bukan target sasaran dari rancangan tersebut, begitu pula dengan 29er apalagi fat bike.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *