Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search

Mazda Indonesia Resmi Luncurkan All-New CX-9

Tepat di perayaan satu tahun kehadirannya, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) resmi meluncurkan All-New Mazda CX-9. Di luar perkiraan, SUV premium Mazda ini hanya dibanderol kurang dari Rp 800 juta.

BestCar Indonesia – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), anak perusahaan Eurokars Group sebagai distributor resmi merek Mazda di Indonesia, secara resmi mulai menjual SUV paling mewah di jajaran produk Mazda, All-new Mazda CX-9, Kamis (01/02- 2018). Meski sebelumnya diperkirakan bakal dibanderol sekitar Rp 900 jutaan, ternyata PT. EMI mematok harga resmi SUV mewah 7-seater ini ‘hanya’ Rp 798.800.000,- (OTR, Jakarta), walaupun ada tambahanan harga Rp 4.000.000,- jika Anda memilih warna khusus Soul Red dan Machine Grey.

Pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2009, Mazda CX-9 merupakan crossover SUV dengan tiga baris bangku berkapasitas tujuh penumpang. Kini, All-new Mazda CX-9 yang merupakan generasi kedua CX-9 tampil dengan desain ulang sepenuhnya, sesuai dengan bahasa desain KODO-Soul of Motion dan menggabungkan teknologi SKYACTIV terbaru. All-New Mazda CX-9 diklaim menawarkan kemampuan tanpa batas berkat kehebatannya di segala medan, pengendalian yang hebat, dan efisiensi bahan-bakar terbaik di kelasnya.

All-New Mazda CX-9 menunjukkan keseimbangan yang tinggi antara desain yang menawan dengan kepraktisan harian untuk pengemudi modern. Mobil ini memiliki bobot yang ringan, teknologi efisien yang ditawarkan seluruh jajaran model Mazda, hingga paket yang lebih besar dan lebih premium sebagai model termewah dan terbesar di jajaran model Mazda. Tak heran jika mobil ini dianggap sebagai pemuncak dari jajaran model generasi baru Mazda dan menjadi model KODO design paling premium dan mewah yang pernah ada, membawa konsep ini ke tingkat yang baru dimana para desainer Mazda menyebutnya sebagai Alluring Prestige.

Tak seperti CX-9 generasi pertama yang menggendong mesin besar 3,7-liter, All-New Mazda CX-9 kini dibekali mesin bensin SKYACTIV 2.5 Liter Turbo baru, dengan fitur kendali G-Vectoring Control (GVC) yang diklaim menyuguhkan performa istimewa bahkan untuk berkendara sehari-hari.

Mesin 4-silinder segaris DOHC 16V Turbocharged baru ini diklaim mampu memberikan respon yang lebih instan, dengan tenaga maksimal mencapai 228bhp pada 5.000rpm dan torsi terbesar di kelasnya (420Nm pada 2.000rpm) serta efisiensi bahan bakar tinggi untuk model berpenggerak roda-depan (FWD). Seluruh daya mesin diteruskan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-speed. Hasilnya, Mazda mengklaim All New CX-9 mampu melejit dari kondisi diam hingga 100km/jam dalam waktu 8,2 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 210km/jam.

Pengembangan pada generasi kedua CX-9 ini tetap mempertahankan kedinamisan khas Mazda – pengendalian yang lincah, kemudi yang responsive, serta limpahan tenaga yang terukur. Untuk mendapatkan ini, para ahli di Mazda menemukan solusi cerdas untuk mempertahankan struktur CX-9 tetap ringan namun kokoh, yaitu melalui Teknologi SKYACTIV.

All-New Mazda CX-9 berbobot lebih ringan dari generasi sebelumnya, dengan bobot kotor hanya 2.505kg, membuatnya menjadi yang teringan di kelasnya. Hasilnya adalah terpangkasnya konsumsi bahan bakar hingga mencapai 9,3L/100km atau sekitar 10,75km/liter dan peningkatan akselerasi. Selain itu, karena pemangkasan bobot sebagian besar ada di bagian depan mobil, pengendalian dan respon kemudi juga meningkat.

Di bagian dalam kabin, interior All New Mazda CX-9 mencuatkan aura kemewahan yang elegan. Cenderung minimalis, namun dengan desain dan kualitas premium. Sekujur kabin dipenuhi material terunggul seperti kayu rosewood yang juga digunakan pada beberapa alat musik terbaik di dunia, kulit asli berwarna Black dan Silk Beige yang lembut saat disentuh, material plastik soft touch, serta trim interior aluminium yang menunjukkan penampilan modern.

Untuk menghibur penumpang di dalam kabin All-New Mazda CX-9, Mazda menawarkan sistem konektivitas dan infotainment terbaru lansiran BOSE® dengan 12-speaker yang terintegrasi dengan baik di dalam interiornya. All-New Mazda CX-9 juga memiliki MZD Connect infotainment system dengan layar sentuh 8inci. Yang terbaru, All-New Mazda CX-9 menjadi model pertama Mazda yang memiliki full-colour Active Driving Display (ADD) yang diproyeksikan ke kaca depan.

Tentu saja, SUV mewah Mazda ini juga telah dirancang untuk memaksimalkan keselamatan setiap penumpang di dalamnya. All-New Mazda CX-9 telah dilengkapi dengan sistem keselamatan i-ACTIVSENSE milik Mazda yang terdiri dari rangkaian teknologi keselamatan komprehensif dengan perangkat deteksi canggih. Sistem ini bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan pengemudi mengoperasikan kendaraan dengan tetap aman, sembari meminimalkan risiko yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Teknologi i-ACTIVSENSE yang dimiliki oleh All-New Mazda CX-9 antara lain terdiri dari Adaptive LED Headlights (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Lane-Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support [Forward/Reverse] (SCBS F/R), Driver Attention Alert (DAA), Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS), Antilock Brake System (ABS).

“Kami menyadari bahwa masyarakat Indonesia semakin cerdas dan selalu tertarik pada produk baru dan inovatif, seiring dengan meningkatnya aspirasi gaya hidup mereka. Mazda juga terus meningkatkan nilai merek bagi pelanggannya secara konstan, dengan cara memperluas jajaran produknya agar sesuai dan mendukung kebutuhan gaya hidup mereka. Model yang baru dan atraktif tak hanya lebih inovatif namun juga lebih efisien bahan bakar. Di pasar otomotif yang kompetitif, tidak lagi cukup hanya fokus pada fungsionalitas dan spesifikasi yang disempurnakan. Mazda berusaha untuk sepenuhnya melibatkan indera dan meningkatkan pengalaman pengguna di setiap bagian kendaraan SUV crossover yang diilhami dengan daya tarik premium dan perbedaan dengan kompetitor di segmen SUV,” ungkap Executive Chairman Eurokars Group, Karsono Kwee.

Foto-foto: Esa Wijayantoro – BESTCAR.ID

 

Inilah Fitur-Fitur Utama Teknologi Keselamatan i-ACTIVSENSE

  • Adaptive LED Headlights (ALH):

ALH memberikan dukungan bagi pengemudi untuk mengetahui potensi bahaya di depannya saat berkendara malam hari. Sistem ini bekerja dengan meningkatkan visibilitas saat malam hari dan membantu pengemudi menghindari situasi yang berbahaya dengan mengombinasikan Lampu Besar Anti-Silau (yang dapat diatur jarak penerangannya) dengan Lampu Dekat Rentang-Lebar.

  • Blind Spot Monitoring (BSM):

Peranti ini menggunakan sensor radar yang terpasang di bagian belakang untuk mendeteksi kendaraan yang berada di area tidak terlihat (blind spot) di bagian belakang dan samping mobil, atau kendaraan yang mendekat dengan cepat, dan memperingatkan pengemudi melalui lampu peringatan di kedua kaca spion dan peringatan suara.

  • Rear Cross-Traffic Alert (RCTA):

RCTA menggunakan sensor yang sama dengan BSM untuk member peringatan pada pengemudi saat mendeteksi ada kendaraan mendekat dari kedua sisi saat mobil berjalan mundur. Peringatan akan hadir melalu indikator yang menyala di kaca spion samping atau melalui suara.

  • Lane-Departure Warning System (LDWS):

Fitur ini akan membaca garis marka jalan. Saat system membaca adanya perubahan gerak mobil yang meninggalkan lajurnya, maka fitur ini akan member peringatan suara yang serupa dengan suara mobil saat berjalan melalui pita penggaduh (rumble strip) agar pengemudi dapat segera mengoreksi kemudinya. Sistem ini juga membaca input pengemudi seperti penggunaan lampu sein untuk menghindari peringatan palsu.

  • Lane-keep Assist System (LAS):

Kamera pemindai di bagian depan akan mendeteksi marka jalan dan menjaga lingkar kemudi untuk tetap berada di lajurnya. Sistem ini juga akan memperingakan pengemudi saat membaca perubahan lajur yang tidak diduga, dengan menggetarkan lingkar kemudi atau melalui peringatan suara. Saat system ini mendeteksi perubahan lajur yang menggunakan lampu sein, system tidak akan aktif dan tidak akan ada peringatan yang diberikan. Sistem ini bekerja pada kecepatan di atas 60km/jam.

  • Smart City Brake Support [Forward/Reverse] (SCBS F/R):

SCBS F/R mendeteksi kendaraan baik di depan maupun belakang mobil, dan secara otomatis akan mengaplikasikan rem untuk menghindari atau setidaknya mengurangi tabrakan di kecepatan rendah. Beroperasi di kecepatan hingga 30km/jam, sensor kamera depan dapat mengenali kendaraan di depan dalam rentang yang luas. Saat mundur, system beroperasi pada kecepatan di antara 2 hingga 8km/jam dan mendeteksi rintangan melalui sensor ultrasonic.

  • Driver Attention Alert (DAA):

DAA menggunakan informasi seperti sudut putaran kemudi, kecepatan mobil dan output dari kamera sensor di depan untuk mendeteksi kondisi pengemudi dan membantu untuk mencegah kecelakaan yang mungkin disebabkan oleh kelelahan atau turunnya kewaspadaan.

  • Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS):

Sistem ini menggunakan sudut putaran kemudi, sensor roda dan sensor guling (yaw) untuk mengoptimalkan hantaran tenaga ke permukaan jalan, sehingga dapat memitigasi risiko terguling.

  • Antilock Brake System (ABS):

Rem Antilock mengatur kerja rem untuk memastikan proses pengereman mobil tetap terkendali dan konsisten.

Teks: Yusran Hakim

Foto: Esa Wijayantoro

 

Spesifikasi Teknis All-New Mazda CX-9 2018

 

Model CX-9
Tipe Bodi 7 seater SUV
Mesin SKYACTIV-G 2.5L 4-silinder DOHC 16 valve, Turbocharged
Kapasitas mesin (cc) 2.488
Transmisi Otomatis 6-speed (SKYACTIV Drive)
Penggerak-roda 2WD – Front Drive (gerak Roda-Depan)
Tenaga maksimal (HP/rpm) 228 / 5.000
Torsi maksimal (Nm/rpm) 420 / 2.000
Konsumsi Bahan Bakar (kombinasi)

L/100 km

9,3
Emisi CO2 (kombinasi) g/km 213
Dimensi (Panjang/Lebar/Tinggi) mm 5.075 / 1.969 / 1.747
Wheelbase (mm) 2.930
Top Speed (km/jam) 210
0-100 km/jam (detik) 8,2

 

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *