Semakin Cerdas Memilih Mobil
MENU
Search
DATSUN GO-CROSSOVER

Konsep Datsun GO-Cross 2015

BestCar Indonesia – Nissan membuat keputusan bisnis yang pruden dengan meluncurkan kembali merek Datsun tahun lalu. Dasar pemikirannya cukup sederhana, mereka tidak memaksakan diri berkompetisi secara sengit dengan pemain lain untuk berebut pangsa pasar otomotif yang terbilang jenuh di Amerika Utara, Eropa, Jepang atau korea. Nissan justru memanfaatkan momentum polarisasi pasar, dan memilih bermain di pasar negara berkembang yang lebih menjanjikan. Datsun akhirnya diluncurkan kembali, kali ini sebagai penetrasi aktif untuk pasar India, Rusia, Indonesia, dan Afrika Selatan. Datsun memang belum sepenuhnya mendominasi kawasan pasar dimaksud, namun terhitung sejak peluncuran kembali merek tersebut, telah tercatat ada penambahan 420 dealer baru dalam jaringan penjualan mereka. Sebuah indikasi masih leganya ruang pertumbuhan di lanskap pasar tersebut.

Bisa dibilang, Datsun selangkah lebih maju dibanding pemain lain yang baru menyadari peluang pasar tersebut, di saat Datsun telah berekspansi lebih jauh memainkan elemen keragaman produk. Terbukti dengan konsep baru Datsun GO-Cross yang kelahirannya baru saja diresmikan di Tokyo Motor Show. Konsep dasarnya adalah crossover yang dikembangkan dari model eksisting GO+ hatchback. Mengapa crossover menjadi pilihan? Karena saat ini, baru Dacia Duster milik aliansi Renault-Nissan yang mengisi pasar tersebut. Jadi, gak bener aja jika Dacia Duster dibiarkan bermain tanpa pendamping di “segmen” ini – sebab kekosongan pasar dengan cepat akan mengundang masuknya pesaing lain – maka harus diterapkan strategi keragaman produk. Dan sekedar catatan, Duster yang diluncurkan sejak 2010 di Geneva Motor Show, telah lebih dulu melintas di pasar India, Iran, Kazakhstan, Russia, Mexico, Afrika Selatan, dan Amerika selatan. Sedangkan Duster 4×4, sejak awal April lalu telah dipasarkan di sini melalui PT Auto Euro Indonesia (AEI), selaku distributor Renault di Indonesia.

Logika Nissan rasanya tidak salah, jika merujuk pada dominasi Datsun GO+ yang menguasai tak kurang 41 persen dari total penjualan Nissan di pasar Indonesia, sepanjang September 2015 lalu. Jadi, bukan tak mungkin di suatu masa nanti Datsun GO-Cross – yang pernah kami bahas teasernya di sini – akan memberi dampak positif bagi pertumbuhan pasar Nissan di Indonesia yang kini tercatat sebesar 0,2 poin, dan merangkak 5,6 persen dibanding tahun sebelumnya. Sambil menanti tibanya saat itu, coba nikmati lagi konsepsi visual dari Datsun GO-Cross berikut ini.

Spesifikasi Mobil

Spesifikasi Keterangan
Tipe
Mesin
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Transmisi
Dimensi (P x L x t)
Wheelbase
Ground Clearance
Velg & Ban
Bobot
Kapasitas Tangki
0-100 km/jam
Konsumsi BBM
Kebisingan kabin idle/4000rpm
Harga



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *