Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
MazdaEurokars-1

Mazda Indonesia Kini Resmi Dikelola Eurokars

PT Eurokars Motor Indonesia kini bertanggung jawab atas seluruh penjualan dan layanan purna jual, termasuk atas semua kendaraan Mazda yang dijual sebelumnya. Selain itu, juga bertindak sebagai importir resmi mobil Mazda serta mengawasi seluruh flagship Mazda yang ada di Indonesia.

MazdaEurokars-5

BestCar Indonesia – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) yang merupakan bagian dari Eurokars Group resmi menjadi distributor kendaraan merek Mazda di Indonesia. Peresemian dilakukan di Grand Balroom Hotel Kempinski di Jakarta, Selasa 14 Maret 2017.

Seperti diketahui bersama, sejak bulan September tahun lalu (2016) PT. Mazda Motor Indonesia (MMI) menyatakan keputusannya untuk berhenti ambil bagian dari industri otomotif Indonesia dan memilih untuk menyerahkan segala macam kegiatan operasionalnya pada PT. Eurokars Motor Indonesia.

Dengan penunjukan resmi ini, PT Eurokars Motor Indonesia bertanggung jawab atas seluruh penjualan dan layanan purna jual, termasuk atas semua kendaraan Mazda yang dijual sebelumnya. Tak hanya itu, PT Eurokars Motor Indonesia juga bertindak sebagai importir resmi mobil Mazda di Indonesia serta mengawasi seluruh flagship Mazda yang ada di Indonesia.

MazdaEurokars-2

Executive Chariman of Eurokars Group, Karsono Kwee mengatakan bahwa pihaknya merasa sangat bangga dan terhormat dengan kepercayaan dan penunjukan langsung sebagai distributor utama produk Mazda di Indonesia. “Penunjukan ini merupakan tonggak bersejarah yang mencerminkan kemitraan yang kuat antara Mazda Motor Corporation dengan Eurokars Group dalam menjalankan bisnis ini,” ujarnya pada acara peluncuran resmi distribusi mobil Mazda di bawah PT. EMI, Selasa (14/03).

Ia meyakini, dengan berada di bawah Eurokars Group merek mobil Mazda ini bisa meraih sukses dan makin diminati di Indonesia seperti yang diraih Eurokars pada Mazda di Singapura. “Kesuksesan rekor penjualan yang diraih oleh Eurokars Group sejak pengambilalihan distribusi Mobil Mazda di Singapura pada 2011 merupakan kesuksesan yang menjadi komitmen kami dan harus kami kejar dan capai di Indonesia,” tambah Karsono Kwee.

Meski kini di bawah bendera baru, namun jaringan distribusi Mazda yang sudah ada sebelumnya masih tetap dipertahankan. Secara keseluruhan, 43 diler Mazda di Indonesia tetap akan melayani konsumennya baik untuk pembelian maupun perawatan.

“Semua diler Mazda yang sudah ada sebelumnya telah menyatakan dukungan dan kesiapannya untuk bekerjasama dengan PT Eurokars Motor Indonesia sejak serah terima secara resmi pada 1 Februari 2017 lalu,” ungkap Karsono Kwee.

MazdaEurokars-3

Kehadiran Eurokars di Mazda sebenarnya bukan kali pertama di Asia Pasifik, karena sebelumnya Eurokars juga menjadi distributor Mazda di Singapura sejak tahun 2011 lalu serta dealer Mazda di Australia. Selama ini Eurokars dikenal sebagai distributor besar di Asia dengan spesialisasi mobil premium. Sejumlah merek yang berada di bawah naungannya di Indonesia antara lain Porsche, Rolls-Royce, Maserati, dan BMW (termasuk BMW M dan BMW Premium Selection). Eurokars juga bermain di sektor kaca film kendaraan dengan merek 3M.

Eurokars didirikan pada tahun 1985 oleh Karsono Kwee dan memiliki kantor pusat di Singapura. Eurokars Group kini telah tumbuh menjadi salah satu kelompok otomotif terkemuka di Asia. Sebagai distributor mobil swasta terbesar di Singapura – mengelola lima merek mobil premium seperti Porsche, Roll-Royce, MINI, Mazda, dan McLaren — unit bisnis Eurokars tersebar di Indonesia, China, dan Australia. Eurokars juga mengembangkan fasilitas purna jual di Tanjong Penjuru, Singapura dan dijadwalkan selesai pada 2018. Di kawasan regional, kelompok ini juga cukup ekspansif mengakuisisi saham dealer Roll-Royce di Nanning, Cina, dan memegang dealership Mazda di Perth, Australia

Tak heran pula jika Choichi Yuki yang menjabat Deputy General Manager ASEAN Business Office Mazda Motor Corporation mengatakan, pihaknya percaya PT Eurokars Motor Indonesia memiliki komitmen kuat untuk memasarkan merek Mazda di Indonesia dengan pengalamannya. “Mereka memiliki kepemimpin dan komitmen terhadap merek dan bisnis. Saya sangat percaya PT Eurokars Motor Indonesia akan meraih kesuksesan besar di masa depan,” katanya.

Perkenalkan 5 Model Baru

Selain mengambil alih pengelolaan Mazda di Indonesia, pada acara penunjukan resmi distributor kendaraan merek Mazda di Indonesia itu Eurokars juga memperkenalkan sekaligus lima model barunya yang dijual di Indonesia, meski belum mengonfirmasi harganya masing-masing.

MazdaEurokars-6

Tambahan 5 mobil baru Mazda untuk Indonesia tersebut mencakup Mazda 6 Estate (station wagon), Mazda 3, Mazda 5, Mazda CX-3, serta Roadster Mazda MX-5 versi softop. Model-model tersebut melengkapi model Mazda yang sudah ada sebelumnya, yaitu Mazda 2, Mazda 6 Sedan, Mazda CX-5 dan Mazda Biante. Dengan tambahan ini, secara keseluruhan Mazda akan hadir di pasar nasional dengan enam pilihan model.

“Hari ini kami akan meluncurkan 5 varian baru Mazda yaitu Mazda3, Mazda5, Mazda6 Estate, Mazda CX-3 dan Roadster MX-5 Soft Top,” tutur Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia, Roy Arman Arfandy di Jakarta, Selasa (14/03). “Kehadiran produk baru merupakan bukti dari komitemen kami untuk mengembangkan dan meningkatkan merek Mazda, serta menjadikan Mazda sebagai salah satu merek paling diminati Indonesia. Kami percaya sebagai salah satu merek premium dari Jepang, dengan model baru ini akan memberi kepuasan yang nyata,” tambahnya.

Dengan pilihan mobil yang lebih banyak, timpal Karsono Kwee, Mazda akan memberi apresiasi, serta menjawab kebutuhan lifestyle konsumennya. “Model baru ini juga menunjukkan kualitas prima dari Mazda dan merefleksikan desain sempurna. Semua produk Mazda selain menarik, juga menanamkan keunggulan dinamis dengan performa tinggi dan lugas,” ujarnya berpromosi.

MazdaEurokars-4

Soal Harga kelima model anyar Mazda tersebut memang belum dipastikan, mengingat unitnya saja baru tersedia satu hingga dua bulan ke depan. Namun dipastikan semua model baru Mazda akan meluncur resmi tahun ini di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang akan berlangsung pertengahan April nanti.

Kendati begitu, Ricky Thio, Sales, Marketing & Public Relation Director EMI memberi gambaran kisaran harga untuk lima model baru tersebut. ”Gambaran harganya masih kisaran ya, untuk Mazda3 kira-kira di atas Rp 400 juta, Mazda6 Estate hampir sama seperti model sedan, mendekati Rp 600 jutaan, lalu CX-3 sekitar Rp 400 jutaan, MX-5 Soft Top sedikit di atas Rp 700 jutaan, dan Mazda-5 hampir Rp 400 jutaan,” paparnya.

Teks: Yusran Hakim

Foto: Esa Wijayantoro

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *