Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

‘Mengaspal’ Pertengahan Oktober ini, Harga Resmi Toyota GR Supra Dipatok Rp 1,995 Miliar

Dengan ditetapkannya harga resmi Toyota GR Supra ini, PT. Toyota Astra Motor (TAM) menargetkan pengiriman sportscar legendaris Toyota ini kepada pelanggan akan bisa dilakukan pada pertengahan Oktober 2019 ini. Untuk tahap awal ini, sudah tersedia 4 unit GR Supra yang siap diserahterimakan kepada pelanggan.

BestCar Indonesia Dua bulan sejak diperkenalkan pada ajang pameran GIIAS 2019 lalu, legenda sportscar Toyota GR Supra Generasi ke-5 segera meluncur di jalanan Indonesia. Menjelang serah-terima Toyota GR Supra kepada beberapa pelanggan melalui dealer resmi Toyota pada pertengahan Oktober ini, PT.Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan harga resmi GR Supra yang dipatok Rp 1,995 miliar (OTR DKI Jakarta).

“Dengan ditetapkannya harga resmi GR Supra ini, kami targetkan pengiriman GR Supra kepada pelanggan akan bisa dilakukan pada pertengahan Oktober ini. Sehingga, bagi beberapa customer, khususnya yang sudah menyatakan minatnya untuk memiliki GR Supra, akan dapat segera menikmati sporstcar legendaris ini di jalanan Indonesia,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Kehadiran GR Supra di Indonesia selama pameran GIIAS 2019 berlangsung pada Agustus lalu mendapat banyak perhatian dari masyarakat. Banyak pengunjung dari berbagai lapisan masyarakat mengunjungi booth Toyota untuk melihat langsung sosok Toyota GR Supra yang legendaris, mulai dari eksterior hingga interior dan mesinnya. Bahkan beberapa di antaranya telah menyatakan minatnya untuk memiliki sportscar legendaris tersebut. Sayangnya, permintaan terhadap GR Supra di pasar global yang masih sangat tinggi akhir-akhir ini mengakibatkan kuota GR Supra untuk pasar Indonesia menjadi sangat terbatas.

“GR Supra pertama kali diperkenalkan secara resmi kepada pasar global di Detroit Auto Show, Amerika Serikat, bulan Januari tahun lalu. Sejak itu, banyak ‘sportscar enthusiast’ dari berbagai belahan dunia langsung melakukan proses pemesanan GR Supra. Tingginya permintaan global ini sangat mempengaruhi besaran kuota GR Supra untuk pasar Indonesia menjadi terbatas. Pada phase pertama ini, sudah ada 4 unit GR Supra yang siap untuk kami proses lebih lanjut untuk segera bisa dimiliki para peminatnya di Indonesia,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Kazunori Minamide.

Walaupun terbatas, hingga akhir September kemarin total pelanggan Toyota yang telah menyatakan minatnya untuk memiliki GR Supra telah mencapai lebih dari 15 orang. Dengan adanya minat yang cukup tinggi, TAM sedang berupaya untuk menambah alokasi GR Supra sebagai bentuk komitmen untuk memenuhi setiap kebutuhan dari pelanggan Toyota.

“Sejak kami perkenalkan GR Supra pada Juli lalu, sudah ada lebih dari 15 calon konsumen yang menyatakan minatnya untuk memiliki sportscar legendaris ini. Sebagai bentuk ucapan terima kasih dan apresiasi kami kepada tingginya permintaan dari konsumen, kami berupaya untuk menambah jumlah alokasi GR Supra di pasar Indonesia. Kami harapkan tambahan GR Supra di phase kedua nanti dapat memenuhi minat para konsumen yang sudah ada sejauh ini, setidaknya diusahakan pada akhir bulan Desember 2019, atau paling lambat pada Januari 2020,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.

 

Legenda Sportscar Jepang

GR Supra adalah Generasi ke-5 dari legenda sportscar Toyota Supra yang generasi pertamanya diluncurkan pada 1978. Diikuti Generasi II pada 1981, Generasi III pada 1986, Generasi IV pada 1993 dan pada 2002 produksi  Generasi IV dihentikan. Artinya, model Supra ini sempat vakum selama 17 tahun. Kesempatan untuk menghidupkan kembali “Supra” disambut baik, tidak hanya oleh para konsumen, namun juga oleh Presiden Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda sendiri.

Nama GR sendiri berasal dari GAZOO Razing — merupakan bagian dari Toyota Motor Corporation (TMC) yang bertugas membuat mobil Toyota lebih emosional dan menyenangkan. Dalam pengembangannya, GR Supra melewati serangkaian uji coba di lintasan sirkuit dan berbagai jalan raya. Targetnya, menemukan komposisi dan kunci terbaik sportscar sejati namun tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan sehari-hari.

Pengembangan GR Supra lebih menekankan upaya mencapai kinerja sensivitas yang tinggi, dimana setiap dinamika atau gerak mobil bisa menimbulkan emosi kegembiraan (supreme fun to drive) dan dapat membuat koneksi yang kuat dengan pengemudinya. Karena itu, menghasilkan  driveability yang kuat menjadi salah satu poin utama konsep waku-doki (mengasyikan) dalam pengembangan GR Supra agar bisa tercapai. Melalui tim GAZOO Razing, Toyota sudah mengikutsertakan  prototipe GR Supra pada lomba ketahanan mobil di lintasan sirkuit Nurburgring, Jerman.

Telah menjadi keyakinan atau filosofi Toyota sejak era pendirinya, Kiichiro Toyoda, bahwa kondisi ekstrem di lintasan pacu akan mampu mengungkapkan potensi kendaraan secara menyeluruh — hal yang tidak akan terlihat saat mengemudi sehari-hari di jalan raya. Partisipasi pada ajang motorsport memberi peluang untuk menguji batas maksimum kendaraan, untuk kemudian mendorong batas ini lebih jauh sehingga performa mobil akan menjadi lebih baik. Inilah yang dilakukan Toyota dalam mengembangkan GR Supra.

Sementara itu melalui uji coba di lintasan jalan raya di berbagai negara, para engineer akan mengetahui karakter yang harus dipunyai GR Supra sebagai  sportscar yang akan diproduksi masal dan dipasarkan secara global. Semua itu bertujuan untuk menemukan titik keseimbangan optimal bagi tiga elemen kunci stabilitas kendaraan, yaitu  jarak sumbu roda (wheelabase), tapak  (tread), dan pusat gravitasi (center of gravity). Keseimbangan tiga elemen inilah yang bisa menjamin sportscar sejati ini tetap stabil dalam berbagai kondisi lintasan, terutama saat melewati tikungan.

Dari rangkaian uji coba bertahun-tahun itu, para engineer memutuskan untuk memperkecil rasio wheellbase menjadi 2.470mm. Pusat gravitasinya yang rendah juga memberikan kestabilan saat berkendara, terutama saat menikung. Distribusi berat kendaraan juga dibuat seimbang (50:50) antara bagian depan dengan belakang, dan ini menjadi elemen penting untuk menjaga performa GR Supra agar tidak limbung saat melintasi tikungan.

Guna lebih memperkuat drivability, garden GR Supra dilengkapi teknologi Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol secara elekronik. Fitur ini mampu membuat mobil meluncur mulus saat di tikungan, dan segera bisa dipacu begitu berada pada track yang lurus. Fitur LSD ini sangat diperlukan, mengingat keputusan para engineer untuk tetap mempertahankan konfigurasi legendaris Supra dengan mesin 6-silinder segaris 3.000cc turbocharged.

Sebagai penerus daya mesin ke roda, Toyota membekali GR Supra dengan transmisi 8-speed Sport Automatic. Mesin 3.000cc di balik bonnet panjangnya mampu menghasilkan tenaga maksimal 340PS pada putaran mesin 5.000-6.500rpm dan torsi puncak sekitar 500Nm pada putaran 1.600-4.500rpm.

“Dikembangkan dengan misi untuk mencapai ‘supreme fun to drive’, Toyota GR Supra tak hanya mumpuni di lintasan pacu, namun menjanjikan performa kelincahan dan kenyamanan saat berada di jalan raya. Kehadiran GR Supra merupakan bagian dari semangat Toyota Let’s Go Beyond untuk senantiasa meningkatkan kepuasan pelanggan, sejalan dengan upaya  mewujudkan Total Ownership Experience melalui pilar Beyond Product, Beyond Techonology, dan Beyond Service,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Kazunori Minamide.

 

Eksterior Kian Aerodinamis

Dengan melakukan improvement pada sejumlah titik, eksterior GR Supra kini lebih aerodinamis dibandingkan generasi sebelumnya. Desain bagian atas hadir dengan double bubble yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke spoiler belakang yang berbentuk duck-tail untuk memberi tambahan down force dan memberikan kesan kuat serta sporty. Eksterior GR Supra juga dilengkapi dengan 6 lampu LED pada bagian depan dan kombinasi lampu LED di bagian belakang — keduanya diklaim memancarkan aura premium.

Sementara bagian samping tampak lebih ramping, sehingga velg Alloy Sporty Design yang dibalut ban dengan ukuran 19” terlihat lebih menonjol.

 

Interior 

Pada interior, GR Supra dirancang untuk memberikan kesan alami sehingga pengemudi dapat berkonsentrasi penuh saat mengendarainya. Selain itu, tampilan meter-cluster yang semi digital juga memberikan kemudahan dalam membaca informasi yang ditampilkan. Lalu, untuk membuat perjalanan semakin nyaman, kabin GR Supra juga dilengkapi system multi media berlayar 8,8 inchi dengan teknologi layar sentuh dan didukung 10 speakers yang menghasilkan suara secara jernih.

Tata letak interior GR Supra dirancang untuk memberikan kesan alami, sehingga memungkinkan pengemudi berkosentrasi penuh saat berkendara.  Tampilan meter-cluster memberikan kemudahan dalam membaca informasi yang ditampilkan. Kabin juga dilengkapi sistem multimedia dengan monitor 8 inci berteknologi layar sentuh dan didukung 10 speaker.

 

Suspensi dan Drive Mode

Sebagai pelengkap, GR Supra dibekali dengan suspensi berteknologi AVS (adaptive variable suspension) yang dapat mengontrol respon mobil terhadap permukaan jalan secara otomatis. Selain itu, GR Supra juga dilengkapi dengan mode berkendara ‘Normal’ atau ‘Sport’ yang dapat disesuaikan dengan selera pengemudi.

“Kehadiran Toyota GR Supra selarasdengankebutuhankonsumen di Indonesia yang kiandinamis. Pelanggan kini tidak lagi hanya berorientasi pada aspek fungsional, namun juga pada aspek emosional, salah satunya yaitu mobil yang fun to drive. Inilah yang menjadi arah produk mobil Toyota ke depan, termasuk GR Supra. Melalui GR Supra yang dikembangkan dengan misi untuk mencapai ‘supreme fun to drive’ ini, kami ingin menegaskan komitmen untuk senantiasa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, yang sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever Betters Cars,” kata Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

 

Teks: Yusran Hakim

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *